Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-03 Jalan Tanpa Henti, Informatika Kelas 7

Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-03 Jalan Tanpa Henti, Informatika Kelas 7 –  Melanjutkan tugas sebelumnya, masih dengan aplikasi stratch. Pada aktivitas ini, kalian akan belajar tentang kode Control. Kalian dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari sprite.

Dengan kode ini, diharapkan kalian dapat mengatur kode program dengan lebih baik. Dengan kode Control yang tepat, akan membuat program kalian menjadi lebih nyaman untuk dijalankan. Kalian harus dapat membedakan perulangan terbatas dan tidak terbatas. Selain itu, pengecekan kondisi juga sama pentingnya. Bagaimana langkahnya.

Baca Juga: Download Buku Siswa Mapel Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka

Jawaban Aktivitas AP-K7-03 Jalan Tanpa Henti

Langkah 1

Dengan menambahkan kode control forever, sprite kucing dapat berjalan per 10 langkah terus- menerus sampai ujung dengan satu kali event (contoh ketika bendera hijau ditekan). Kode untuk perulangan tidak terbatas: forever.

Apa efeknya kalau kode control forever diganti dengan kode control repeat sebanyak 5x? Tuliskan perbedaannya ketika program dijalankan.

Jawaban: Control “repeat” hanya akan mengulang sejumlah nilai yang telah ditentukan, namun control “forever” akan terus menerus mengulang hal tersebut.

Langkah 2

Kalian dapat menambahkan kode looks next costume untuk mengubah tampilan dari sprite sesuai costumes yang ada.

Baca Juga :  Pembahasan Materi Media Sosial, Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Apakah ada sesuatu yang aneh?

Jawaban: Yang aneh adalah saat sudah sampai di ujung, sprite akan tetap berganti costumes terus menerus.

Baca Juga: Buatlah Peta Konsep Tentang Salam Bersama Kelompok Kecilmu! PAI Kelas 4 SD Halaman 136

Bagaimana membuat sprite kucing berhenti ketika mencapai ujung?

Jawaban: Untuk membuat sprite kucing berhenti ketika mencapai ujung dengan, tambahkan kondisi penentu (logikanya: jika belum mencapai ujung, sprite akan terus bergerak).

Notes:

  • Gunakan kontrol kondisional dengan kode control if-then.
  • Di sini, kalian juga menggunakan kode sensing untuk mengecek apakah objek sudah menabrak batas atau Menggunakan operator “not” juga karena logika kondisinya ialah: selama belum mencapai ujung, sprite akan terus bergerak sehingga secara otomatis ketika sprite mencapai ujung, sprite tidak akan melakukan aksi apa pun.

Bagaimana caranya agar sprite kucing akan kembali ke titik awal (X:-190 dan Y:0) setiap mencapai ujung, dan kalau belum ujung sprite akan terus bergerak?

clue: gunakan control if-then-else. Manfaatkan control “if-then-else” (kondisi logika: ketika mencapai ujung, sprite kembali ke titik awal, kalau belum mencapai ujung, akan terus bergerak).

Jawaban:  Cara agar sprite kucing akan kembali ke titik awal adalah (X:-190 dan Y:0).

Baca Juga: Materi Bagaimana Belajar Programming, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Apa yang akan terjadi apabila blok “forever” dihilangkan?

Jawaban: Yang akan terjadi jika blok “forever” hilang adalah sprite hanya akan bergerak satu kali setiap kali menekan bendera hijau.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-02 Objek Pertama Kalian, Informatika Kelas 7

Penutup

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-03 Jalan Tanpa Henti yang bisa gurune.net bagikan. Dengan kode Control yang tepat, akan membuat program kalian menjadi lebih nyaman untuk dijalankan. Kalian harus dapat membedakan perulangan terbatas dan tidak terbatas Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.