Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menelaah Kalimat Pelesapan pada Teks Prosedur

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menelaah Kalimat Pelesapan pada Teks Prosedur – Halo sobat gurune, penggunaan kalimat yang jelas dan padat merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Terutama dalam teks prosedur, ketepatan dan kejelasan kalimat sangat krusial agar pembaca dapat memahami instruksi dengan tepat. Namun, terkadang dalam penulisan teks prosedur, sering kali ditemui fenomena yang dikenal sebagai kalimat pelesapan.

Nah, kali ini kita akan belajar menelaah kalimat pelesapan pada teks prosedur melalui pembahasan soal. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menelaah Kalimat Pelesapan pada Teks Prosedur Halaman 82

Mengenali Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur

Kegiatan 6:  Menelaah Kalimat Pelesapan pada Teks Prosedur

Kupas Teori

Pada teks prosedur, langkah-langkah panduan dapat dihubungkan dengan kata penghubung seperti kemudian, berikutnya, dan setelah ini. Terkadang penulis menggunakan kata-kata tersebut terlalu sering sehingga diperlukan pelesapan.

Pelesapan adalah penghilangan bagian tertentu yang sama dan sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Umumnya, pelesapan ini terjadi pada kalimat majemuk rapatan, yaitu gabungan beberapa kalimat tunggal yang memiliki subjek atau predikat atau objek yang sama. Perhatikan beberapa contoh pelesapan dalam prosedur memb uat puding di bawah ini.

(1) Masukkan sebungkus agar-agar, jeli, dan susu cair sebanyak 500 ml, kemudian aduk (agar-agar, jeli, dan susu) sampai larut dalam air.

(2) Masak (campuran agar-agar, jeli, dan susu) di atas api.

(3) Tambahkan gula, kemudian aduk terus (campuran yang sedang dimasak ini) selama 30 menit.

(4) Setelah mendidih, matikan api, kemudian aduk lagi selama 1 menit. Pudingmu sudah jadi!

Baca Juga :  Belajar Membuat Karya Tiga Dimensi

(5) Tuang puding dalam cetakan. Berikutnya, setelah (puding) agak dingin, simpan dalam lemari es.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Tujuan Teks Prosedur

Perhatikan bagian bercetak tebal yang tidak disebutkan atau dilesapkan dalam teks prosedur di atas. Agar lebih memahami tentang pelesapan, mari kita berlatih melalui Tabel Pelesapan. Perbaikilah kalimat yang belum dilesapkan dari kolom kiri ke kolom kanan!

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menelaah Kalimat Pelesapan pada Teks Prosedur

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menyimpulkan Isi Teks Prosedur

Jawaban :

Kurang tepat Perbaikan dengan Pelesapan
1. Setelah dicuci bersih, olesi jagung dengan mentega dan kecap manis pedas. Setelah jagung dibumbui, bakar jagung di atas api. Cuci jagung, olesi mentega dan kecap pedas, bakar di atas api.
2. Campurkan lem cair dengan pewarna makanan dalam piring sampai merata. Setelah campuran merata, tambahkan sedikit demi sedikit sabun cuci piring sehingga campuran membentuk gel dan tidak lengket di piring. Campur lem cair, pewarna makanan, dan sabun cuci piring di piring hingga membentuk gel yang tidak lengket.
3. Pilih menu “shut down”, lalu pilih “OK”. Tunggu sampai komputer mati. Berikutnya, setelah komputer mati, matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power sesaat setelah komputer mati. Kemudian, kalian harus mencabut kabel listrik agar arus terputus. Pilih “shut down” di menu, matikan stabilizer saat komputer mati, dan cabut kabel listrik.
4. Potong botol bekas menjadi dua bagian menggunakan pisau, ambil potongan botol bekas bagian bawah. Kemudian, lubangi bagian bawah botol tersebut. Setelah itu, hias botol bekas sesuai selera menggunakan manik-manik dan lem. Pot bunga dari botol bekas siap digunakan! Potong botol bekas menjadi dua bagian, ambil bagian bawahnya, lubangi, hias sesuai selera dengan manik-manik dan lem. Pot bunga dari botol bekas siap!
5. Ambil nomor antrean di loket. Setelah mendapat nomor antrean, duduk di area ruang tunggu dokter yang ingin ditemui. Ambil nomor antrean di loket, lalu duduk di ruang tunggu dokter yang ingin ditemui.
Baca Juga :  Pembelajaran Kelas V SD/MI - Tema 1, Sub Tema 1, Pembelajaran 1 ( K-13 Revisi Terbaru )

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengidentifikasi Kata-Kata Fokus

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.