Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 1.8 tentang Organ Jantung

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 1.8 tentang Organ Jantung – Halo sobat gurune, jantung adalah organ yang memegang peran sentral dalam sistem peredaran darah manusia.Sistem peredaran darah merupakan salah satu sistem yang vital dalam tubuh manusia. Jantung berperan sebagai pompa utama yang bertanggung jawab atas sirkulasi darah, mengalirkannya melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Fungsi ini menjadikan jantung sebagai organ tak ternilai dalam menjaga keseimbangan nutrisi, oksigen, dan membuang produk limbah dari sel-sel tubuh.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang organ jantung. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 1.8 tentang Organ Jantung Halaman 16

Aktivitas 1.8

Baca dan pelajari intisari penelitian yang dilakukan peneliti berikut!

Intisari

Jantung sebagai bagian dari sistem peredaran darah berperan penting dalam menjaga homeostasis. Peran tersebut didukung oleh sel-sel otot jantung penyusunnya. Fokus penelitian ini adalah mempelajari peran spesifik salah satu organel sel otot jantung yaitu

mirokondria. Mitokondria merupakan organel penghasil energi dalam bentuk Adenosin Trifosfat (ATP). Energi tersebut dihasilkan melalui proses respirasi aerobik (memerlukan oksigen), lebih tepatnya pada tahap fosforilasi oksidatif atau transpor membran.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Latihan Soal Terpadu (Soal B)

Gangguan yang terjadi pada mitokondria dapat mengganggu tahap tersebut sehingga menghasilkan reactive oxygen species (ROS) yang berlebihan, berkurangnya produksi energi, dan terjadinya penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, biogenesis mitokondria yang kualitasnya terkontrol sangat penting untuk kesehatan jantung.

Mitokondria menghasilkan lebih dari 90% ATP yang dibutuhkan jaringan jantung. Meningkatnya jumlah mitokondria yang memiliki fungsi abnormal teridentifikasi pada berbagai penderita penyakit jantung.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 6 Sub Tema 3 Pembelajaran 4

Referensi

Tahrir, F.G., Langford, D., Amini, S., Ahooyi, T.M., and Kamel, K. (2019). Mitochondrial Quality Control in Cardiac Cells: Mechanisms and Role in Cardiac Cell Injury and Disease. J.Cell Physiol. 234(6): 8122–8133. doi:10.1002/jcp.27597

Setelah Kalian membaca dan mempelajari intisari artikel penelitian tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Apakah mitokondria dalam sel-sel otot jantung sangat penting untuk mendukung fungsi organ jantung? Jelaskan!

2. Sebutkan informasi apakah yang memperkuat dugaan bahwa mitokondria yang terkandung dalam sel-sel jantung memiliki fungsi yang sangat penting!

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Latihan Soal Terpadu (Soal A)

Jawaban :

1. Ya, mitokondria dalam sel-sel otot jantung sangat penting karena merupakan sumber utama energi (ATP) yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi jantung. Mitokondria yang tidak berfungsi baik dapat mengganggu produksi energi dan menyebabkan reactive oxygen species (ROS) berlebihan, yang berkontribusi pada penyakit kardiovaskular. Kualitas dan fungsi yang optimal dari mitokondria sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Informasi yang memperkuat dugaan bahwa mitokondria yang terkandung dalam sel-sel jantung memiliki fungsi yang sangat penting adalah sebagai berikut:

  • Mitokondria adalah organel yang bertanggung jawab utama dalam menghasilkan energi dalam bentuk ATP melalui proses respirasi aerobik. Karena jantung adalah organ yang sangat aktif dan membutuhkan pasokan energi yang konstan, mitokondria menjadi sangat krusial dalam menyediakan ATP yang diperlukan untuk menjaga fungsi jantung.
  • Mitokondria menghasilkan lebih dari 90% ATP yang dibutuhkan oleh jaringan jantung. Jumlah ini menunjukkan bahwa sebagian besar energi yang diperlukan oleh jantung berasal dari mitokondria, dan oleh karena itu, peran mitokondria dalam mempertahankan fungsi normal jantung menjadi semakin penting.
  • Gangguan pada mitokondria dapat menyebabkan berkurangnya produksi energi dan menghasilkan reactive oxygen species (ROS) yang berlebihan. ROS yang tinggi dapat merusak sel dan jaringan, termasuk jantung, dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Ini menegaskan pentingnya peran mitokondria dalam menjaga kesehatan jantung dengan memastikan fungsi mitokondria yang baik dan terkontrol.
  • Meningkatnya jumlah mitokondria yang memiliki fungsi abnormal pada penderita penyakit jantung juga mendukung fakta bahwa mitokondria memainkan peran kunci dalam kesehatan jantung. Jika mitokondria mengalami gangguan atau memiliki fungsi yang buruk, dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung yang lebih serius.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris SMA Kelas XII Kurikulum Merdeka Halaman 194

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Bencana Hidrometeorologi

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.