Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Bencana Hidrometeorologi

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Bencana Hidrometeorologi – Halo sobat gurune, benncana alam merupakan momok yang selalu mengancam kehidupan manusia. Dari ribuan tahun lalu hingga masa kini, peristiwa alam ini telah menimbulkan berbagai kerugian besar, menghancurkan banyak hal yang berharga, dan mempengaruhi cara kita hidup. Salah satu jenis bencana alam yang memiliki dampak yang signifikan adalah bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi terjadi akibat interaksi kompleks antara atmosfer, hidrosfer, dan geosfer. Faktor utama yang menyebabkan bencana ini adalah kondisi cuaca ekstrem dan fenomena hidrologi yang luar biasa, seperti banjir, kekeringan, badai, angin topan, dan tanah longsor. Mereka dapat terjadi di berbagai wilayah di seluruh dunia dan seringkali tanpa pemberitahuan sebelumnya, meninggalkan dampak yang merusak bagi komunitas dan lingkungan.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang bencana hidrometeorologi. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Bencana Hidrometeorologi Halaman 201

Simaklah penjelasan berikut ini.

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 372bencana alam telah terjadi di Indonesia dalam kurun dua bulan terakhirpada tahun 2021.

Dilansir dari antaranews.com, per tanggal 8 Februari 2021, bencana tersebut meliputi 227 kejadian banjir, 66 kejadian puting beliung, 60 kejadian tanah longsor, 7 kejadian gempa bumi dengan magnitudo besar, 7 kejadian gelombang pasang atau abrasi, serta 4 kejadian kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Anomali Suhu Udara Indonesia

Dilansir dari Kompas.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sudah terjadi 646 gempa bumi terjadi dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat 21 gunung berapi di Indonesia berstatus waspada sepanjang Januari 2021. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, peristiwa yang benar-benar mencolok adalah banjir. Pada Gambar 8.15, terlihat bahwa peningkatan kejadian banjir meningkat secara signifikan di awal tahun 2021.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Halaman 65

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Bencana Hidrometeorologi

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa itu bencana hidrometeorologi? Berdasarkan cuplikan berita di atas, uraikanlah jumlah bencana yang termasuk ke dalam kategori bencana hidrometeorologi yang telah terjadi di awal tahun 2021.

2. Perhatikanlah Gambar 8.15, terdapat grafik kejadian banjir dari tahun 2008 hingga Januari 2021 di Indonesia. Menurut Kalian, adakah hubungan antara grafik pada Gambar 8.15 dengan grafik pada Gambar 8.14? Jelaskanlah jawaban Kalian didukung dengan teori dan data terkait yang Kalian dapatkan dari sumber terpercaya.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Persamaan Reaksi Kimia Setara Reaksi Fotosintesis

Jawaban :

1. Bencana hidrometeorologi adalah bencana alam yang dipicu oleh interaksi antara proses atmosfer dan gejala hidrologi, seperti hujan lebat, banjir, badai, puting beliung, dan tanah longsor. Bencana hidrometeorologi seringkali terjadi akibat perubahan cuaca yang ekstrem atau fenomena meteorologi lainnya yang mempengaruhi ketersediaan air dalam bentuk hujan, banjir, dan angin kencang.

Jumlah bencana hidrometeorologi yang telah terjadi di awal tahun 2021 di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Banjir: 227 kejadian
  • Puting beliung: 66 kejadian
  • Tanah longsor: 60 kejadian
  • Gelombang pasang atau abrasi: 7 kejadian
  • Kebakaran hutan dan lahan: 4 kejadian

2. Alternatif jawaban : Pada tahun 2016, terlihat bahwa terjadi peningkatan suhu dari suhu yang sangat tajam berbanding lurus dengan banyaknya peristiwa banjir yang sedikit, yaitu 72 kejadian banjir.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Baca Juga :  Jawaban dari bacaan Tupai dan Ikan Gabus

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Aktivitas Manusia yang Menyebabkan Perubahan Lingkungan

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.