Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Persamaan Reaksi Kimia Setara Reaksi Fotosintesis

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Persamaan Reaksi Kimia Setara Reaksi Fotosintes – Halo sobat gurune, fotosintesis merupakan proses biokimia yang terjadi di dalam kloroplas pada sel-sel tumbuhan. Proses ini menggunakan energi cahaya matahari, air, dan karbon dioksida (CO2) untuk menghasilkan glukosa (gula) dan oksigen (O2). Fotosintesis tidak hanya berkontribusi dalam produksi makanan bagi tumbuhan itu sendiri, tetapi juga sebagai pemasok utama oksigen bagi seluruh makhluk hidup di Bumi.

Persamaan reaksi kimia setara dalam fotosintesis sangat penting karena menunjukkan bagaimana energi dari matahari diubah menjadi bentuk yang dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, proses fotosintesis memainkan peran kunci dalam menjaga keseimbangan karbon di atmosfer, karena mengurangi jumlah karbon dioksida dan meningkatkan kadar oksigen.

Ketika tumbuhan melakukan fotosintesis, mereka menyerap CO2 dari udara dan melepaskan O2 kembali ke atmosfer. Ini membantu mengurangi efek rumah kaca dan dampak negatif pemanasan global. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang persamaan reaksi kimia setara dalam fotosintesis, kita dapat lebih menghargai betapa pentingnya tumbuhan dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan memastikan kelangsungan hidup semua makhluk di Bumi.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang persamaan reaksi kimia setara reaksi fotosintesis. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Aktivitas Manusia yang Menyebabkan Perubahan Lingkungan

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Persamaan Reaksi Kimia Setara Reaksi Fotosintesis Halaman 191

Selain itu pembalakan liar yang marak terjadi belakangan ini juga ikut andil dalam pengurangan populasi pohon di hutan. Pembalakan liar adalah kegiatan pemanenan pohon hutan, pengangkutan, serta penjualan kayu maupun hasil olahan kayu yang tidak sah dan tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Kegiatan ini sering tidak terkendali dan tanpa disadari populasi tanaman yang menyumbang gas O2 dan penyerap CO2 berkurang.

Baca Juga :  Bacaan Jadi Aktivis Peduli Lingkungan

Seperti yang telah Kalian pelajari, gas CO2 merupakan salah satu gas efek rumah kaca. Semakin tinggi gas efek rumah kaca maka semakin panas suhu bumi. Di sisi lain, bagi tumbuhan, gas CO2 ini digunakan dalam proses fotosintesis. Dengan demikian bagaimana hubungan adanya tumbuhan terhadap peningkatan suhu bumi

Ayo Berlatih

Tulislah persamaan reaksi kimia setara reaksi fotosintesis yang sudah pernah diulas pada Bab 3.

Jawaban :

6 CO2 (g) + 6 H2O (l) -> 1 C6H12O6 (s) + 6 O2 (g)

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Keanekaragaman Mahkluk Hidup

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.