Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 1.9 tentang Struktur Sel

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 1.9 tentang Struktur Sel – Halo sobat gurune, struktur sel dapat dibagi menjadi dua tipe utama: prokariotik dan eukariotik. Sel prokariotik, seperti bakteri, terdiri dari organisme yang relatif sederhana dan tidak memiliki membran inti atau organel yang berfungsi sebagai pembungkus inti sel. Sementara itu, sel eukariotik, yang mencakup sel-sel tumbuhan, hewan, dan manusia, memiliki membran inti yang melindungi materi genetiknya serta berbagai organel yang memainkan peran penting dalam fungsi dan metabolisme sel.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang struktrur sel. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 1.9 tentang Struktur Sel Halaman 18

Aktivitas 1.9

Coba pelajari struktur sel melalui di video Youtube, coba dengan kata pencarian struktur dan organel sel. Berdasarkan video yang kamu dapatkan coba telusuri:

Berdasarkan video tersebut, coba telusuri:

1. Benarkah semua sel memiliki membran plasma, sitoplasma, dan inti sel?

2. Apakah fungsi dari membran plasma, sitoplasma, dan inti sel?

3. Apakah struktur membran plasma, sitoplasma, dan inti sel sama di setiap sel organisme?

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 1.8 tentang Organ Jantung

Jawaban :

1. Ya, hampir semua sel memiliki membran plasma, sitoplasma, dan inti sel. Beberapa sel, seperti eritrosit (sel darah merah pada manusia), tidak memiliki inti sel saat mencapai kematangan penuh.

2. Fungsi dari komponen sel tersebut adalah sebagai berikut:

  • Membran plasma: Memisahkan isi sel dari lingkungan eksternal, mengatur lalu lintas zat-zat masuk dan keluar sel, serta berperan dalam komunikasi sel-sel dengan lingkungan sekitarnya.
  • Sitoplasma: Tempat berlangsungnya berbagai proses sel, termasuk reaksi kimia dan metabolisme seluler. Sebagian besar organel sel terletak di dalam sitoplasma.
  • Inti sel: Mengandung informasi genetik dalam bentuk DNA dan mengatur aktivitas sel melalui sintesis RNA. Inti sel mengontrol pertumbuhan, reproduksi, dan fungsi sel secara keseluruhan.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Halaman 80

3. Struktur membran plasma, sitoplasma, dan inti sel dapat bervariasi di setiap sel organisme. Meskipun mereka memiliki fungsi dasar yang serupa, perbedaan struktural dapat terjadi karena adaptasi sel untuk menjalankan tugas-tugas spesifik di berbagai jenis organisme. Sel-sel prokariotik (bakteri) memiliki struktur membran dan sitoplasma yang berbeda dari sel-sel eukariotik (sel hewan, tumbuhan, dan jamur). Selain itu, ada variasi struktural di dalam sel eukariotik, tergantung pada tipe sel dan fungsinya, seperti sel otot, sel saraf, sel epitel, dan sebagainya.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Latihan Soal Terpadu (Soal B)

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.