Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Pengayaan Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Pengayaan Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit – Halo sobat gurune, dalam kehidupan sehari-hari, tubuh manusia secara tak terlihat melawan invasi penyakit dan mikroorganisme berbahaya. Sistem pertahanan tubuh merupakan barisan pertama dan terakhir dalam perang tak terlihat melawan penyakit yang mengintai setiap sudut kehidupan kita. Tanpa disadari, tubuh manusia telah dilengkapi dengan mekanisme luar biasa yang secara efisien dan efektif melawan serangan virus, bakteri, parasit, dan agen patogen lainnya.

Nah, kali ini kita akan membahas soal pengayaan bab 5 sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Pengayaan Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit Halaman 165

Pengayaan

Pelajari dengan saksama informasi pada teks dan gambar di bawah ini!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Pengayaan Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit

Antibodi Monoklonal

Penggunaan antibodi monoklonal saat ini sudah digunakan secara luas di banyak negara untuk terapi penyakit maupun deteksi. Banyak aplikasi dari penggunaan antibodi monoklonal, di antaranya sebagai bahan penting dalam penelitian, diagnosis klinis dan pengobatan. Antibodi monoklonal sendiri merupakan antibodi yang spesifik mengenali satu antigen, yang diproduksi dengan menggabungkan sel B (sel imun) yang normal dengan sel myeloma (suatu sel kanker) dan selanjutnya dinamakan sel hibridoma. Sel hibridoma memiliki sifat kanker yang aktif membelah sehingga produksi antibodi lebih cepat dan banyak. Sebuah rumah sakit menawarkan terapi antibodi monoklonal untuk mengatasi infeksi Covid-19. Rumah sakit tersebut membuat selebaran tentang layanan mediknya tersebut, seperti gambar pada halaman berikut ini!

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 210-211 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Pengayaan Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

1. Apa perbedaan antibodi biasa dengan antibodi monoklonal?

2. Jelaskan bagaimana keterkaitan antara metode pembuatan antibody monoklonal dengan manfaat antibodi tersebut dalam Tindakan medis?

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Karakteristik Sel T dan Sel B

Jawaban :

1. Perbedaan antibodi biasa dengan antibodi monoclonal adalah antibodi monoklonal dibuat untuk mengenali hanya satu tipe antigen saja,abisa jadi komponen patogen atau molekul lainnya.

2. Keterkaitan antara metode pembuatan antibody monoklonal dengan manfaat antibodi tersebut dalam Tindakan medis yaitu dengan mengkultur sel hibridoma pada satu medium dengan satu tipe antigen, maka sel hibridoma akan membentuk antibodi yang spesifik yang lebih efektif dalam mengenali patogen yang spesifik pula.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.