Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Karakteristik Sel T dan Sel B

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Karakteristik Sel T dan Sel B – Halo sobat gurune, sistem kekebalan tubuh manusia merupakan benteng pertahanan yang kompleks dan efisien dalam melindungi tubuh dari serangan patogen dan bahan asing. Salah satu elemen kunci dari sistem kekebalan adalah limfosit T, juga dikenal sebagai sel T. Sel T memainkan peran penting dalam respon imun spesifik seluler, yang merupakan salah satu jenis respon kekebalan yang lebih kompleks dan efektif.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang Perbedaan Karakteristik Sel T dan Sel B. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Karakteristik Sel T dan Sel B Halaman 155

Limfosit T (Sel T) dan respon imun spesifik seluler

Tipe limfosit kedua adalah limfosit T. Dinamai sel T karena sel ini menjadi matang di timus. Berbeda dengan sel B yang menghasilkan antibodi sebagai respon imun spesifiknya, sel limfosit T memiliki reseptor permukaan sel yang spesifik disebut reseptor sel T. Meskipun demikian, reseptor sel T memiliki sifat yang mirip dengan antibody dalam hal kemampuan mengenali antigen spesifik. Karena respon imun yang diberikan bertumpu pada reseptor permukaan sel, maka respon imun sel T disebut juga respon imun spesifik seluler.

Sel T aktif tidak hanya mengenali antigen, namun juga mengenali selsel tubuh yang terinfeksi. Seperti pada infeksi virus, dimana nukleotida dan protein virus berada di dalam sel inangnya, maka sel T juga akan mengenali sel inang sebagai target yang harus dihancurkan. Pada kasus sel-sel tubuh yang berubah menjadi kanker, sel T akan mengenalinya dan mencegah pertumbuhannya lebih lanjut.

Baca Juga :  Bacaan Jadi Aktivis Peduli Lingkungan

Saat terjadi infeksi patogen, sel T yang memiliki reseptor yang mengenali antigen akan merespon dengan memperbanyak diri. Seperti halnya pada sel B, penambahan jumlah sel T akan melalui tahapan pembentukan dan perbanyakan klon sel. Selain bertambah banyak, sel T juga berdiferensiasi menjadi dua tipe sel, yaitu yaitu sel T pembantu (helper) dan sel T pembunuh (Sel T sitotoksik). Selain itu, masing-masing bentuk sel T dapat menjadi sel memori yang bertahan lama untuk diaktivasi kembali saat terjadi infeksi patogen yang sama pada kesempatan berikutnya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Tes Swab Antigen

Sel T pembantu dinamai demikian berdasarkan perannya dalam membantu mengaktifkan respon imun lainnya. Ketika sel T pembantu aktif, mereka akan melepaskan kelompok senyawa kimia yang disebut sitokin. Sitokin akan menstimulasi sel B untuk melakukan pembelahan, dan berkembang menjadi sel plasma serta mensekresi antibodi.

Beberapa sel T pembantu mensekresi sitokin yang menstimulasi makrofag untuk lebih aktif melakukan fagositosis. Sel T pembunuh mencari sel tubuh yang diserang patogen dan menampilkan antigen asing dari patogen pada membran permukaan selnya. Sel T pembunuh akan mengenali antigen, menempelkan diri pada permukaan sel yang terinfeksi dan mensekresikan substansi beracun seperti hidrogen peroksida (H2O2), untuk membunuh sel tubuh dan patogen di dalamnya.

Aktivitas 5.10

Kalian telah mempelajari dua tipe limfosit yang sangat berperan penting dalam sistem pertahanan tubuh internal spesifik. Untuk memastikan Kalian dapat memahami dengan baik, tentukan karakteristik pada salah satu atau kedua tipe limfosit dengan melengkapi kolom di bawah ini! Berikan tanda centang (√) jika cirinya sesuai atau tanda silang (×) jika ciri tidak sesuai, pada salah satu atau kedua kolom yang tersedia!

Baca Juga :  Manfaat Bercerita Untuk Anak di Rumah

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Karakteristik Sel T dan Sel B

Baca Juga :  Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Fluktuasi Jumlah Antibodi

Jawaban :

Karakteristik Sel B Sel T
Membentuk sel sitotoksik X V
Membentuk sel memori V V
Melakukan fagitosis X X
Membentuk antibody V X
Menjadi sel penyaji antigen X X
Membentuk sel plasma V X

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Neutrofil dan Makrofag

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.