Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Fluktuasi Jumlah Antibodi

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Fluktuasi Jumlah Antibodi – Halo sobat gurune, antibodi adalah molekul krusial dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Mereka berperan dalam melawan infeksi dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun, perlu diakui bahwa jumlah antibodi dalam tubuh tidak selalu konstan. Mereka bisa mengalami fluktuasi yang bervariasi dari waktu ke waktu. Fluktuasi ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk paparan antigen, vaksinasi, usia, kondisi kesehatan, dan banyak lagi.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang fluktuasi jumlah antibodi. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Fluktuasi Jumlah Antibodi Halaman 151

Aktivitas 5.8

Fluktuasi Jumlah Antibodi

Grafik berikut menunjukkan perubahan jumlah konsentrasi antibodi dalam plasma darah seiring waktu sebagai respon terhadap dua periode infeksi.

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Fluktuasi Jumlah Antibodi

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Neutrofil dan Makrofag

Berdasarkan interpretasi Kalian terhadap informasi dalam grafik di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Mengapa jumlah antibodi lebih banyak diproduksi setelah paparan patogen yang ke dua?

2. Apa yang akan terjadi jika pada paparan ke dua, pathogen telah mengalami perubahan struktur tubuhnya? Apakah akan memicu respon humoral yang sama?

Diskusikanlah hasil temuan Kalian bersama teman sekelas dengan bimbingan guru. Pastikan Kalian telah memahami materi dalam aktivitas ini!

Jawaban :

1. Jumlah antibodi lebih banyak diproduksi setelah paparan patogen yang ke dua karena limfosit memori telah terbentuk sehingga dapat menstimulasi respon imun khususnya pembentukan antibody dengan lebih cepat dan banyak.

2. Jika perubahan struktur melibatkan perubahan antigen, maka tubuh akan meresponnya sebagai respon primer (dianggap antigen baru). Tapi jika masih dikenali sebagai antigen seperti pada respon primer sebelumnya, maka respon yang terjadi adalah respon sekunder.

Baca Juga :  Terjadinya Selat Bali

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pertahanan Internal Spesifik (Antigen-Antibodi)

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.