Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menganalisis Berita Audiovisual

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menganalisis Berita Audiovisual – Halo sobat gurune, dalam era digital yang semakin berkembang, berita audiovisual telah menjadi salah satu bentuk media yang sangat berpengaruh dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Melalui format ini, berita tidak hanya disampaikan dalam bentuk teks, tetapi juga disertai dengan elemen audio dan visual yang memberikan pengalaman yang lebih kuat kepada penonton. Namun, dengan kemajuan teknologi juga muncul tantangan baru dalam menganalisis berita audiovisual dengan cara yang obyektif dan kritis.

Nah, kali ini kita akan belajar menganalisis berita audiovisual. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menganalisis Berita Audiovisual Halaman 116

Kegiatan 4: Menganalisis Berita Audiovisual

Kalian telah membandingkan harian cetak dan media elektronik. Sekarang perhatikan transkrip dari berita yang tersaji di media elektronik televisi berikut.

Potensi timah yang terkandung Negeri Serumpun Sebalai menjadi anugerah sekaligus petaka. Bagaimana tidak? Fakta bahwa sebagian besar wilayah Bangka maupun Belitung rusak akibat pertambangan jelas terlihat di depan mata. Lahan kritis pascatambang, lubang-lubang kolong yang menjadi tontonan, dan terjarahnya alam indah nan hijau menjadi kawasan tambang legal maupun ilegal menjadi dampak yang tidak terelakkan.

Data Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan bahwa hasil pencitraan satelit pada tahun 2016 menunjukkan setidaknya 80 persen lahan di Bangka Belitung ini kritis dan perlu direhabilitasi. Dampak dari tergerusnya alam Bangka Belitung akibat praktik pertambangan kini menjadi ancaman. Banjir adalah contohnya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Membandingkan Berita Cetak dan Digital

– Efek suara –

Baca Juga :  Keragaman Rumah Adat di Indonesia

Pada bulan Februari 2016 silam, musibah banjir merendam ibu kota. Ratusan juta rupiah kerugian dialami oleh penduduk ibu kota. Aktivitas perekonomian di pusat kota pun terganggu. Lagi-lagi, kerusakan alam akibat pertambangan menjadi penyebabnya. Meski sudah satu tahun berlalu, banjir masih saja terjadi pada tahun 2017 ini. Jembatan putus yang mengganggu jalur transportasi lintas kabupaten dan provinsi terjadi di sebagian besar wilayah Bangka, khususnya Bangka bagian barat.

Fungsi sungai yang tidak berjalan baik akibat penambangan menjadi penyebabnya. Kini kekhawatiran masyarakat Kota Pangkal Pinang akibat datangnya banjir, khususnya di musim penghujan, terus terjadi.

Beberapa komunitas yang menyemarakkan peringatan hari bumi dengan berkemah ini menyepakati bahwa Bangka Belitung harus selamat dari kerusakan lingkungan. Selama ini pertambangan timah, illegal logging, pembakaran hutan, dan segala bentuk pengrusakan lainnya terus terjadi. Sehubungan dengan itu, kegiatan memperingati Hari Bumi sekaligus menyuarakan “Jaga Bangka Belitung dari Kerusakan” diawali dengan berkemah Kawasan Hutan Lindung Bukit Maras, tepatnya di bawah Bukit Mupos, Desa Bermura, Kabupaten Bangka.

Mereka tergabung dari berbagai komunitas Bangka Belitung dan luar Bangka Belitung. Tidak hanya komunitas, beberapa di antaranya adalah pelajar yang berdatangan dari tujuh kabupaten dan kota di Negeri Serumpun Sebalai. Peringatan Hari Bumi ini marak diisi dengan bertenda. Hal ini diyakini sebagai bentuk kedekatan alam dengan manusia. Anggota komunitas ini juga sadar bahwa alam menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Keberadaan alam menyediakan berbagai manfaat dan dapat menopang hidup manusia.

– Efek suara –

Bagi kita, manusia, menikmati alam yang asri dan terjaga dari kerusakan adalah anugerah terindah. Jika kita bersahabat dengan alam, maka alam akan bersahabat dengan kita. Ungkapan inilah yang menjadi keyakinan bagi seluruh anggota komunitas ini.

Baca Juga :  Proses Pembentukan NKRI

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mencari Kosakata Baru untuk Memahami Berita

Berdiskusi

Diskusikan dengan teman dan guru kalian!

1. Apakah maksud kalimat pembuka Potensi timah yang terkandung Negeri Serumpun Sebalai menjadi anugerah sekaligus petaka? Ceritakan dalam bahasamu sendiri!

2. Fakta apa saja yang disajikan pada paragraf pertama yang mendukung kalimat pembuka di atas?

3. Selain fakta berupa teks, fakta berupa gambar apa saja yang disajikan untuk mendukung kalimat tersebut?

4. Menilik transkrip berita di atas, fitur apa saja yang digunakan oleh media televisi untuk menyajikan informasi? Mengapa berita yang disajikan dalam media ini disebut berita audiovisual?

Jawaban :

1. Maksud kalimat pembuka Potensi timah yang terkandung Negeri Serumpun Sebalai menjadi anugerah sekaligus petaka adalah anugerah yang juga membawa petaka akibat dampak negatif pertambangan.

2. Fakta apa saja yang disajikan pada paragraf pertama yang mendukung kalimat pembuka di atas :

  • Sebagian besar wilayah Bangka maupun Belitung rusak akibat pertambangan.
  • Lahan kritis pascatambang, lubang-lubang kolong, dan terjarahnya alam indah menjadi dampak yang tidak terelakkan.

3. Fakta berupa gambar apa saja yang disajikan untuk mendukung kalimat tersebut adalah gambar bencana banjir.

4. Beberapa fitur yang digunakan oleh media televisi untuk menyajikan informasi adalah Gambar dan Visual, Suara dan Efek Suara.

Berita yang disajikan dalam media televisi disebut berita audiovisual karena berita tersebut tidak hanya disampaikan melalui teks atau tulisan, tetapi juga melalui elemen audio dan visual seperti gambar, suara, dan gerakan. Dengan kombinasi elemen-elemen ini, berita dapat disampaikan dengan lebih menarik, jelas, dan memberikan pengalaman yang lebih lengkap bagi penontonnya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 tentang Perbedaan Berita Cetak dan Daring

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-05 Meringkas Data dengan Pivot Tables

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.