Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pertahanan Internal Spesifik (Antigen-Antibodi)

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pertahanan Internal Spesifik (Antigen-Antibodi) – Halo sobat gurune, dalam tubuh manusia, terdapat sistem pertahanan yang luar biasa untuk melindungi kita dari serangan berbagai macam penyakit dan patogen. Salah satu mekanisme pertahanan utama yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit adalah sistem pertahanan internal spesifik, yang melibatkan interaksi antara antigen dan antibodi.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang pertahanan internal spesifik (antigen-antibodi). Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pertahanan Internal Spesifik (Antigen-Antibodi) Halaman 135

Pertahanan Internal Spesifik (Antigen-Antibodi)

Sistem pertahanan internal spesifik ditandai dengan pengenalan terhadap patogen spesifik oleh sejumlah tipe sel darah putih (leukosit). Tipe leukosit tertentu akan membedakan mana komponen yang “aman” untuk tubuh, serta mana komponen “asing” yang berpotensi membahayakan tubuh hingga perlu dihancurkan.

Leukosit akan mengenali partikel khas dari patogen yang disebut antigen. Antigen dapat berupa protein, glikoprotein, lipid, polisakarida, dan berbagai zat yang dihasilkan oleh patogen tersebut. Antigen ditemukan sebagai bagian struktur sel patogen maupun partikel yang terpisah dari selnya. Saat suatu antigen terdeteksi atau bahkan dikenali keberadaanya di dalam jaringan tubuh, maka tubuh akan menciptakan respon imun. Respon imun yang bersifat bawaan (innate) akan berlaku umum untuk semua tipe antigen, misal respon demam dan peradangan. Beragam jenis infeksi virus dapat memicu terjadinya demam dan peradangan. Sementara itu respon imun yang adaptif akan memberikan respon yang lebih spesifik dengan pembentukan antibody untuk setiap antigen yang dikenali.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Ciri dan Fungsi Struktur Kulit

Baca Juga :  Perubahan Akibat Perubahan Suhu - Teks bacaan Dan Pembahasan

Respon imun yang spesifik ditandai dengan pembentukan antibody oleh leukosit, khususnya dari tipe limfosit. Antibodi adalah molekul glikoprotein yang berfungsi menandai dan melawan antigen spesifik. Bagaimana bentuk perlawanan antibodi terhadap antigen? Untuk memahami lebih dalam tentang antibodi, ayo lakukanlah Aktivitas 5.3!

Aktivitas 5.3

Bagaimana Antibodi Bekerja?

Respon antibodi terhadap antigen sangat beragam. Respon-respon ini umumnya merupakan upaya molekuler dan seluler dalam mengurangi atau bahkan menghilangkan patogen atau efek infeksinya. Berikut terdapat empat gambar ilustrasi yang menunjukkan reaksi antibodi (berbentuk seperti huruf Y) saat mengenali antigen.

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pertahanan Internal Spesifik (Antigen-Antibodi)

Pasangkanlah deskripsi reaksi dengan gambar dengan melengkapi kolom berikut dengan benar!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pertahanan Internal Spesifik (Antigen-Antibodi)

Cek sejauh mana penguasaan Kalian terhadap materi aktivitas ini pada appendix buku atau lampiran buku. Jika masih terdapat jawaban yang salah, Kalian perlu mempelajari kembali mengenai respon antigen-antibodi pada bab ini!

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Penyakit Infeksi dan Penyakit Noninfeksi Serta Risikonya

Respon imun dalam pertahanan internal tubuh tidak hanya dipicu oleh pengenalan patogen. Pada kasus alergi atau imunitas yang terlalu sensitif, respon imun dapat dipicu oleh hadirnya molekul-molekul non patogen (contoh: zat kitin, debu, serbuk sari, dan lain-lain) ke dalam tubuh, atau bahkan perubahan kondisi tubuh yang umum (contoh: kedinginan). Dengan demikian antigen juga diartikan sebagai molekul apa pun yang dapat memicu respon imun, baik yang berasal dari patogen maupun non-patogen. Jika kehadiran suatu molekul memicu respon imun, maka molekul tersebut dianggap asing dan perlu direspon lebih lanjut oleh tubuh.

Jawaban :

Deskripsi Reaksi Antibodi Nomor Gambar
Antibodi bergabung dengan virus dan racun bakteri yang mencegahnya memasuki atau merusak sel B
Antibodi menempel pada flagela bakteri membuatnya kurang aktif dan lebih mudah ditelan oleh fagosit D
Antibodi melapisi bakteri, membuatnya lebih muda bagi fagosit untuk menelannya A
Antibodi dengan beberapa situs pengikatan antigen menyebabkan aglutinasi (penggumpalan) bakteri yang mengurangi kemungkinan penyebaran keseluruh tubuh C
Baca Juga :  Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Respirasi Aerob dan Anaerob

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 4 tentang Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.