Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur dan Fungsi pada Sistem Saraf

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur dan Fungsi pada Sistem Saraf – Halo sobat gurune, sistem saraf merupakan sistem yang sangat kompleks dan penting dalam tubuh makhluk hidup. Ini adalah sistem yang mengatur, mengintegrasikan, dan mengirimkan informasi dalam tubuh sehingga kita dapat berinteraksi dengan lingkungan di sekitar kita. Sistem saraf memainkan peran sentral dalam mengatur fungsi fisik dan perilaku, mulai dari pernapasan dan pencernaan hingga perasaan dan pemikiran.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang struktur dan fungsi pada sistem saraf. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur dan Fungsi pada Sistem Saraf Halaman 171

Struktur dan Fungsi pada Sistem Saraf

Sistem saraf manusia dan hewan memiliki organ dengan bentuk, sifat dan mekanisme yang saling mendukung untuk melakukan tugasnya. Untuk mempelajari lebih dalam, sekarang Kalian akan membahas bentuk dan fungsi organ-organ sistem saraf yang bekerja sama dalam fungsi fisologis tubuh manusia.

Sekarang akan dibahas beberapa organ yang terdapat dalam sistem saraf manusia satu per satu supaya Kalian mudah melihat bentuk dan fungsi secara nyata dan jelas. Tapi sebelumnya kalian dapat melihat contoh gangguan fungsi organ sistem saraf pada tubuh manusia. Gangguan saraf dan pergerakan yang adakalanya muncul pada orang-orang Indonesia dan dunia. Silahkan Kalian melakukan kegiatan di bawah ini.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Pengayaan Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit

Aktivitas 6.1

Sekarang Kalian akan belajar mengenai sistem saraf yang tentunya melibatkan proses pergerakan juga, Kalian pernah mendengar saraf kejepit? Apa itu saraf kejepit dan bagaimana untuk mengantisipasinya supaya Kalian tidak mengalami gangguan saraf kejepit? Silahkan Kalian mencari referensi dengan menonton Video di Youtube dengan kata pencarian “saraf kejepit / saraf terjepit”. Setelah Kalian mendapatkan referensi, tuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut:

Baca Juga :  Kata atau Istilah Khusus pada Artikel Dampak Perubahan Cuaca, Kelas 3 SD

1. Apa yang menyebabkan saraf kejepit?

2. Bagian apa yang terganggu dalam kondisi saraf kejepit tersebut?

Setelah Kalian melihat fakta di atas, sekarang Kalian akan mencoba mengamati langsung torso organ sistem saraf yang ada di Laboratorium Biologi sekolah Kalian. Silahkan Kalian mencoba dan pikirkan hal yang paling menarik dari proses pengamatan dan diskusikan dengan teman serta gurumu.

Jawab:

1. Saraf kejepit disebabkan oleh tekanan atau kompresi pada saraf oleh jaringan sekitarnya, seperti tulang, otot, atau cakram spinal yang bengkak. Hal ini bisa terjadi karena cedera, peradangan, atau kondisi degeneratif.

2. Pada kondisi saraf kejepit, yang terganggu adalah jalur transmisi sinyal saraf. Kompresi pada saraf dapat menyebabkan gejala seperti nyeri, kelemahan, kesemutan, atau mati rasa pada area tubuh yang terhubung dengan saraf yang terkena.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.