Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Reaksi Terang dan Gelap pada Fotosintesis

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Reaksi Terang dan Gelap pada Fotosintesis – Halo sobat gurune, fotosintesis merupakan proses vital yang dilakukan oleh tumbuhan dan sebagian besar mikroorganisme fotosintetik, yang memungkinkan mereka mengubah energi matahari menjadi energi kimia yang tersimpan dalam bentuk glukosa atau senyawa organik lainnya. Proses ini terdiri dari dua tahap utama: reaksi terang dan reaksi gelap. Kedua tahap ini bekerja bersama-sama untuk menghasilkan makanan dan oksigen yang diperlukan bagi kehidupan di Bumi.

Tahap pertama fotosintesis, yang dikenal sebagai reaksi terang, terjadi di membran tilakoid dalam kloroplas. Proses ini membutuhkan cahaya matahari sebagai sumber energi utama. Selama reaksi terang, klorofil dan pigmen-pigmen fotosintetik lainnya menyerap energi cahaya dan mentransfernya melalui serangkaian reaksi kimia kompleks.

Pada titik awal reaksi terang, molekul air dipecah melalui fotolisis, menghasilkan oksigen dan elektron. Elektron ini kemudian bergerak melalui rantai transport elektron, melepaskan energi dalam prosesnya. Energi ini digunakan untuk memompa proton melintasi membran tilakoid, menciptakan gradien konsentrasi proton di sepanjang membran.

Gradien proton ini menghasilkan energi potensial yang digunakan oleh enzim ATP sintase untuk menghasilkan molekul ATP, yaitu sumber energi kimia. Selama reaksi terang juga terjadi produksi molekul pemindah energi, seperti NADPH, yang diperlukan dalam tahap reaksi gelap.

Tahap kedua fotosintesis, yang disebut reaksi gelap atau siklus Calvin, terjadi di stroma kloroplas. Meskipun disebut “gelap”, proses ini tidak sepenuhnya bergantung pada cahaya langsung, tetapi mengandalkan ATP dan NADPH yang dihasilkan selama reaksi terang.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Fosforilasi Siklik

Selama reaksi gelap, karbon dioksida dari udara diambil oleh tumbuhan dan diubah menjadi senyawa organik melalui serangkaian reaksi kimia. Proses ini memerlukan energi yang diberikan oleh ATP dan NADPH. Hasil akhir dari reaksi gelap adalah pembentukan glukosa dan senyawa organik lainnya yang merupakan sumber makanan bagi tumbuhan.

Baca Juga :  Soal Dan Kunci Jawaban PTS Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020

Nah, kali ini akan dibahas soal tentang reaksi terang dan gelap pada fotosintesis. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XII Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Reaksi Terang dan Gelap pada Fotosintesis Halaman 40

AKTIVITAS 1.17. Mengukur Pemahaman mengenai Reaksi Terang dan Gelap pada Fotosintesis

1. Tentukan macam-macam variabel pembeda antara reaksi terang dan gelap.

2. Tulis perbedaan antara reaksi terang dan gelap berdasarkan variabel pembedanya masing-masing pada tabel berikut.

No Variabel Pembeda Reaksi Teranng Reaksi Gelap
       
       
       
       
       

3. Presentasikan tabel kalian di depan kelas!

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Respirasi Aerob dan Anaerob

Jawaban :

No Variabel Pembeda Reaksi Terang Reaksi Gelap
1 Bahan 6H2O 6CO2
2 Tempat Grana Stroma
3 Energi Foton ATP
4 Tahapan Aktivasi klorofil

Fotofosforilasi nonsiklik

Fotofosforilasi siklik

Fotolisis

Fiksasi

Redusi

Sintesis

Regenerasi

5 Hasil 2ATP, 2NADPH, O2 Glukosa

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII tentang Tahapan Respirasi Aerob

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.