Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Soal Refleksi tentang Pengukuran dalam Kegiatan Kerja Ilmiah

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Soal Refleksi tentang Pengukuran dalam Kegiatan Kerja Ilmiah – Halo sobat gurune, pengukuran adalah proses mengamati dan mendapatkan data kuantitatif tentang suatu fenomena atau objek. Dalam kegiatan kerja ilmiah, pengukuran memberikan dasar yang kuat untuk membuat pernyataan objektif dan memvalidasi hipotesis. Dengan melakukan pengukuran yang akurat dan terpercaya, para ilmuwan dapat menghasilkan data yang dapat diandalkan untuk analisis dan penelitian lebih lanjut. Pengukuran juga memungkinkan ilmuwan untuk mengembangkan model matematis dan teori yang menjelaskan fenomena alamiah.

Nah, kali ini kita akan belajar soal refleksi tentang pengukuran dalam kegiatan kerja ilmiah. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Soal Refleksi tentang Pengukuran dalam Kegiatan Kerja Ilmiah Halaman 24

Ayo Refleksi

Setelah Kalian mempelajari bab pengukuran. Peranan, manfaat, atau pembelajaran apa yang dapat diambil? Tuliskan pada buku latihan Kalian.

Ayo Cek Pemahaman Jawablah pertanyaan berikut ini.

Bacaan untuk pengerjaan soal nomor 1 sampai dengan 5.

Bacalah cuplikan berita berikut ini.

TEMPO.CO, Bangkalan. Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur menggelar tera ulang timbangan di kantor Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jawa

Timur, Selasa, 3 November 2015. Puluhan pedagang di Pasar Kamal dan pemilik toko kelontong datang membawa timbangan mereka untuk diservis.

“Mayoritas timbangan yang dibawa tidak sesuai dengan standar nasional,” kata Dary, petugas tera dari Unit Pelaksana Tugas Bidang Kemetrologian Pamekasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur.

Menurut dia, ada banyak hal yang menyebabkan timbangan pedagang tidak sesuai dengan standar nasional, di antaranya cara pemakaian yang tidak tepat dan lain-lain. Tentu ada juga yang sengaja diakali.

Baca Juga :  Download RPP Kelas 2 K-13 Revisi 2018 Lengkap

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Menentukan Massa Jenis Material Baut  

“Tapi mayoritas yang dibawa ke sini karena faktor alam, yaitu karatan, sehingga keseimbangan berubah melewati batas toleransi selisih sebesar 20 gram untuk timbangan 5 kilogram,” ujarnya.

Sementara itu, Komarudin, salah satu petugas tera, menyebut ciri-ciri timbangan yang diakali pedagang. Menurut dia, bila pedagang buah atau pedagang sembako selalu meletakkan batu kiloan di atas timbangan, patut dicurigai timbangan tersebut telah diakali.

Sementara itu, Sukron, pedagang di Pasar Kamal, meminta tera ulang tidak dilakukan sekali dalam satu tahun. Sebab, kerusakan timbangan selalu membuat dia tekor. “Kalau bisa, ada petugas tera di tiap kecamatan. Jadi, kapan pun rusak, timbangan bisa langsung diperbaiki,” ucapnya. Soal biaya tera, Sukron mengatakan tidak mahal. Untuk timbangan 5 kilogram hanya dikenai biaya Rp6.500 per unit.

1. Kesalahan pengukuran yang disebutkan pada paragraf ketiga, kalimat ketiga termasuk dalam kesalahan pengukuran akibat … .

  • Kesalahan acak
  • Kesalahan sistematik
  • Kesalahan paralaks
  • Keterbatasan keterampilan pengamat

Alasan: _____________________________________________________

2. Kesalahan pengukuran yang disebutkan pada paragraf ketiga, kalimat pertama termasuk dalam kesalahan pengukuran akibat….

  • Kesalahan acak
  • Kesalahan sistematik
  • Kesalahan paralaks
  • Keterbatasan keterampilan pengamat

Alasan: _____________________________________________________

3. Pada paragraf ketiga, kalimat ketiga disebutkan bahwa kesalahan akibat faktor karatan menyebabkan keseimbangan berubah melewati batas toleransi selisih sebesar 20 gram untuk timbangan 5 kilogram, artinya persentase ketidakpastian relatifnya adalah….

  • 0,25%
  • 0,40%
  • 2,50%
  • 4,00%

Cara pengerjaan: _____________________________________________

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Nilai Ketidakpastian pada Pengukuran Berulang

4. Seseorang membeli telur sebanyak 5 kg dengan harga per kilogramnya adalah Rp24.000,00. Telur tersebut ditimbang dengan menggunakan timbangan yang berkarat seperti yang dijelaskan pada soal nomor 2.

Baca Juga :  Tanggap Wacana ( Pasrah Penganten Kakung )

Maka kerugian yang ditanggung pembeli akibat kesalahan pengukuran tersebut adalah….

  • Rp300
  • Rp480
  • Rp 3.000
  • Rp 4.800

Cara pengerjaan: _____________________________________________

5. Kalian adalah seorang pedagang sukses. Kalian telah memahami konsep pengukuran dalam fisika. Bagaimana Kalian harus bersikap terkait pengukuran? Jelaskan alasan Kalian.

Sikap: ______________________________________________________

Alasan: _____________________________________________________

Jawaban :

1. Kesalahan sistematik. Alasan : Karatan termasuk dalam kelelahan alat, merupakan kesalahan sistematik.

2. Kesalahan sistematik. Alasan: timbangan yang diakali dapat termasuk dalam kategori kesalahan kalibrasi karena ketidaksesuaian titik nol.

3. 4/1000 × 100% = 0,4 %

4. 0,4% × 5 kg × Rp24.000 = Rp480

5. Sikap terkait pengukuran adalah menerapkan prinsip fisika untuk pengukuran. Dengan menerapkan prinsip fisika pada pengukuran untuk berdagang saya menjadi pedagang yang jujur dan amanah.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Aturan Angka Penting dan Notasi Ilmiah

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.