Kunci Jawaban Menganalisis Struktur Teks Tanggapan

Kunci Jawaban Menganalisis Struktur Teks Tanggapan – Halo sobat gurune, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban menganalisis struktur teks tanggapan. Pembahasan soal ini ada pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat akan membaca kembali teks tanggapan yang dibuat untuk buku Itam dan U. Setelah itu lakukanlah analisis struktur teks tanggapan tersebut.

Untuk pembahasan soal selengkapnya, simak ulasan berikut ini !

Kunci Jawaban Menganalisis Struktur Teks Tanggapan Halaman 169

Menganalisis Struktur Teks Tanggapan

Kupas Teori

Apabila kalian perhatikan, sebuah teks tanggapan buku memiliki struktur sebagai berikut:

1. konteks; yaitu bagian ini berisi tentang pengenalan buku yang akan ditanggapi,

2. deskripsi; berisi penjelasan lebih detail tentang isi buku, dari mulai ide cerita, alur, sampai tokoh-tokohnya,

3. penilaian; bagian ini berisi penilaian pribadi pembaca terhadap buku, termasuk di dalamnya kekurangan, kelebihan, dan saran untuk buku.

Baca Juga : Kunci Jawaban Mencermati Ragam Teks Tanggapan

Tantangan

Baca kembali teks tanggapan yang ditulis Rara untuk buku Itam dan U di atas. Dapatkah kalian menemukan bagian konteks, deskripsi, dan penilaian dalam teks tersebut?

Tabel 5.7 Analisis Struktur Teks Tanggapan

Struktur Paragraf Contoh Kalimat
Konteks 1 Itam dan U merupakan cerita fiksi yang mengangkat kisah seorang anak bernama Itam saat tsunami terjadi di Aceh. Buku bergambar ini dilengkapi ilustrasi yang mengaduk-aduk emosi.
     
     
     

Baca Juga : Kunci Jawaban Menyajikan Tanggapan secara Lisan dengan Efektif dan Santun

Jawaban :

Struktur Paragraf Contoh Kalimat
Konteks 1 Itam dan U merupakan cerita fiksi yang mengangkat kisah seorang anak bernama Itam saat tsunami terjadi di Aceh. Buku bergambar ini dilengkapi ilustrasi yang mengaduk-aduk emosi.
Deskripsi 1 Singkat kata, Itam terpisah dari teman bermainnya saat itu, yaitu Micel, saat gempa terjadi. Itam dihantam oleh gelombang air laut yang tinggi, lalu diombang-ambingkan hingga akhirnya ia tersangkut di sebatang pohon kelapa. Ia menunggu di sana hingga diselamatkan oleh tim penyelamat. Sayang, Itam tak dapat berjumpa dengan Micel, juga orang tuanya. Itam terus mencari keluarganya dan merasa putus asa. Itam terus menunggu di pohon kelapa dan menghitung jumlah hari yang dilaluinya dengan menggambarnya di batang U, pohon kelapa itu.
Penilaian 2 Awalnya ia menangisi ayah dan ibunya yang tidak kembali, tetapi ia akhirnya mampu menerima keadaannya. Proses perubahan perasaan Itam digambarkan dengan baik sekali melalui ilustrasi yang berubah warnanya dari gelap ke cerah.
Penilaian 3 Di buku ini ada beberapa istilah dalam bahasa Aceh, seperti gampong, Cik, dan Smong. Saya bisa mengira-ngira artinya. Namun, akan lebih baik kalau di bagian akhir penulis memberi daftar glosarium.
Penilaiaian 3 Buku yang diterbitkan oleh Kemendikbud ini juga mengingatkan saya untuk lebih menyayangi keluarga saya. Menurut saya, buku ini cocok untuk dibaca siapa saja, terlebih mereka yang menyukai gambar dan ilustrasi.
Baca Juga :  Soal Penilaian Harian / Ulangan harian Kelas V, Tema 6 Subtema 1

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang kunci jawaban menganalisis struktur teks tanggapan.  Semoga dapat membantu sobat dalam belajar.  selamat belajar !

Baca Juga : Kunci Jawaban Mencermati Tanggapan terhadap Buku

Disclaimer :

1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.

2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.