Kunci Jawaban Mencermati Tanggapan terhadap Buku

Kunci Jawaban Mencermati Tanggapan terhadap Buku – Halo sobat gurune, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban mencermati tanggapan terhadap buku. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat baca ter lebih dahulu tentang Kunci jawaban mencermati tanggapan terhadap buku Itam dan U. Setelah itu tuliskan pendapatmu terhadap teks tanggapan yang ditulis oleh Rara.

Untuk pembahasan selengkapnya, simak ulasan berikut ini !

Kunci Jawaban Mencermati Tanggapan terhadap Buku Halaman 163

Kegiatan 7:

Mencermati Tanggapan terhadap Buku

Membaca

Nama: Rara

Kelas: 7B

Judul Buku: Itam dan U

Penulis: Yovita Siswati

Ilustrator: Evi Shelvia

Jumlah halaman: 48 halaman

Penerbit: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Tahun terbit: 2020

Baca Juga : Kunci Jawaban Menganalisis Sajian Visual dalam Buku Bergambar

Itam dan U merupakan cerita fiksi yang mengangkat kisah seorang anak bernama Itam saat tsunami terjadi di Aceh. Buku bergambar ini dilengkapi ilustrasi yang mengaduk-aduk emosi. Cerita ini dibuka dengan nyanyian Smong yang dinyanyikan Cik Lam, seorang tokoh bapak dalam cerita ini. Konon Smong, yang artinya gelombang besar, merupakan pertanda terjadinya tsunami. Singkat kata, Itam terpisah dari teman bermainnya saat itu, yaitu Micel, saat gempa terjadi. Itam dihantam oleh gelombang air laut yang tinggi, lalu diombang-ambingkan hingga akhirnya ia tersangkut di sebatang pohon kelapa. Ia menunggu di sana hingga diselamatkan oleh tim penyelamat. Sayang, Itam tak dapat berjumpa dengan Micel, juga orang tuanya. Itam terus mencari keluarganya dan merasa putus asa. Itam terus menunggu di pohon kelapa dan menghitung jumlah hari yang dilaluinya dengan menggambarnya di batang U, pohon kelapa itu.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris SMA Kelas XII Kurikulum Merdeka Halaman 117

Buku ini mengisahkan proses perubahan sikap seorang anak korban tsunami. Awalnya ia menangisi ayah dan ibunya yang tidak kembali, tetapi ia akhirnya mampu menerima keadaannya. Proses perubahan perasaan Itam digambarkan dengan baik sekali melalui ilustrasi yang berubah warnanya dari gelap ke cerah. Saya suka sekali buku ini. Meskipun cerita dalam buku ini sedih, penulis mengakhiri cerita dengan optimisme. Penulis seolah menyampaikan pesan bahwa setiap orang harus melupakan masa lalunya.

Buku ini mengingatkan saya kepada buku cerita lain tentang tsunami, ilustrasi buku ini lebih bagus. Di buku ini ada beberapa istilah dalam bahasa Aceh, seperti gampong, Cik, dan Smong. Saya bisa mengira-ngira artinya. Namun, akan lebih baik kalau di bagian akhir penulis memberi daftar glosarium. Buku yang diterbitkan oleh Kemendikbud ini juga mengingatkan saya untuk lebih menyayangi keluarga saya. Menurut saya, buku ini cocok untuk dibaca siapa saja, terlebih mereka yang menyukai gambar dan ilustrasi.

Tantangan

Kalian telah membaca teks tanggapan di atas. Bagaimana pendapat kalian? Apakah penulis tanggapan telah memberikan pendapatnya secara menyeluruh terhadap buku Itam dan U di atas? Penulis tanggapan dapat memberikan komentar terhadap isi, bahasa, dan tampilan fisik buku. Contoh kalimat yang menanggapi isi, bahasa, dan tampilan visual buku adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Kunci Jawaban Memahami Suasana Cerita dan Emosi Tokoh

Tabel 5.5. Contoh Kalimat Menanggapi Buku

Isi Bahasa Tampilan visual (gambar atau ilustrasi)
Membaca buku ini seakan dibawa menjelajahi daerah-daerah eksotis di Indonesia. Kalimat yang digunakan sederhana dan mudah dipahami.

 

Penulis menggunakan contoh ilustrasi sehingga penjelasannya mudah dipahami.
Tema yang diangkat sangat menarik, sayangnya penjelasannya kurang detail. Banyak istilah teknis yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

 

Warna yang dipilih lembut dan natural, membuat kegiatan membaca menjadi menenangkan.
Bagi yang menyukai bidang kuliner, buku ini layak dibaca dan dikoleksi.

 

 

Penulis mampu menyederhanakan istilah-istilah medis dengan bahasa yang mudah dipahami. Meski sampulnya terlalu ramai, isi buku ini layak baca, kok.

 

Sedikit kelemahan buku ini adalah banyaknya penggunaan bahasa daerah tanpa keterangan sehingga membingungkan pembaca yang tidak mengetahui bahasa daerah tersebut. Gaya penulisan populer sehingga buku ini habis dibaca sekali duduk.

 

Untuk kisah persahabatan, pemilihan abu-abu untuk sampul buku membawa kesan muram sehingga sejak awal kita sudah menebak ada “sesuatu” di dalam ceritanya.

Sekarang tuliskan pendapatmu terhadap teks tanggapan yang ditulis oleh Rara dari kelas 7B di atas.

Baca Juga : Kunci Jawaban Aktivitas PLB-K7-05 Synthesizer dengan Media Air

Jawaban :

No Pernyataan Contoh kalimat yang digunakan Rara Catatan saya
1 Apakah Rara telah menuliskan ringkasan isi buku? Itam dan U merupakan cerita fiksi yang mengangkat kisah seorang anak bernama Itam saat tsunami terjadi di Aceh. Ya, Rara menuliskan ringkasan dengan ringkas namun lengkap.
2 Apakah Rara telah menanggapi isi atau materi buku? Saya suka sekali buku ini. Meskipun cerita dalam buku ini sedih, penulis mengakhiri cerita dengan optimisme. Penulis seolah menyampaikan pesan bahwa setiap orang harus melupakan masa lalunya. Ya, dengan tanggapan yang dibuat Rara membuat saya ingin membaca lagi cerita Itam dan U.
3 Apakah Rara telah menanggapi bahasa yang digunakan oleh penulis buku? Di buku ini ada beberapa istilah dalam bahasa Aceh, seperti gampong, Cik, dan Smong. Saya bisa mengira-ngira artinya. Namun, akan lebih baik kalau di bagian akhir penulis memberi daftar glosarium. Ya, Rara memberi masukan agar buku menjadi lebih baik jika ditambahkan daftar glosarium.
4 Apakah Rara telah menanggapi tampilan visual dalam buku? Proses perubahan perasaan Itam digambarkan dengan baik sekali melalui ilustrasi yang berubah warnanya dari gelap ke cerah. Ya, tanggapan yang diberikan cukup detail, focus kewarna ilustrasi.

Baca Juga : Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang kunci jawaban mencermati tanggapan terhadap buku. Semoga dapat membantu sobat dalam belajar.  Selamat belajar !

Disclaimer :

1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.

2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga :  Materi Bahasa Indonesia Kelas Lima Unsur-unsur Puisi dan Jenis-jenis Puisi
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.