Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey – Hai sobat gurune, kali ini kita akan membahas mengemai Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Informatika kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka.

Komputer dapat membangkitkan nada yang menyerupai suara piano, gitar, drum, dan alat musik lainnya. Pada aktivitas kali ini, kalian diajak untuk mengembangkan Artefak Komputasional dengan Makey Makey ditambah berbagai peralatan sederhana yang ada di sekitar mereka untuk membuat tiruan alat musik.

Pengembangan artefak komputasional juga dilanjutkan dengan mengembangkan rencana pengujian, dan menguji alat musik sederhana tersebut apakah sesuai dengan spesiikasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengujian didokumentasikan dalam bentuk hasil uji.

Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

Nada musik adalah suara yang muncul secara stabil pada periode waktu tertentu, yang ditandai dengan adanya durasi, pitch, intensitas, dan timbre. Suara atau audio sendiri adalah getaran yang ditransmisikan sebagai gelombang akustik melalui media udara, air, maupun zat padat. Suara dengan frekuensi 20Hz – 20kHz dapat didengarkan oleh manusia.

Baca Juga: Kunci Jawaban Mengamati Gambar Untuk Memprediksi Cerita

Komputer sebagai perangkat elektronis mampu membangkitkan sinyal suara, yang juga dilakukan oleh synthesizer. Synthesizer adalah alat musik yang mampu membangkitkan audio dengan berbagai metode, seperti: substractive synthesis, additive synthesis, dan frequency modulation synthesis. Audio ini dapat dibentuk dan dimodulasi oleh komponen seperti ilter, envelope, dan osilator frekuensi rendah. Synthesizer biasanya dimainkan dengan keyboard atau dikontrol oleh sequencer.

Pada aktivitas ini, siswa diajak untuk mengembangkan artefak komputasional untuk membangkitkan suara/nada musik. Nada musik yang dibangkitkan dipicu dengan menekan tombol keyboard tertentu yang akan disambungkan dengan media di kehidupan sehari-hari. Media tersebut di antaranya ialah kertas berarsir grait dan media air berwarna dalam gelas.

Aktivitas PLB-K7-04: Piano Sederhana

Aktivitas ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran dengan model Project Based Learning. Proyek yang dilakukan adalah pengembangan artefak komputasional secara bersama dalam tim untuk menciptakan piano sederhana. Pengerjaan proyek ini akan dibimbing dengan tahapan yang akan dikerjakan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Soal Latihan tentang Replikasi Virus

Apa yang Kalian Perlukan?

  1. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
  2. Kabel dan Klip buaya
  3. Komputer PC atau Laptop yang terinstall sistem operasi dan peramban
  4. Pensil 2B dan kertas

Baca Juga: Download Rangkuman Materi US IPA Kelas 6 SD TP 2022/2023

Apa yang Kalian Persiapkan?

  1. Kalian perlu membentuk kelompok.
  2. Kalian harus mempersiapkan aktivitas berkelompok dengan membagi tugas dan peran antar-anggota kelompok. Tugas di antaranya ialah membuat template di kertas, merangkai rangkaian elektronis, membuat program dengan Scratch, menghubungkan rangkaian dengan Makey Makey dan program, dan menguji piano sederhana kalian.
  3. Perhatikan penjelasan dari guru dan lakukanlah aktivitas berkelompok dengan baik.

Deskripsi Proyek

Komputer dapat membangkitkan nada yang menyerupai suara piano, gitar, drum, dan alat musik lainnya. Pada aktivitas kali ini, kalian diajak untuk mengembangkan artefak komputasional dengan Makey Makey ditambah berbagai peralatan sederhana yang ada di sekitar mereka untuk membuat tiruan alat musik.

Pengembangan artefak komputasional juga dilanjutkan dengan mengembangkan rencana pengujian, dan menguji alat musik sederhana tersebut apakah sesuai dengan spesiikasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengujian didokumentasikan dalam bentuk hasil uji.

Nada musik adalah suara yang muncul secara stabil pada periode waktu tertentu, yang ditandai dengan adanya durasi, pitch, intensitas, dan timbre. Suara atau audio adalah getaran yang ditransmisikan sebagai gelombang akustik melalui media udara, air, maupun zat padat. Suara dengan frekuensi 20Hz – 20kHz dapat didengarkan oleh manusia.

Pada aktivitas ini, siswa diajak untuk mengembangkan artefak komputasional untuk membangkitkan suara/nada musik. Nada musik yang dibangkitkan dipicu dengan menekan tombol keyboard tertentu yang akan disambungkan dengan media di kehidupan sehari-hari.

Langkah-Langkah Pengembangan

Langkah-langkah pembuatan piano sederhana dengan Makey Makey seperti berikut.

  1. Membuat miniatur piano dengan kertas dan arsiran pensil
  2. Melakukan pemetaan nada dengan arsiran pensil dan tombol pada keyboard.
  3. Membuat kode dengan bahasa pemrograman Scratch, dan menguji pemetaan nada pada Scratch.
  4. Menghubungkan kode dengan papan sirkuit Makey Makey.
  5. Menguji pembangkit nada piano apakah telah sesuai dengan spesiikasi yang telah ditentukan.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 134, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Baca Juga: Download Rangkuman Materi US Matematika Kelas 6 SD TP 2022/2023

Pembuatan Miniatur Piano dengan Kertas dan Arsiran Pensil

Buatlah pola tuts piano pada kertas dengan arsiran pensil 2B. Isi pensil terbuat dari grait. Grait adalah mineral karbon berwarna hitam mengilap dan bersifat konduktor.

Pembuatan Miniatur Piano dengan Kertas dan Arsiran Pensil

Gambar 9.3 Pola Tuts Piano (a) Sketsa Belum Diarsir, (b) Setelah Diarsir

Langkah berikutnya membuat arsiran pada kertas dengan arsiran pensil sesuai pola yang telah dibuat sebelumnya.

Melakukan Pemetaan Nada dengan Arsiran Pensil dan Tombol Keyboard di Komputer

Pemetaan nada dilakukan dengan memetakan seperti berikut.

Gambar 9.4 Klip Buaya yang Dipasangkan pada Pola Tombol

Membuat Kode dengan Bahasa Pemrograman Scratch, dan Menguji Pemetaan Nada pada Scratch

Blok kode untuk Makey Makey tidak terlihat pada editor default Scratch 3.0 sehingga perlu ditambahkan ekstensi Makey Makey dengan mengikuti langkah-langkah ini.

  1. Tekan ikon ‘Tambahkan Ekstensi’ di sudut kiri bawah layar
  2. Pilih Makey Kemudian, akan terlihat dua blok kode baru muncul di bagian bawah daftar Blok.
  3. Gunakan hat event block di program Scratch untuk mengaktifkan skrip ketika tombol panah, w, a, s, d, f, g atau tombol spasi ditekan pada Makey Makey.

Pilih Makey Kemudian, akan terlihat dua blok kode baru muncul di bagian bawah daftar Blok.

Gunakan hat event block ini, tombol yang dipilih ditekan dalam urutan tertentu. Contoh urutan yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

  • Kiri atas kanan
  • Kanan atas kiri
  • Kiri kanan
  • Kanan kiri
  • Naik turun
  • Turun naik
  • Naik kanan turun kiri
  • Naik kiri bawah kanan
  • Naik naik turun turun kiri kanan kiri kanan

Baca Juga: Download Rangkuman Materi US Bahasa Indonesia Kelas 6 SD TP 2022/2023

Membuat code pada Scratch dengan:

Membuat code pada Scratch dengan

Memasukkan sound piano dengan memilih sound yang sesuai. Pilih ikon speaker di kiri bawah layar, akan terlihat blok putih muncul di layar yang mewakili semua suara yang berbeda. Jika kita mengarahkan mouse ke blok ini, suara akan diputar.

Jika kita mengarahkan mouse ke blok ini, suara akan diputar

Selanjutnya, cari suara piano D dengan mencari “piano D”. Pilih Piano D Piano ’untuk menambahkannya ke pustaka suara. Ulangi proses ini untuk tombol C, E, F dan G. Akhirnya, cari dan tambahkan suara untuk “tepuk tangan”

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-05 Bermain dengan Latar Gambar, Informatika kelas 7

Akhirnya, cari dan tambahkan suara untuk tepuk tangan

Langkah selanjutnya, membuat kode pada Scratch. Klik tab Kode sehingga kalian dapat mulai menambahkan blok kode ke area script.

Seret dan lepas (drag and drop) semua blok kode untuk mencocokkan dengan menambahkan sound piano yang sudah dimasukkan ke dalam libray. Pastikan suara piano sesuai dengan tombol yang dipilih.

Setelah kode telah selesai dibuat, ujilah untuk semua pembangkitan nada piano dengan menekan tombol dari komputer kalian. Isikan tabel berikut

Baca Juga: Download Rangkuman Materi US PPKn Kelas 6 SD TP 2022/2023

Nada Tombol Apakah nada yang dihasilkan telah sesuai dengan yang diharapkan?
C Piano  
D Piano  
E Piano  
F Piano  
G Piano Space  
Tepuk Tangan (Clapping) ⭡⭠⭣⭢  

Mengeksekusi Kode Program dengan Papan Sirkuit Makey Makey.

Kode program yang selesai disusun selanjutnya dapat dieksekusi dengan papan sirkuit Makey Makey yang terhubung dengan komputer melalui port USB. Selain daya listrik akan diberikan ke papan sirkuit, juga ada koneksi data antara papan Makey Makey dengan komputer atau laptop.

Jangan lupa untuk menghubungkan klip buaya dengan ground (earth) di Makey Makey di sudut kiri bawah desain piano dan masukkan kabel USB dari Makey Makey ke komputer.

Gambar 9.5 Hasil Eksekusi Papan Sirkuit Makey Makey

Gambar 9.5 Hasil Eksekusi Papan Sirkuit Makey Makey

Pengujian

Pengujian adalah menguji pembangkit nada piano telah sesuai dengan spesiikasi yang telah ditentukan. Pengujian juga biasa disebut debugging atau mencari bug (error). Setelah terhubung dengan Makey Makey, ujilah piano dan isilah hasil pengujian pada tabel berikut.

Menekan Tombol Kertas dengan Teks Nada yang Diinginkan Nada yang Dihasilkan
C C Piano  
D D Piano  
E E Piano  
F F Piano  
G G Piano  
F E D C (ditekan berurutan) tepuk tangan  

Jika semua nada yang dihasilkan pada tabel sesuai dengan nada yang diinginkan, artefak komputasional telah sesuai dengan rancangan dan pemetaan di awal. Hore! Kalian telah berhasil.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey dan Aktivitas PLB-K7-04 Piano Sederhana. Pembahasan ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.