Materi Jaringan Komputer dan Internet,Informartika Kelas VIII SMP

Materi Jaringan Komputer dan Internet,Informartika Kelas VIII SMP – Halo sobat Gurune, Setelah memperlajari bab ini kalian mampu memahami: internet dan jaringan lokal; cara kerja pengiriman data dalam konektivitas jaringan; teknologi komunikasi pada ponsel; dan memahami cara terhubung ke internet secara aman.

Tahukah kalian, karena jaringan komputer dapat saja terdiri atas banyak perangkat yang terhubung, bagaimana cara kerja dalam pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain? Bagaimana memproteksi data yang akan kita kirim melalui jaringan? Yuk kita simak Bersama pembahasannya.

Materi Jaringan Komputer dan Internet

Jaringan komputer dan internet memiliki peranan yang sangat penting dalam penggunaan komputerdan ponsel pintar(smartphone) saat ini. Melalui jaringan komputer, kita dapat melakukan komunikasi data antara satu komputer dan komputer lain. Misalnya, kita dapat mengirim email, pesan singkat melalui media sosial, dan lainnya.

Dengan jaringan komputer dan internet, kita juga lebih mudah mendapatkan informasi apa pun yang membantu dalam proses pembelajaran atau pekerjaan. Bayangkan bagaimana jika tidak ada jaringan komputer atau internet? Selain itu, saat menggunakan internet, perlu juga diperhatikan aspek keamanannya supaya data yang dikirim terproteksi dan tidak diketahui oleh orang lain. Juga agar kita bisa melindungi diri sehingga tidak menjadi korban kejahatan siber karena ketidak-tahuan kita.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 226-229 Kurikulum Merdeka

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer   dibangun   dengan   kombinasi   hardware   dan   sofitware.

Setiap perangkat yang terhubung pada jaringan komputer akan memiliki identitas unik untuk membedakan perangkat yang disebut alamat IP. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet. Jaringan lokal biasanya hanya mencakup area yang terbatas, sedangkan jaringan internet memiliki jangkauan yang lebih luas bahkan lintas negara.

Baca Juga :  Tangga Nada Diatonis Mayor

Jaringan Lokal

Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel yang menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya dalam wilayah terbatas seperti dalam rumah, sekolah, kampus, universitas, atau gedung kantor. Untuk mengakses perangkat pada jaringan lokal, perangkat yang kita miliki harus terhubung terlebih dahulu dengan jaringan lokal tersebut. Jaringan lokal ini disebut juga sebagai jaringan LAN (local area network).

Dalam level paling sederhana, jaringan lokal hanya terdiri atas dua perangkat yang terhubung menggunakan kabel atau tanpa kabel. Jika ingin menghu- bungkan lebih dari dua perangkat dalam jaringan yang sama, dibutuhkan perangkat tambahan,yaitu switch atau router. Switch atau router adalah perangkat keras jaringan yang menghubungkan perangkat di jaringan komputer dengan menggunakan paket switching untuk menerima dan meneruskan data dari suatu perangkat ke perangkat tujuan.

Perbedaan dari keduanya ialah switch hanya dapat menghubungkan perangkat pada jaringan yang sama, sedangan router dapat menghubungankan perangkat dari dua jaringan berbeda. Dua jaringan dikatakan berbeda jika mereka memilliki kelompok alamat IP yang berbeda.

Baca Juga: Kunci Jawaban Unsur – Unsur Surat

Misalnya, perangkat dengan alamat IP 192.168.10.1 dan 192.168.10.2 berada pada jaringan yang sama, yaitu 192.168.10.x, sedangkan perangkat dengan alamat IP 192.168.10.1 dan 192.168.20.2 berada pada jaringan yang berbeda. Switch dan router menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ketujuan.

Protokol pada jaringan komputer secara sederhana didefinisikan sebagai prosedur atau aturan yang harus ditaati supaya dua buah perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain. Gambar 5.1 menunjukkan ilustrasi jaringan komputer yang hanya menghubungkan dua perangkat dan jaringan yang menghubungkan lebih dari dua perangkat.

Gambar 5.2 Ilustrasi Jaringan Komputer Lokal

Gambar 5.2 Ilustrasi Jaringan Komputer Lokal

Baca Juga :  Pembahasan Materi Visualisasi Data, Informatika Kelas VIII SMP

Jaringan Internet

Internet merupakan singkatan dari Inter-Network, merupakan jaringan antarjaringan komputer yang memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan jaringan lokal. Jaringan internet dapat mencakup area sebuah negara atau bahkan dapat menghubungkan perangkat-perangkat di seluruh dunia.

Pengertian internet itu sendiri mungkin dapat kita rumuskan sebagai merupakan suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dan media yang lainnya atau kumpulan dari beberapa komputer atau ponsel, yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Hampir semua orang mulai mengenal internet, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa atau bahkan lansia sekalipun, sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Adakah di antara kalian yang tidak mendengar istilah internet sekarang ini?

Baca Juga: Jawaban Matematika Kelas 9 Latihan 5.2 Halaman 293

Untuk dapat menggunakan internet secara langsung, biasanya, kalian membutuhkan layanan internet. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login, dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) merupakan standar teknologi pendukung yang dipakai secara global. TCP/ IP merupakan protokol pertukaran paket atau Switching Communication Protocol. Istilah “protokol” di internet atau di jaringan lokal mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.

Adapun sofitware aplikasi yang berjalan di atas sebuah protokol disebut aplikasi client. Ada beberapa syarat agar komputer dapat terhubung dengan  internet,  antara  lain  dukungan  hardware,  dukungan  sofitware,  dan terdaftar ke salah satu penyedia jasa internet (ISP, Internet Service Provider).

Konfigurasi Jaringan Komputer

Ada dua komponen utama dalam sebuah jaringan komputer, yaitu node dan link. Node adalah titik atau perangkat yang dapat menghasilkan input data atau menerima data atau juga kedua-duanya dalam sebuah jaringan. Contoh node pada jaringan ialah perangkat komputer, HP, switch, router, dan lain sebagainya. Link adalah jalur transimisi data/informasi antar-node. Link ini berupa hubungan antara node yang satu dan node yang lainnya dalam sebuah jaringan.

Baca Juga :  Apa Hubungan Informatika dengan Matematika

Baca Juga:  Kunci Jawaban Berkomunikasi Melalui Surat Dengan Santun

Istilah link kadang juga disebut sebagai edge. Oleh sebab itu, perangkat-perangkat yang saling terhubung melalui jaringan komputer dapat digambarkan secara abstrak sebagai hubungan antara node dan edge. Sebagai ilustrasi, Gambar 5.3 menunjukkan gambaran abstrak sebuah jaringan komputer dalam bentuk node dan edge. Perhatikan bahwa switch digambarkan sebagai node yang terhubung ke beberapa node lainnya, sedangkan komputer/laptop/ ponsel merupakan node yang hanya terhubung dengan satu perangkat lainnya. Dalam hal ini, switch berfungsi sebagai node penghubung.

Gambar 5.3 Jaringan komputer dan abstraksinya

Gambar 5.3 Jaringan komputer dan abstraksinya

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Materi Jaringan Komputer dan Internet yang terdapat pada Buku Siswa Informatika Kelas VIII SMP. Sekarang kalian sudah mengetahui mengenai jaringan computer, jaringan internet dan konfigurasinya. Kalian bisa mencari tahu informasi lebih lanjut baik dengan bertanya kepada bapak ibu guru atau mencari informasi secara mandiri di Internet. Semoga bermanfaat!

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.