Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Apakah Itu Virus?

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Apakah Itu Virus? – Halo sobat gurune, virus adalah topik yang menarik dan penting dalam ilmu pengetahuan alam. Dalam dunia yang semakin terhubung dan global seperti sekarang, pengetahuan tentang virus menjadi semakin penting bagi kita semua.

Nah, kali ini kita akan belajar soal refleksi tentang apakah itu virus?. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Apakah Itu Virus? Halaman 35

2.1. Apakah Itu Virus?

Kata virus adalah kata yang tidak asing lagi bagi Kalian. Dalam dunia komputer, virus merupakan suatu program yang dapat mengganggu kinerja program komputer lainnya. Bahkan dalam dunia sosial media istilah viral sering digunakan. Kata viral ini berarti memiliki sifat seperti virus yakni mudah menyebar. Akan tetapi yang akan kita bahas pada bab ini bukan virus pada dunia komputer atau pada berita infotainment, melainkan virus yang memiliki material genetik yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia dan makhluk hidup lainnya.

Semenjak pandemi Covid-19 pada akhir tahun 2019, kata virus hampir setiap hari muncul dalam berita atau infografis yang ada di media masa.

Akibat virus ini pula Kalian melakukan physical distancing, lebih sering tinggal di rumah, belajar secara daring dari rumah (BDR), dan jika terpaksa keluar rumah harus menggunakan masker dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau alternatifnya dengan pembersih tangan (hand sanitizer). Virus ini tidak kasat mata tetapi sangat berbahaya. Seperti apakah virus itu? Apakah virus tergolong mahkluk hidup? Bagaimana bentuknya?

Pernahkah Kalian berinteraksi dengan teman atau anggota keluarga Kalian yang mengalami flu dan kemudian Kalian juga mengalami gejala flu beberapa hari selanjutnya? Penularannya cepat dan tanpa Kalian sadari bukan? Seperti yang Kalian ketahui bahwa flu disebabkan oleh virus.

Baca Juga :  Presentasi hasil pengamatan benda magnetis

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Soal Refleksi tentang Pengukuran dalam Kegiatan Kerja Ilmiah

Virus memiliki ukuran yang sangat kecil. Diameter virus berkisar antara 20 nanometer (nm) hingga 400 nanometer (nm). Oleh karena itu virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. Partikel lengkap virus, yang disebut dengan virion, terdiri atas asam nukleat yang dibungkus oleh protein pelindung yang disebut dengan kapsid.

Asam nukleat memiliki peranan penting dalam proses perbanyakan diri virus pada inang. Tanpa asam nukleat virus tidak akan bisa memerintahkan sel inang untuk membuat bagian-bagian partikel virus. Berdasarkan jenis asam nukleat yang menyusunnya, virus dikelompokkan menjadi virus DNA dan virus RNA. Virus DNA adalah virus yang memiliki asam nukleat berupa DNA (asam deoksiribonukleat) sedangkan virus RNA adalah virus yang memiliki asam nukleat berupa RNA (asam ribonukleat).

Kapsid tersusun atas subunit protein identik yang disebut dengan kapsomer. Beberapa virus memiliki amplop (membran lipoprotein) yang berasal dari sel inang. Bentuk virus beranekaragam, ada yang berbentuk heliks, polihedral, amplop/spherikal dan kompleks (perhatikan Gambar 2.1). Contoh virus yang berbentuk heliks adalah Tobacco mosaic virus, contoh virus yang berbentuk polyhedral adalah adenovirus, contoh virus yang berbentuk amplop adalah virus influenza sedangkan yang kompleks contohnya adalah bakteriofage (virus pemakan bakteri).

Berdasarkan informasi yang telah Kalian pelajari, menurut Kalian apakah virus merupakan sebuah sel? Dapatkah kita mengatakan bahwa virus adalah mahkluk hidup? Sebelum belajar lebih lanjut, ayo lakukan

Aktivitas 2.1.

Ayo Menelaah

Cobalah Kalian amati dua gambar virus berikut.

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Apakah Itu Virus?

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Menentukan Massa Jenis Material Baut  

Setelah Kalian mengamati kedua virus tersebut, cobalah menjawab pertanyaan berikut.

Baca Juga :  Laporan Hasil Pengamatan Hubungan Antara Gaya dan Gerak

1. Apakah kesamaan struktur pada kedua virus tersebut?

2. Cobalah cari informasi berapakah ukuran dari kedua virus tersebut!

3. Sebuah sel minimal tersusun atas membran sel, sitoplasma, asam nukleat dan ribosom. Berdasarkan telaah struktur yang Kalian lakukan apakah virus merupakan merupakan sebuah sel? Apakah virus adalah mahkluk hidup?

Jawaban :

1. Kesamaan struktur pada kedua virus tersebut adalah memiliki asam nukleat dan selubung protein.

2. Ukuran dari kedua virus tersebut adalah bacteriophage: 25–45 mikron dan virus corona 80–160 mikron.

3. Virus hanya memiliki asam nukleat dan selubung protein sehingga bukan sebuah sel dan bukan makhluk hidup.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Nilai Ketidakpastian pada Pengukuran Berulang

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.