Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Keanekaragaman Hayati

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Keanekaragaman Hayati – Halo sobat gurune, alam semesta ini adalah rumah bagi berbagai bentuk kehidupan, mulai dari tumbuhan hingga hewan, mikroorganisme, dan manusia. Keanekaragaman hayati mengacu pada keragaman genetik, keragaman spesies, dan keragaman ekosistem di seluruh planet ini. Fenomena ini membawa dampak yang tak tergantikan bagi keberlanjutan lingkungan dan kelangsungan hidup manusia.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang keanekaragaman hayati. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Keanekaragaman Hayati Halaman 162

Ayo Berlatih

Setelah Kalian belajar tentang keanekaragaman hayati, ayo coba Kalian jawab pertanyaan berikut.

1. Bacalah intisari artikel yang berjudul Populasi Bertambah, Kamera Pengintai Rekam 58 Badak Jawa Pada Tahun 2013 yang ditulis oleh Indra Nugraha.

Hasil monitoring badak jawa tahun 2013 menyebutkan jumlah populasi sebanyak 58 ekor yang jumlahnya meningkat dari 2 tahun sebelumnya, dimana tahun 2012 populasi badak berjumlah 51 ekor dan tahun 2011 berjumlah 35 ekor. Monitoring ini dilakukan dengan 120 camera trap sehingga selain jumlah, dinamika populasi dan interaksi badak jawa dengan spesies lain juga dapat diamati. Data monitoring ini akan menjadi acuan dalam pengembangan second habitat untuk badak jawa.

Berdasarkan artikel tersebut, jawablah pertanyaan berikut.

a. Deskripsikan dalam bentuk grafik bagaimana populasi spesies badak jawa selama 5 tahun terakhir?

b. Berdasarkan informasi pada artikel tersebut, buatlah prediksi badak Jawa pada 20 tahun mendatang!

c. Apakah solusi yang dapat Kalian tawarkan untuk mengatasi penurun populasi badak jawa?

2. Seseorang peneliti melakukan penelitian untuk menentukan status suatu hewan endemik dalam keadaan langka atau tidak. Untuk itu peneliti tersebut harus menghitung populasi hewan tersebut di alam bebas. Pilihlah benar atau salah aktivitas yang dilakukan oleh peneliti tersebut!

Baca Juga :  Cerita Anak Tema Cita - Cita

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Teknik Kultur Jaringan

Jawaban :

1. a. Grafik populasi spesies badak jawa selama 5 tahun terakhir :

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Keanekaragaman Hayati

b. Berdasarkan informasi pada artikel tersebut , prediksi populasi badak akan meningkat karena akan disiapkan habitat kedua dan dilakukan penangkaran.

c. Solusi untuk mengatasi penurun populasi badak Jawa yaitu mempertahankan keberadaan habitat atau yang lainnya yang logis sebagai upaya pelestarian.

2. Aktivitas yang dilakukan oleh peneliti :

Pernyataan Benar Salah
Meletakkan kamera di beberapa tempat, kemudian menganalisis gambar hewan yang terekam dengan parameter tertentu untuk menentukan spesies yang sama. V  
Menghitung jumlah spesies pada beberapa wilayah tertentu kemudian menghitung total dari seluruh hasil hitungan.   V
Memberi tanda pada spesies yang ditemui, hingga tidak menemukan spesies yang tidak memiliki tanda, kemudian menghitung jumlah tanda yang telah digunakan. V  

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Dampak Eksplorasi dan Penggunaan Energi

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.