Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 215 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 215 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan disajikan informasi tentang materiPermasalahan Kehidupan Sosial Budaya pada halaman 215 dan juga kunci jawaban pada Aktivitas 6.

Materi ini bisa kalian temukan di Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat halaman 215.

Kali ini kita akan membahas tentang Aktivitas 6 pada halaman 215.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 215 Kurikulum Merdeka

B. Permasalahan Kehidupan Sosial Budaya

Keberagaman budaya di Indonesia telah dimulai pada saat yang sangat lama. Kondisi geografis Indonesia dengan keragaman kondisi fisik turut mewarnai keberagaman tersebut. Masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia selanjutnya memiliki tokoh panutan, yang setiap tindakannya dijadikan teladan. Tokoh tersebut saat ini setara dengan para influencer atau dalam KBBI dikenal sebagai pemengaruh di sosial media. Tokoh tersebut secara kesepakatan pendukungnya dijadikan sebagai simbol, juga pengaruhnya dapat memengaruhi keragaman budaya yang berangkat dari isu atau permasalahan yang memicu perlawanan yang dilakukannya. Keteladanan dari perlawanan para tokoh ini ada beberapa yang masih berhubungan atau relatable dengan permasalahan sosial budaya di kehidupan zaman milenial saat ini.

 

Lembar Aktivitas 6 Aktivitas Individu

1. Kajilah salah satu sejarah lokal di bawah ini.

Jawaban:

Ratu Kalinyamat

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 215 Kurikulum Merdeka

 

2. Jelaskan peran dan sifat-sifat tokoh yang ada dalam sejarah lokal di bawah.

Jawaban:

Peran Ratu Kalinyamat

Ratu Kalinyamat sebagai tokoh wanita yang tidak hanya memainkan peranan dalam mengatasi kemelut di Kesultanan Demak, namun juga berhasil memimpin Jepara sebagai pusat kekuasaan politik serta aktivitas perdagangan dan pelayaran pada abad XVI. Jepara berhasil melakukan ekspor beras (terbesar di Jawa), gula, kayu, kelapa, dan berbagai jenis palawija. Hal tersebut merupakan bukti adanya peningkatan perekonomian di Jepara. Dengan armada laut yang kuat serta kekayaan yang luar biasa, banyak penguasa lain bekerja sama dengan Jepara.

Ratu Kalinyamat memiliki angkatan laut yang cukup kuat untuk mendukung aktivitas pelayaran dan perdagangan dan bandar transito yang dikunjungi para pedagang dari berbagai bangsa dan suku bangsa. Sultan Johor juga ternyata mempunyai niat untuk mengadakan kerjasama dengan Ratu Kalinyamat. Dengan semangat yang tinggi, Ratu Kalinyamat menurunkan bantuan berupa 4.000 tentara dari Jepara dan 40 kapal sebagai upaya untuk merebut Malaka dari tangan Portugis.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-03 Kekuatan Sinyal Ponsel

Sifat-sifat Ratu Kalinyamat

a. Ratu Kalinyamat memiliki keberanian dan tekad yan kuat dalam memperjuangkan keadilan

b. Ratu Kalinyamat memiliki sifat kepemimpinan dan kerja kerasnya menjadikan Jepara bekembang pesat

c. Ratu Kalinyamat merupakan Wanita cerdas yang mengembangkan hubungan dagang dengan sistem commenda

 

3. Selain itu coba kalian telaah untuk mendapatkan nilai-nilai yang kalian dapatkan setelah membaca sejarah lokal tersebut.

Jawaban:

Nilai yang dapat kita ambil dari sejarah lokal Ratu Kalinyamat

Ratu Kalinyamat merupakan wanita yang mengantarkan Jepara menjadi daerah yang berkembang pesat dalam bidang pelayaran dan perdagangan. Untuk menjadi pemimpin yang berhasil perlu adanya keberanian, tekad, kerja keras, dan kecerdasan.

 

4. Kerjakan dalam lembar kerja berikut, kemudian serahkan kepada Ibu/ Bapak Guru untuk diperiksa

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 215 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat tentang Permasalahan Kehidupan Sosial Budaya.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Yanuari Dwi Puspitarini

Saya merupakan blogger dalam bidang pendidikan, selain itu saya juga bekerja dalam dunia pendidikan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.