Kunci Jawaban Kasus Analisis Data Halaman 190, Informatika Kelas 7

Kunci Jawaban Kasus Analisis Data Halaman 190, Informatika Kelas 7 – Halo sobat gurune, kali ini kita akan membahas mengenai Kasus Analisis Data Halaman 190. Ini adalah tugas terakhir pada materi Pengolahan data menggunakan Microsoft Office Excel. Kalian akan  diminya untuk menganalisis data yang ada.

Data terebut adalah data mengenai Donasi dalam rangka membantui Desa di Gunung Kidul. Cobalah pemahaman kalian dengan mengerjakan tugas ini secara mandiri. Setelahnya, kalian bisa mecocokan pekerjaan kalian dengan pembahasan Kunci Jawaban Kasus Analisis Data Halaman 190, Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Kasus Analisis Data Halaman 190, Informatika Kelas 7

Kasus Analisis Data

Dalam rangka membantu desa di Gunung Kidul yang dilanda kekeringan, sebagai ketua OSIS, Andi dan pengurus OSIS yang lainnya sepakat untuk memberikan donasi. Para pengurus OSIS sepakat untuk tidak memberikan batasan terkait jumlah donasi yang diberikan. Mereka memberikan tenggang waktu pengumpulan donasi selama 3 pekan. Andi menugaskan para ketua kelas untuk mengumpulkan donasi dari siswa-siswi di kelasnya.

Apabila kalian sebagai ketua kelas, kegiatan apa yang kalian lakukan setelah mendapat tugas untuk mengumpulkan donasi? Misalnya, tahap pengumpulan pertama yang dilakukan mungkin kalian akan mencatat siswa yang memberi donasi sesuai tanggal penyampaian dan menuliskan besaran donasi.

Baca Juga: Pembahasan Materi Fitur Sort dan Filter, Pengolahan Data Lanjutan

Mungkin kalian juga menghitung jumlah donasi yang didapat agar pada saat koordinasi dengan ketua angkatan, kalian dapat menyampaikan jumlah yang mengumpulkan dan jumlah dana.

Tahukah kalian bahwa menyajikan informasi itu diawali dari mengumpul- kan, menjumlahkan, dan kadang perlu menghitung kemunculan data. Meng- analisis data dapat awali dengan merekap data dalam sebuah Worksheet. Pada saat merekap, kalian perlu mempertimbangkan terkait teknik menyajikan ke dalam tabel.

Baca Juga :  Pengantar Jaringan Komputer dan Internet, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Pada saat pengumpulan data, terdapat nomor yang gunanya untuk menunjukkan urutan, tanggal donasi yang gunanya untuk merekap waktu pengumpulan, nama pemberi donasi untuk mengetahui siswa yang telah menyampaikan donasi, kemudian besar donasi berisi jumlah donasi yang diberikan oleh siswa. Berikut ini adalah gambar untuk tabel pengumpulan dana yang telah dilakukan Andi dan rekan-rekannya.

Setelah dana dalam waktu tertentu terkumpul, kalian dapat menghitung jumlah data yang terkumpul, menghitung selisih dana yang telah terkumpul, dan target penggalangan dana.

Bagaimana dengan pekan ke-2 dan pekan ke-3? Kalian bisa menjumlahkan secara bersama-sama dengan cara menarik ke kanan ke pekan ke-2 dan ke-3 tanda + pada kolom D13 tanda ini berada di sudut kiri bawah. Selain itu, jika ingin mengetahui jumlah dana secara keseluruhan, dapat dilakukan dengan 2 cara. Cobalah cara berikut.

  1. Jumlahkan dengan menggunakan fungsi SUM untuk kolom jumlah. Berapakah hasilnya?
  2. Jumlahkan pendapatan per pekan. Berapakah hasilnya?
  3. Saatnya kita melakukan uji coba apakah penjumlahan yang kalian lakukan tadi hasilnya 100%?
  4. Selanjutnya, berapakah perbandingan data, jumlah data, dengan target data?

Kalian bisa mencoba menggunakan rumus fungsi yang sudah dipelajari pada pembahasan sebelumnya.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Aktivitas AD-K7-04-U Board Game dan Uji Kompetensi Halaman 188

Ayo Merenung

Setelah mempelajari materi ini, renungkan dan tuliskan pada lembar kertas (disarankan catatan menggunakan kertas lepasan atau loose leaf ).

  1. Apa pendapat kalian tentang pengolahan data? Apakah penting untuk melakukannya?
  2. Menurut kalian, lebih informatif mana, tampilan data awal atau sesudah diformat?
  3. Dalam pelajaran IPA kalian sering melakukan percobaan-percobaan dan mencatat Apakah kalian hanya mencatat saja, atau pernahkah kalian melakukan analisis dan Interpretasi data?
  4. Fungsi dasar apa yang paling mudah dan yang paling sulit menurut kalian? Jelaskan mengapa!
  5. Fungsi lanjutan apa yang paling mudah dan yang paling sulit menurut kalian? Jelaskan mengapa!
  6. Ceritakan pengalaman menarik kalian saat mengerjakan aktivitas!
Baca Juga :  Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi, Informatika Kelas 7

Penutup

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Kasus Analisis Data Halaman 190, Informatika Kelas 7 yang bisa gurune berikan. Semoga bermanfaat!

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.