Kunci Jawaban Aktivitas AD-K7-04-U Board Game dan Uji Kompetensi Halaman 188

Kunci Jawaban Aktivitas AD-K7-04-U Board Game dan Uji Kompetensi Halaman 188 –  Hai sobat gurune, kali ini kita akan membahas mengenai Kunci Jawaban Aktivitas AD-K7-04-U Board Game dan Uji Kompetensi Halaman 188.

Kalian akan mencoba pemahaman kalian pada materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Namun ada baiknya kalian mencoba sendiri aktivitas dan uji kompetensi yang ada pada Buku Siswa Kelas 7 Informatika ini terlebih dahulu

Aktivitas AD-K7-04-U: Board Game

Jika di sekolah tidak tersedia komputer dan aplikasi lembar kerja, kalian dapat tetap belajar analisis data secara unplugged (tidak memakai komputer). Caranya dengan menyimulasikan lembar kerja dalam selembar kertas manila dan dengan menggunakan sticky notes. Jika suatu saat sekolah kalian telah memiliki fasilitasnya, kalian akan dapat mengerjakan lebih cepat karena komputer yang akan membantu menghitung.

Baca Juga: Kunci Jawaban Menyusun Kalimat dari Gambar

Kalian akan melakukan aktivitas ini secara berpasangan (berdua). Salah satu siswa bertugas sebagai pengguna komputer, dan siswa yang lain adalah aplikasi komputer yang akan mengerjakan semua perintah.

Apa yang Kalian Perlukan:

  1. Kertas karton/A4/A3 untuk lembar kerja
  2. Sticky notes untuk menuliskan formula dan hasil jawaban (beda warna)

Apa yang Kalian Lakukan:

Kalian akan belajar tentang nilai tukar mata uang asing. Ada kurs jual dan kurs beli. Kurs jual artinya harga jual mata uang asing terhadap rupiah oleh bank/ badan resmi penukaran uang lain. Kurs beli adalah harga beli mata uang asing terhadap rupiah oleh bank/badan resmi penukaran uang lainnya. Apabila kalian ingin menukar uang rupiah kalian dengan mata uang asing tertentu, yang perlu diperhatikan ialah kurs jual. Apabila kalian membutuhkan uang rupiah dari mata uang asing yang kalian miliki, yang perlu diperhatikan ialah kurs beli.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-02 Jalur Routing

Terdapat transaksi jual/beli untuk mata uang asing terhadap mata uang rupiah yang dilakukan oleh beberapa siswa. Kalian akan diminta untuk menghitung hasil tukarnya dalam nilai rupiah dan melakukan analisis data sederhana. Semua aktivitas ini dilakukan secara unplugged dengan membuat simulasi Worksheet pada kertas.

Kalian perlu membuat simulasi worksheet dengan menggunakan kertas manila dengan membuatnya menjadi seperti matriks berukuran 10 kolom x 11 baris. Kolom diberi nama A sampai J, dan baris diberi nomor 1 sampai 11, seperti yang tampak pada gambar di bawah.

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 21 Kelas 4 SD/MI

Setelah itu, kalian juga perlu menyiapkan sticky notes. Sticky notes digunakan untuk menuliskan formula dan hasil dari formula. Formula akan ditulis pada sticky note bagian bawah, sedangkan hasil dari formula akan dituliskan pada sticky note bagian atas.

Dengan demikian, nantinya, setiap cell yang perlu kalian kerjakan akan berisi 2 lembar sticky notes yang saling bertumpuk. Misalnya, sticky note bagian bawah berisi =5*5 dan sticky note yang atas berisi 25 sebagai hasil dari perhitungan formula pada sticky note bawahnya.

Tuliskan data berikut pada simulasi worksheet yang sudah dibuat.

Cell D3 sampai D11, cell B11, cell G2 sampai G11, cell H2 sampai H6, cell I2 sampai I6, cell J2 sampai J6 atau cell yang berwarna cokelat itu yang harus kalian kerjakan. Pada setiap cell tersebut, tempelkan dua sticky notes sesuai perintah sebelumnya.

Perhatikan kolom C – Jual/Beli, karena akan memengaruhi nilai tukarnya. Tampilkan data dengan 2 digit di belakang koma.

Uji Kompetensi Soal Esai

Tampilan Laporan

Buatlah sebuah Worksheet laporan yang memiliki tiga sheet. Laporan ini menampilkan data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara per bulan ke Indonesia menurut pintu masuknya untuk data tahun 2017. Sheet pertama berisi data dari pintu masuk udara, sheet kedua dari pintu masuk laut, dan sheet terakhir berisi data dari pintu masuk darat. Simpan dokumen ini dengan nama ile sesuai instruksi dari guru kalian. Hasil jadi penamaan setiap sheet seperti berikut.

Baca Juga :  Materi Kolaborasi di Dunia Maya, Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 20 Kelas 4 SD/MI

Laporan dikerjakan pada aplikasi lembar kerja. Pengumpulan hasil dan penamaan dokumen menyesuaikan instruksi guru. Spesiikasi yang harus dilengkapi dalam pembuatan laporan ini.

  1. Perhatikan penamaan dari sheet yang
  2. Perhatikan format judul table dan header table, ada yang bold dan hurufnya lebih
  3. Perhatikan warna latar dari setiap baris atau kolom (pilihan warna tidak harus sama persis).
  4. Perhatikan posisi horizontal text pada cell, ada yang rata kiri, rata kanan, atau rata
  5. Perhatikan posisi vertical text pada cell, semuanya rata
  6. Perhatikan tampilan garis cell.
  7. Perhatikan angka yang ditampilkan memiliki pemisah
  8. Perhatikan baris atau kolom yang terkunci ketika halaman di-scroll ke bawah maupun ke
  9. Perhatikan lebar maupun tinggi cell.

Gunakan data sesuai contoh hasil aktivitas yang ada. NOTES: diberi warna untuk memudahkan tampilan, bedakan dengan tabel yang warna latarnya putih semua.

Sheet 1 – Laporan Pintu Udara

Hasil jadi sheet 1:

Apabila halaman di-scroll ke bawah maupun ke samping, hasilnya akan seperti ini:

Perhatikan posisi cell yang terkunci.

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 16 Kelas 4 SD/MI

Sheet 2 – Laporan Pintu Laut

Hasil jadi sheet 2:

Apabila halaman di-scroll ke bawah maupun ke samping, hasilnya akan seperti ini:

Perhatikan posisi cell yang terkunci.

Sheet 3 – Laporan Pintu Darat

Hasil jadi sheet 3:

Apabila halaman di-scroll ke bawah maupun ke samping, hasilnya akan seperti ini:

Baca Juga: Pembahasan Materi Fitur Sort dan Filter, Pengolahan Data Lanjutan

Penutup

Demikanlah pembahasan mengenai Kunci Jawaban Aktivitas AD-K7-04-U Board Game dan Uji Kompetensi Halaman 188 yang dapat gurune berikan, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.