Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-02 Jalur Routing

Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-02 Jalur Routing – Ketika kita mengirim pesan melalui media sosial, sebenarnya di dalamnya, ada proses komunikasi data yang terjadi antara satu perangkat dan perangkat lain. Proses komunikasi data ini dapat berjalan dengan baik jika kita dapat terkoneksi dengan jaringan komputer dan internet. Dengan demikian, jaringan internet sangat erat kaitannya dengan komunikasi data.

Lalu bagaimana car akita terhubung dengan internet? Pada pembahasan Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-02 Jalur Routing ini kita akan membahas mengenai routing. Yuk Kita simak pembahasannya

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-01 Konfigurasi Jaringan Komputer

Routing pada Jaringan Komputer

Routing pada jaringan komputer merupakan sebuah mekanisme pengiriman paket data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Pada sebuah router, biasanya, terdapat sebuah tabel routing atau lebih yang menyimpan informasi jalur routing yang akan dilalui ketika ada pengiriman data yang melewati router dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Jadi intinya, proses routing adalah proses menentukan jalur yang dilalui sebuah paket data yang dikirim antar-dua buah perangkat. Untuk dapat melakukan proses routing, harus lebih dahulu diketahui alamat tujuan perangkat, alamat asal perangkat, dan rute terbaik. Rute terbaik biasanya merupakan jalur terpendek yang dapat dilalui. Konsep inilah yang dikenal dengan istilah jalur terpendek.

Gambar 5.4 Routing pada Jaringan Komputer

Gambar 5.4 Routing pada Jaringan Komputer

Baca Juga: Materi Jaringan Komputer dan Internet,Informartika Kelas VIII SMP

Gambar 5.5 memberikan gambaran untuk lebih memahami tentang routing. Misalnya, kita ingin mengirim data dari komputer B ke komputer D. Jika diperhatikan, setidaknya ada tiga jalur yang dapat dilalui untuk mengirim data, yaitu jalur dengan garis putus merah, garis putus biru, dan garis putus hijau. Misal, kalian asumsikan bahwa setiap perangkat saling terhubung dengan kabel sepanjang 1 meter.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Halaman 84

Tabel 5.1

Warna Jalur Jalur Yang dilalui Jarak
Merah Komputer B – Router 1 – Router 2 – Router 3 – Router 4 – Komputer D 5
Hijau Komputer B – Router 1 – Router 3 – Router 4 – Komputer D 4
Biru Komputer B – Router 1 – Router 4 – Komputer D 3

Karena routing selalu mengambil jalur terbaik, ketika kalian mengirimkan data dari Komputer B ke Komputer D, akan melalui jalur dengan garis putus biru. Jalur ini melalui lebih sedikit perangkat lain dan memiliki jarak yang paling pendek dibandingkan dengan jalur lainnya.

Bagaimana jika dalam sebuah kasus, ternyata ada lebih dari dua jalur terbaik? Jika ada lebih dari dua jalur terbaik yang dapat dilalui, biasanya, router akan memilih secara acak salah satu dari jalur-jalur terbaik tersebut. Jika jalur routing sangat kompleks, bagaimana cara menemukan jalur terbaik? Biasanya, digunakan salah satu algoritma shortest path yang sudah kalian pelajari di materi Berpikir Komputasional.

Baca Juga: Kunci Jawaban Berkomunikasi Melalui Surat Dengan Santun

Aktivitas JKI-K8-02 Jalur Routing

Sebagai latihan, identifikasilah jalur terbaik yang akan dilalui sesuai Gambar 5.4 pada Tabel di bawah ini:

Dari Ke Perangkat yang Dilalui
Komputer A Komputer B  
Komputer A Komputer C  
Komputer A Komputer D  
Komputer B Komputer C  

Baca Juga: Jawaban Matematika Kelas 9 Latihan 5.2 Halaman 293

Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-02 Jalur Routing

Dari Ke Perangkat yang Dilalui
Komputer A Komputer B Komputer A – Router 2 – Router 1 – Komputer B
Komputer A Komputer C Komputer A – Router 2 – Router 3 – Komputer C
Komputer A Komputer D Komputer A – Router 2 – Router 3 – Router 4 –
Komputer D
Komputer B Komputer C Komputer B – Router 1 – Router 3 – Komputer C

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-02 Jalur Routing yang dapat gurune berikan. Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Informatika Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka. Pada Aktivitas ini, Guru kalian melakukan review pada setiap jawaban yang diberikan. Kalian juga akan diminta untuk menjelaskan hasil routing perangkat yang dilalui. Sebagai penutup, guru kalian akan memberikan penjelaskan bagaimana jalur routing antara dua buah perangkat Semoga bermanfaat!

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.