Pembahasan Materi Pivot Table, Informatika SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka

Pembahasan Materi Pivot Table, Informatika SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka – Pengertian pivot adalah orang atau sesuatu yang menjadi pusat atau yang dianggap paling penting dalam suatu situasi (https://dictionary.cambridge.org/dictionary/ english/pivot). Dalam persoalan peringkasan data, kalian biasanya harus menentukan data apa yang penting untuk digunakan sebagai acuan dalam peringkasan. Data penting itulah yang menjadi pivot. Lalu bagaimana cara menggunakan pivot table? Yuk kita simak pembahasannya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-04-U Meringkas Data Secaia Manual

Pivot Table Satu Dimensi

Pivot table satu dimensi digunakan untuk meringkas data dari suatu kumpulan data (dataset). Pada pivot table satu dimensi, data yang akan digunakan sebagai baris pivot berasal dari satu kolom data pada kumpulan data. Perhatikan Gambar 6.13 berikut ini.

Pivot Table Satu Dimensi

Gambar 6.13 Membuat Tabel Pivot Satu Dimensi

  1. Kolom 1 adalah filter, untuk memilih data pada kolom 2 yang akan diringkas.
  2. Kolom 2 “pivot”, yaitu data yang akan diringkas berdasarkan nilai data. Artinya, kalau data muncul lebih dari satu kali, pada tabel pivot, hanya akan ditampilkan satu kali.
  3. Kolom 3 adalah data yang akan dijumlahkan/dicacah atau dihitung dengan fungsi statistik.

Sebagai contoh yang memperjelas ilustrasi pada Gambar 6.11, untuk data nilai berikut ini, dibuat pivot table dengan kolom kode mapel sebagai baris pivot (Rows), kolom nama sebagai filter, dan kolom nilai sebagai data yang akan dihitung dengan fungsi statistik. Dalam contoh ini, fungsi statistik yang digunakan adalah fungsi average. Pivot table menampilkan ringkasan nilai rata-rata untuk setiap mata pelajaran.

Kolom 3 adalah data yang akan dijumlahkan

Jika pada bagian filter Nama, dipilih nama Erina, pada pivot table akan ditampilkan data nilai dari Erina beserta nilai rata-ratanya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 113 Kurikulum Merdeka

Jika pada bagian filter Nama, dipilih nama Erina, pada pivot table

Berikut ini adalah penjelasan dan panduan ringkas untuk membuat pivot table dari sekumpulan data. Tampilan menu pivot table adalah sebagai berikut.

Tampilan menu pivot table

Baca Juga: Materi Peringkasan Data, Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Membuat Pivot Tables

Membuat Pivot Tables

Langkah 1

Untuk membuat Pivot Tables, akan digunakan kumpulan data jumlah wisatawan yang terdiri atas 24 baris data dengan empat kolom, yaitu tahun, negara, jumlah, dan kawasan, sebagai tabel data sumber.

Langkah 2

  • Klik pada sembarang cell di dalam kumpulan data (misalnya cell B2).
  • Pada tab Insert, dalam Tablesgroup, pilih PivotTable.
  • Akan muncul dialog box baru, secara otomatis daerah data yang akan diproses terpilih. Lokasi defiault untuk pivot table adalah New Worksheet.

Baca Juga: Kunci Jawaban Struktur Teks Biografi R.A. Kartini

Menentukan Field

Menentukan Field

Langkah 1

Selanjutnya, PivotTable Fields panel akan muncul. Untuk mendapatkan informasi jumlah wisatawan per kawasan, tarik field berikut ini ke dalam area yang ditunjuk:

field Kawasan ke Rows area, field Jumlah ke Values area, field Tahun ke Filters area.

Dari pivot tables yang dihasilkan, dapat dilihat bahwa jumlah wisatawan yang terbanyak berasal dari Asia Tenggara.

Secara defiault, pivot  table akan membuat ringkasan data dengan fungsi sum atau count. Untuk mengubah jenis kalkulasi yang diperlukan, berikut langkahnya.

  1. Klik sembarang cell di dalam kolom Sum of Jumlah.
  2. Klik kanan pada mouse dan pada Value Field Settings, misalnya pilih fungsi Average, kemudian klik OK.
  3. Hasil yang diberikan akan menampilkan nilai rata-rata untuk setiap kawasan

Langkah 2

  1. Untuk area filter Tahun, kalian dapat melakukan  filter  data pada pivot table berdasarkan Tahun (secara defiault yang tampil adalah All).
  2. Misalnya: berapa jumlah wisatawan pada tahun 2018 yang berasal dari beberapa kawasan?
  3. Caranya, klik filter drop-down dan pilihlah 2018, akan ditampilkan jumlah wisatawan pada tahun 2018 saja yang berasal dari beberapa kawasan.
Baca Juga :  Keragaman Suku Bangsa di Indonesia

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal tentang Teks Bung Hatta Tidak Mudah Tergoda Harta

Pivot Table Dua Dimensi

Pada pivot table satu dimensi, peringkasan hanya ditentukan berdasarkan satu kolom data, yaitu berdasarkan baris pivot. Pada pivot table dua dimensi, peringkasan akan ditentukan berdasarkan dua kolom data. Terdapat baris pivot dan kolom pivot yang akan digunakan sebagai acuan dalam meringkas data.

Perhatikan Gambar 6.14 berikut ini.

Pivot Table Dua Dimensi

Gambar 6.14 Membuat Tabel Pivot Dua Dimensi

  1. Kolom 1 adalah filter, untuk memilih data pada kolom 2 yang akan diringkas.
  2. Kolom 2 menjadi baris pivot, sedangkan kolom 3 menjadi kolom pivot.
  3. Kolom 4 adalah data yang akan dijumlahkan/dicacah atau dihitung dengan fungsi statistik.

Sebagai contoh yang memperjelas ilustrasi pada Gambar 6.13, untuk data nilai berikut ini, dibuat pivot table dua dimensi dengan kolom kelas sebagai baris pivot (Rows) dan kolom kode mapel sebagai kolom pivot (Columns), kolom nama sebagai filter, dan kolom nilai sebagai data yang akan dihitung dengan fungsi statistik, dalam contoh digunakan fungsi average. Pivot table menampilkan ringkasan nilai rata-rata pada setiap kelas untuk setiap mata pelajaran.

Pivot table menampilkan ringkasan nilai rata

Baca Juga: Download Rangkuman Materi US Bahasa Jawa Kelas 6 SD TP 2022/2023

Jika pada filter Nama, dipilih nama Vina, pada pivot table akan ditampilkan data nilai dari Vina serta nilai rata-ratanya. Berikut ini adalah panduan ringkas untuk membuat pivot table dua dimensi. Untuk membuat pivot tables dua dimensi, lakukan tarik suatu field ke area Rows dan area Columns. Sebagai contoh membuat Pivot Tables, akan digunakan kumpulan data jumlah wisatawan seperti pada pivot table satu dimensi.

  1. Lakukan langkah (1) sampai dengan (3) seperti pada pivot table satu dimensi.
  2. Selanjutnya, pada PivotTable Fields panel, tarikfield berikut ini ke area yang ditunjuk:
  3. Field Kawasan ke area Filters, Filed Negara ke area Rows, Field Tahun ke area Columns, Field Jumlah ke area Values.
  4. Hasil pivot table dua dimensi seperti gambar di samping.
Baca Juga :  Permendikbud No 44 Tahun 2019 : Tentang PPDB 2020 ( Penjelasan Lengkap!! )

Yuk, berhenti memakai tools dan berpikir sejenak!

Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Materi Pivot Table. Kamu Bisa menggunakan salah satu fitur yang ada di Microsoft Excel yaitu pivot table. Pivot table adalah salah satu fitur di Excel yang bisa mempermudah penggunanya untuk membuat laporan dan analisis data dengan cepat. Cara menggunakan pivot table pun tidak terlalu sulit. Selain itu, fungsi pivot table adalah untuk membuat rangkuman, eksplorasi data, dan masih banyak lagi. Intinya Pivot table adalah fitur yang dapat digunakan untuk menghitung dan menganalisis data yang terkesan rumit menjadi lebih sederhana.

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.