Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-04-U Meringkas Data Secaia Manual

Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-04-U Meringkas Data Secaia Manual – hai sobat gurune, kali ini kita akan membahas mengenai kunci jawaban Aktivitas AD-K8-04: Meringkas Data Secara Manual. Aktivitas ini bisa kalian lakukan secara berpasangan. Data yang digunakan adalah data penjualan barang pada bulan Januari di Koperasi Sekolah DAMAI. Kalian diharapkan dapat menyelesaikan aktivitas ini. Setelah itu kalian bisa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing.

Aktivitas AD-K8-04-U Meringkas Data Secaia Manual

Setelah kalian mencoba meringkas data dengan menggunakan aplikasi lembar kerja, pada aktivitas kali ini kalian akan menyimulasikan lembar kerja secara unplugged atau tanpa komputer. Lembar kerja akan dituliskan dalam selembar kertas manila dan sticky notes sebagai pengganti penulisan formula. Kalian akan mengerjakan aktivitas ini secara berpasangan (berdua).

Baca Juga: Kunci Jawaban Struktur Teks Biografi R.A. Kartini

Apa yang kalian perlukan

  1. Kertas manila/kertas karton/kertas gambar berukuran A2 atau A1
  2. Sticky notes berbeda warna untuk menuliskan formula dan hasil jawaban

Apa yang kalian lakukan – Asesmen

Koperasi sekolah Damai menjalankan usaha bersama dengan menjual beberapa barang. Kalian diminta membuat sebuah lembar kerja untuk mencatat hasil penjualannya. Kalian juga diminta membuat laporan sederhana untuk memudahkan teman-teman melihat hasil penjualannya. Semua aktivitas ini dilakukan tanpa menggunakan komputer, tetapi dengan membuat simulasi lembar kerja pada kertas.

Kalian perlu membuat simulasi lembar kerja dengan menggunakan kertas manila dengan membuatnya menjadi seperti matriks berukuran 16 kolom x 15 baris. Kolom diberi nama A sampai P, dan baris diberi nomor 1 sampai 15, seperti yang tampak pada gambar di bawah.

Setelah itu, kalian juga perlu menyiapkan sticky notes. Sticky notes digunakan untuk menuliskan formula dan hasil dari formula. Formula akan ditulis pada sticky notes bagian bawah, sedangkan hasil dari formula akan dituliskan pada sticky notes bagian atas. Dengan demikian, nantinya, setiap cell yang perlu kalian kerjakan akan berisi 2 lembar sticky notes yang saling bertumpuk.

Baca Juga :  Pengantar Materi Analisis Data Informatika Kelas 8 SMP

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal tentang Teks Bung Hatta Tidak Mudah Tergoda Harta

Misalnya, sticky notes bagian bawah berisi =4+8 dan sticky note yang atas berisi 12 sebagai hasil dari perhitungan formula pada sticky notes bawahnya. Tuliskan data berikut pada simulasi lembar kerja yang sudah dibuat.

Semua cell yang berwarna harus kalian lengkapi dengan menempelkan

Semua cell yang berwarna harus kalian lengkapi dengan menempelkan dua sticky notes sesuai perintah sebelumnya. Formula yang digunakan pada aktivitas ini antara lain: VLOOKUP, SUM, SUMIF/SUMIFS, COUNTIF/COUNTIFS, dan operator aritmatika perkalian.

Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-04-U Meringkas Data Secaia Manual

Jawaban Aktivitas AD-K8-04 Meringkas Data Secara Manual

Refleksi

Setelah melakukan aktivitas, lakukan refleksi dan jawablah pertanyaan ini pada jurnal kalian.

  1. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi ini?
  2. Apakah kalian dapat mengerjakan semua formula pada cell dengan baik tanpa hambatan? Jika ada hambatan, apa hambatan yang kalian alami? Bagaimana kalian mengatasi hambatan tersebut?
  3. Apakah materi ini dirasa sulit?
  4. Apakah kalian senang membuat lembar kerja secara unplugged ?
  5. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara unplugged?

Baca Juga: Materi Peringkasan Data, Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Penutup

Demikianlah pembahasan materi mengenai Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-04-U Meringkas Data Secaia Manual. Aktivitas ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Informatika Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.