Kunci Jawaban Aktivitas DSI-K7-02-U Identiikasi Informasi Pribadi

Kunci Jawaban Aktivitas DSI-K7-02-U Identiikasi Informasi Pribadi – Hai sobat gurune, apakah kamu tahu profiling? Profiling merupakan tindakan mengumpulkan dan menyusun informasi mengenai seseorang berdasarkan data pribadi, karakteristik, ataupun tendensi dengan maksud tertentu dan sangat berpotensi untuk disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, bahkan dapat berupa tindak kejahatan

Nah untuk mencegah hal tersebut, kamu tentunya tidak boleh sembarangan menyebarkan data data pribadi atau data privat. Data privat, atau data pribadi (atau informasi pribadi), merupakan segala sesuatu yang secara langsung dapat mengidentifikasi individu. Contohnya nama seseorang, nama panggilan, nama keluarga, nomor telepon, nomor HP, nomor KTP, nomor SIM, atau informasi pengenal pribadi lainnya.

Baca Juga: Download Kisi-Kisi US Bahasa Jawa Kelas 6 SD TP 2022/2023

Selain data pribadi, terdapat juga istilah data sensitif. Data sensitif (sensitive data) adalah data yang berisi informasi rahasia yang harus dijaga keamanannya dan jauh dari jangkauan publik, kecuali mereka yang memiliki izin untuk mengaksesnya. Akses ke data sensitif harus dibatasi melalui keamanan data yang memadai dan praktik keamanan informasi yang didesain untuk mencegah kebocoran dan pelanggaran data.

Kunci Jawaban Aktivitas DSI-K7-02-U Identiikasi Informasi Pribadi

Kalian pernah mendengar situs media sosial berikut? Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Vidio, Tiktok? Ketika kalian akan menggunakan aplikasi ini, biasanya kalian diharuskan untuk mengisi formulir registrasi sebagai pengguna.Ada beberapa informasi yang pada umumnya aman untuk dibagikan di Internet dan ada yang tidak.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris SMA Kelas VIII Kurikulum Merdeka Halaman 267

Namun, walaupun informasi yang dianggap aman, juga tidak boleh dibagikan secara pribadi dengan orang yang belum dikenal secara fisik/online oleh siswa. Informasi pribadi ada yang disebut informasi privat (private information) dan personal (personal information). Informasi personal adalah informasi yang tidak dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang, sedangkan informasi privat adalah informasi tentang seseorang yang dapat digunakan untuk mengidentiikasi seseorang.

Informasi personal biasanya aman untuk dibagikan secara online, sedang- kan informasi privat tidak aman untuk dibagikan secara online dan berpotensi untuk disalahgunakan. Jika akan membagikan informasi privat kalian harus mendapatkan izin dari orang tua atau wali.

Potensi penyalahgunaan informasi privat atau biasa disebut pencurian identitas (identity theft), di antaranya adalah: pencurian uang, memalsukan identitas dengan informasi curian, dan perbuatan jahat lainnya. Kalian mungkin pernah melihat informasi nama anak, bapak, dan ibu yang tertulis sebagai stiker di kaca belakang mobil, hal ini berpotensi menjadi informasi untuk melakukan penculikan anak.

Baca Juga: Materi Informasi Pribadi dan Hukum Privasi, Informatika Kelas 7 SMP

Jenis Informasi privat yang dapat dimanfaatkan oleh pencuri identitas adalah: nama lengkap, alamat, alamat surel, nomor telepon, kata sandi, nomor kartu kredit, nomor KTP/SIM, nama gadis ibu. Jenis informasi personal yang dapat dibagikan tanpa menunjukkan identitas, yaitu: umur, jenis kelamin, jumlah saudara, genre musik favorit, makanan favorit, nama dan jenis hewan peliharaan, pendapat tentang sesuatu, dan lainnya.

Ketika berinteraksi dengan orang lain, kalian harus berhati-hati saat memberikan informasi pribadi, baik personal maupun private. Kalian tidak boleh memberikan informasi privat kepada orang yang tidak kenal di dunia nyata, dan juga saat online.

DISKUSI 1:

Diskusikan dengan teman dan tuliskan pada lembar kerja siswa 1 mana saja yang termasuk informasi personal dan informasi privat.

Baca Juga :  Materi Bagaimana Belajar Programming, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

DISKUSI 2:

Diskusikan dengan teman dan tuliskan pada lembar kerja siswa 2 apa saja  informasi personal dan privat yang boleh dituliskan dalam situs media sosial.

Lembar Kerja 1

Menentukan Informasi Personal dan Privat, gunakan (v) atau (x).

Informasi Personal Privat
Nama Lengkap    
Umur    
Alamat    
Alamat surel    
Tanggal Lahir    
Jenis Kelamin/Gender    
Banyaknya Saudara    
Artis Favorit    
Nomor Telepon    
Hobi    
Genre Musik Favorit    
Nama Peliharaan    
Nama Ibu Kandung    
Nama Sekolah    

Baca Juga: Kunci Jawaban Menyesuaikan Balon Ucapan dengan Tokoh

Jawaban:

Lembar Kerja Aktivitas 2

Anggaplah kalian memiliki profil yang bisa dilihat publik di media sosial online. Tentu saja ada orang yang kalian kenal dan yang tidak.

Tuliskan Informasi personal yang ingin kalian bagikan tentang diri kalian. Pastikan semua informasi tersebut aman untuk dibagikan dan bukan informasi privat yang dapat mengungkapkan identitas.

Jawaban :

  1. Screen Name (Nama Layar)
  2. Umur
  3. Jenis kelamin
  4. Nama hewan peliharaan
  5. Kota tempat tinggal

Ayo Merenung

Setelah mempelajari materi ini, renungkan dan tuliskan pada lembar kertas (disarankan catatan menggunakan kertas lepasan atau loose leaf).

  • Apakah kalian telah memahami tentang dampak positif dan negatif dari revolusi Teknologi Informasi dan Komunikasi?
  • Apakah kalian telah mengetahui informasi pribadi mana yang boleh dipublikasi di media sosial kalian dan mana yang tidak boleh?

Baca Juga: Download Kisi-Kisi US PJOK Kelas 6 SD TP 2022/2023

Penutup

  1. Apakah kalian pernah mempublikasi informasi privat di media sosial kalian?
  2. Jika jawaban 3 adalah Ya, apa yang kalian akan lakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan?
Baca Juga :  Jawaban dari Bacaan Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan

Jadi, saat kalian akan mengisikan informasi berkenaan dengan registrasi aplikasi dan mempublikasi informasi pribadi di media sosial, berhati-hatilah. Kalian harus memahami ada potensi merugikan jika kalian tidak berhati-hati

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.