Mengenal Data dan Pengolahannya, Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Mengenal Data dan Pengolahannya, Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka – Dapatkah kita benar-benar mengukur kebahagiaan? Mengapa pencapaian kelulusan sekolah di Bandung bervariasi? Apa hubungan matematika dan amal? Tim sepak bola mana yang memiliki pemain lebih baik, Persija atau Arema? Ini hanyalah beberapa dari pertanyaan yang bisa kalian jawab dengan menganalisis data.

Kali ini kita akan membahas mengenai materi mengenal data. Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kalian akan mampu mengolah dan menganalisis sekumpulan data, lalu menampilkannya dalam berbagai representasi (numerik, teks, gambar) dengan menggunakan tools pengolah lembar kerja.

Mengapa sih kita harus mengolah data? Hal ini dikarenakan, tanpa diolah, data tidak akan menghasilkan informasi yang berguna. Pengolahan data dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan bantuan komputer.

Baca Juga: Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 134, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Proses analisis data inilah yang akan dipelajari di bab ini. Kalian akan mempelajari tentang bentuk data dan bagaimana mengolah data tersebut sehingga dapat menghasilkan informasi yang berguna. Yuk kita kenalan lebih jauh tentang data

Mengenal Data dan Pengolahannya

1. Apa itu Data?

Data berasal dari kata dalam bahasa Latin datum yang artinya adalah fakta, keterangan yang benar dan nyata yang dapat dikumpulkan dan dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Dalam bidang Informatika, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar, grais, suara (audio) atau video.

Data dapat bersifat kualitatif yang berarti menggambarkan sesuatu atau kuantitatif yang berupa informasi numerik (angka). Data dapat direkam atau di-input, disimpan, dan ditampilkan. Banyak peralatan sehari-hari yang diam-diam mengumpulkan data, misalnya sebuah alat potret mengumpulkan foto dalam kameranya, setiap kali dipakai memotret.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Analisis Isi dan Tujuan dalam Surat Resmi

Ada juga objek atau peralatan yang mengumpulkan data terusmenerus dan “diam-diam”, misalnya data CCTV (kamera yang dipasang untuk merekam video) dan disimpan sehingga, misalnya ada pencurian, dapat dipakai untuk menginvestigasi dan menyimpulkan siapa yang mencuri.

Data pada smartwatch yang dipakai, dapat mengumpulkan data langkah, detak jantung, dan data pemakainya dan menyimpannya dalam perangkat. Data juga dapat disimpan dengan menggunakan perangkat lunak, misalnya data pada lembar kerja, atau data diketikkan menjadi isi sebuah File.

Baca Juga: Bagian Tubuh Tumbuhan IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Ada data yang dengan mudah dapat diobservasi dan dicatat, misalnya data tinggi badan, data warna mata atau warna rambut. Namun, ada juga data yang sulit untuk diperoleh dan dicatat seperti data perasaan sekumpulan orang.

Bagaimana kalian akan mendata perasaan dari seluruh kelas kalian? Mendata perasaan setiap orang dapat dilakukan dengan wawancara. Akan tetapi, mendata perasaan sekelas? Apakah kalian punya ide?

Data yang disimpan dapat ditampilkan dalam sajian (visualisasi) tertentu. Sajian data dapat dalam bentuk yang lain, misalnya data berupa tabel angka dapat disajikan dalam bentuk graik. Hasil sajian akan mempermudah untuk melakukan analisis dan interpretasi sehingga menjadi informasi yang berguna.

2. Satuan Ukuran Data

Data yang disimpan dalam komputer mempunyai satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, PB dengan ekuivalensi sebagai berikut.

UnitEkuivalensi
1 kilobyte (KB) 1,024 bytes
1 megabyte (MB) 1,048,576 bytes
1 gigabyte (GB) 1,073,741,824 bytes
1 terabyte (TB) 1,099,511,627,776 bytes
1 petabyte (PB) 1,125,899,906,842,624 bytes

Itulah sebabnya, jika kalian membeli komputer atau media penyimpanan data seperti lashdisk, harddisk, compact disc (CD), dan lainnya, kalian bisa memilih kapasitas memori penyimpanan datanya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Membuat Kalimat Efektif

3. Apa itu Analisis Data?

Secara sederhana, analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.

Tujuan utama dari analisis data ialah untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat. Proses menganalisis data mencakup mencari pola, kesamaan, perbedaan, kecenderungan (tren), atau hubungan lainnya, serta memikirkan tentang makna dari pola-pola ini.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K7-02, Tethering Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Orang menggunakan data untuk menyoroti atau mengusulkan hubungan sebab-akibat dan memprediksi hasil. Menyimpulkan atau memprediksi berdasarkan data tidak selalu menghasilkan sesuatu yang akurat. Untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat, data harus relevan (ada hubungannya) dan jumlahnya mencukupi.

Contohnya, menggunakan data warna mata untuk menyimpulkan usia seseorang adalah tidak relevan karena warna mata tidak ada hubungannya dengan usia seseorang. Contoh dari kuantitas data yang tidak mencukupi ialah memprediksi hasil pemilu Indonesia yang penduduknya lebih dari 260 juta dengan memilih beberapa orang saja.

4. Apa itu Interpretasi Data?

Interpretasi adalah memberikan kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu; interpretasi juga dapat berarti menafsirkan data sehingga data  menjadi bermakna. Prosesnya ialah dengan menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang tertentu, dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari.

Misalnya, kalian diberi data kapasitas memori komputer sebagai berikut. Apa interpretasi kalian?

Gambar 6.1 Graik Kapasitas Memori Komputer yang Selalu Naik.
Gambar 6.1 Graik Kapasitas Memori Komputer yang Selalu Naik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 136 Kurikulum Merdeka

5. Mengapa Perlu Analisis Data?

Menganalisis dan menginterpretasi data diperlukan untuk menyimpulkan atau mengambil keputusan. Kalian akan dapat mengambil kesimpulan dengan baik berdasarkan data. Misalnya, untuk menentukan pakaian hangat atau dingin, akan lebih akurat jika mempunyai data temperatur ruangan daripada hanya dengan perasaan.

Contoh:

Kalian perlu membeli lashdisk karena secara rutin belajar dan hasilnya disimpan dalam komputer. Rata-rata belajar dan menyimpan File per hari sebesar 500 Kbytes. Kalian mendapat informasi flashdisk yang tersedia sebagai berikut.

Flashdisk yang mana yang akan kalian beli agar cukup untuk menyimpan data hasil belajar selama 1 bulan? Dengan catatan 1 Gbyte = 1.000 Kbyte.

6. Kegiatan Apa yang akan Kalian Lakukan Terkait Analisis Data?

Kalian akan belajar untuk entry (merekam, meng-input, memasukkan) data hasil pengamatan atau data yang berasal dari sumber yang diberikan ke dalam format yang dapat diproses oleh komputer. Proses ini dapat dilakukan secara manual atau dengan memakai aplikasi lembar kerja.

Baca Juga :  Download Gratis Dokumen PPDB Terbaru

Kalau datanya banyak, tentunya lebih mudah jika memakai aplikasi lembar kerja. Selanjutnya, data tersebut kalian olah untuk mendapatkan beberapa besaran statistik, kemudian kalian analisis untuk melakukan kesimpulan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K7-04, Proteksi File pada Pengolah Kata: Informatika Kelas 7

Pada materi Analisis Data ini, kalian akan mempelajari bagaimana mengolah data menggunakan salah satu aplikasi lembar kerja, yaitu Microsoft Excel. Selain memanfaatkan aplikasi komputer, kalian juga akan mempelajari pengolahan data menggunakan kertas dan alat tulis saja. Kita akan menggunakan data pariwisata Indonesia sebagai contoh data untuk pengolahan data dengan aplikasi lembar kerja.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai materi Mengenal Data dan Pengolahannya. Kalian akan memperlajarinya pada BAB 6 Analisis Data yang terdapat pada Buku Siswa Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa yang dimaksud dengan data?

Pada dasarnya data merupakan sekumpulan informasi atau juga keterangan– keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian ke sumber – sumber tertentu. Data yang diperoleh namun belum diolah lebih lanjut dapat menjadi sebuah fakta atau anggapan

Apa saja fungsi data?

Data digunakan sebagai bahan evaluasi dalam menanggapi suatu masalah tertentu. Data juga bisa berfungsi untuk memecahkan sebuah masalah dan menentukan suatu kebijakan serta keputusan. Selanjutnya, Data yang diperoleh juga dapat digunakan sebagai acuan dalam setiap implementasi suatu kegiatan atau aktivitas

Mengapa dilakukan pengolahan data?

tanpa diolah, data tidak akan menghasilkan informasi yang berguna. Proses pengolahan data tentunya dilakukan bukan dengan tanpa fungsi dan tujuan. Terdapat beberapa fungsi pengolahan data antara lain pelaksana proses aritmatika dan logis untuk data, penyimpanan dan pemroses program data, pengambil program input data, dapat digunakan sewaktu-waktu, meminimalisir tenaga manusia dikarenakan pekerjaan dapat dikerjakan secara otomatis oleh mesin atau komputer serta mendapatkan hasil yang lebih akurat

Bagaimana konsep pengolahan data?

Pengolahan data adalah proses mengkonversi data menjadi bentuk yang dapat digunakan atau diinginkan. Pemrosesan ini dilakukan dengan menggunakan urutan operasi yang telah ditentukan, baik secara manual maupun otomatis.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.