Perkakas Pengolah Lembar Kerja Microsoft Excel, Informatika Kelas 7

Perkakas Pengolah Lembar Kerja Microsoft Excel, Informatika Kelas 7 – Hai sobat gurune yang cerdas. Setelah mengetahui pentingnya data dan juga mengenal sedikit mengenai fungsi dan tujuan mengolah data pada artikel sebelumnya. Kali ini kita akan mengenal lebih dalam Perkakas pengolahan Lembar Kerja. Ada banyak perkakas pengolahan lembar kerja saat ini.

Tentu kamu pernah mendengar istilah istilah seperti Spreadsheet, Libre Office, WPS Office dan yang lainnya. Namun kali ini kita akan memfokuskan pada satu alat yang memang banyak digunakan di Indonesia khususnya untuk mengolah data yaitu Microsoft Office Excel.

Lalu apa yang akan kita pelajari disini? Ada banyak materi yang bisa dipelajari pada bab ini. Namun kita akan membahasnya satu per satu mulai dari mengenal; Perkakas Lembar Kerja.Yuk kita bahas Bersama

Baca Juga: Media Pembelajaran PowerPoint Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Semua Tema

Perkakas Pengolah Lembar Kerja Microsoft Excel

Syarat untuk bisa mulai aktivitas ini adalah kalian sudah mengenal pengelolaan folder.

Mengenal Perkakas

Ketika kalian membuka aplikasi Microsoft Excel pertama kali, akan muncul tampilan seperti ini. Microsoft Excel sudah menyediakan beberapa template yang dapat langsung digunakan. Untuk aktivitas ini, pilih menu “Blank Workbook”.

Blank Workbook akan menampilkan halaman worksheet kosong seperti gambar di atas. Untuk menyimpan dokumen Worksheet, pilih menu File lalu Save As. Biasakan segera menyimpan hasil kerja pada tahap penting dan tidak menunggu sampai selesai agar kalian tidak kehilangan hasil kerja.

Kalian dapat memilih akan menyimpan dokumen ini di mana dengan memilih Browse. Simpan pada tempat penyimpanan di komputer kalian. Dokumen dapat digabungkan dalam satu folder yang sama atau berbeda. Ikuti perintah dari guru kalian.

Fitur Pada Halaman Worksheet

Berikut adalah penjelasan lengkap terkait halaman Worksheet.

Bagian 1

Menunjukkan Quick Access Toolbar. Bagian ini menampilkan menu/itur yang sering digunakan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas AD-K7-01, Mari Memahami Perkakas Halaman 156

Bagian 2

Menunjukkan Ribbon. Di sini, kita dapat mengatur banyak hal terkait aplikasi Microsoft Excel.

  • Ribbon berisi fungsi-fungsi yang dapat digunakan dalam Microsoft Excel. Terdiri atas banyak Tabs Menu.
  • Tabs menu yang ada secara default, yaitu: File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View, dan Help. Apabila kalian menambahkan objek tertentu, ada Tabs tambahan yang tampil dan berisi fungsi khusus untuk objek tersebut. Tabs ini disebut Contextual Tabs.
  • Pada setiap Tabs, fungsi yang ada dikelompokkan lagi ke dalam Group Menu. Contoh untuk Tabs Home, yang termasuk Group Menu adalah: Clipboard, Font, Alignment, Number, Styles, Cells, Editing, dan Ideas (dapat dilihat pada Gambar 5.5 bagian 2).
  • Ribbon dapat di-minimize serta di-customize isinya.

Baca Juga: Mengenal Data dan Pengolahannya, Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Bagian 3

Menunjukkan Formula Bar. Di sini, terdapat alamat cell yang aktif beserta isi dan formula yang digunakan.

Bagian 4

Menunjukkan worksheet yang terdiri atas kumpulan cell, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column. Di bagian ini, kalian dapat melakukan pengolahan data melalui formula.

Bagian 5

menunjukkan kumpulan worksheet. Dalam 1 ile atau workbook, bisa terdapat banyak worksheet sekaligus.

Worksheets

Setiap workbook dapat terdiri atas banyak worksheets. Setiap worksheet terdiri atas kumpulan cells, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column.

 Cell dan Range

Cell terbentuk dari titik pertemuan antara kolom/column dan baris/row. Huruf menggambarkan urutan kolom dan angka menggambarkan urutan baris. Contoh: cell D3, artinya cell berada di kolom D dan baris 3, yang menunjukkan alamat dari cell tersebut.

Kumpulan dari beberapa cell disebut range. Contoh range: B4:B5, artinya cell terpilih adalah baris 4 dan 5 dari kolom B. Range dapat terdiri atas sekumpulan cell dari kolom yang sama (contoh: F2:F5), sekumpulan cell dari baris yang sama (contoh: C1:G1) maupun sekumpulan cell dari kolom dan baris tertentu (contoh: A3:C5). Cell dan range ini nantinya digunakan saat mendeinisikan parameter untuk formula (rumus) di aplikasi Microsoft Excel.

Untuk melihat alamat dari sebuah cell maupun menuju cell tertentu dapat memanfaatkan bagian yang ditandai dengan elips ungu pada Gambar 6.5.

Baca Juga :  Pengertian Poster, Ciri-ciri dan Tujuan

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 5 Kelas 4 SD/MI

Olah Worksheets

Berikut adalah langkah cara dalam mengolah worksheet.

KetLangkah
Langkah 1Membuka sebuah Workbook: Klik sebuah File Workbook, atau buka sebuah Workbook kosong. Penjelasan: Jika membuka Worksheet kosong, akan diposisikan pada sebuah Sheet1. Jika ile sudah ada sebelumnya, akan diposisikan pada sheet terakhir yang dibuka.
Langkah 2Select

Klik nama sheet yang dipilih.


Penjelasan: Worksheet aktif adalah Sheet1 dan Sheet2 menampilkan worksheet yang sedang disorot.

Langkah 3Rename

Cara-1:

Klik kanan di bagian worksheet yang dimaksud, lalu pilih menu Rename.

Cara-2: Klik 2 kali pada sheet yang aktif. Nama worksheet akan tampil dalam bentuk yang bisa diubah, ketikkan nama barunya.

Langkah 4Insert

Untuk menambahkan worksheet baru, cukup menekan tanda tambah di samping worksheet paling kanan. Worksheet baru akan muncul di sebelah kanan worksheet aktif.

Langkah 5Move

Untuk memindahkan posisi sebuah worksheet.Cara-1: Pilih worksheet yang dimaksud, lalu tahan dan geser ke posisi baru yang diinginkan.Cara-2: klik kanan di worksheet yang akan dipindah, lalu pilih menu Move or Copy.Copy Menyalin persis sebuah worksheet secara utuh dapat dilakukan dengan copy worksheet. Klik kanan di worksheet yang akan disalin, lalu pilih menu Move or Copy.Cara-2 Move dan Copy Sesudah menu Move or Copy ditekan, akan muncul dialog box di mana kalian dapat memilih posisi barunya, lalu tekan OK. Apabila ingin menyalin Worksheet, jangan lupa menekan checklist Create a Copy, lalu tekan OK.

Freeze Panes

Fitur ini dapat membantu untuk membuat baris atau kolom tertentu berada di posisi terkunci. Efeknya ialah baris atau kolom tersebut dapat selalu terlihat (freeze) walaupun halaman worksheets kalian scroll lebih jauh ke bawah atau ke samping.

Menu ini dapat diakses melalui tab View, lalu Freeze Panes. Ada 3 pilihan, yaitu:

  1. Freeze Panes: mengunci baris dan kolom tertentu
  2. Freeze Top Row: mengunci baris paling atas saja (baris 1)
  3. Freeze First Column: mengunci kolom pertama saja (kolom A)

Baca Juga: Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 134, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

KetLangkah
Langkah 1Freeze Baris Pertama

Dengan menu ini, kita dapat membuat baris pertama selalu terlihat walaupun halaman di-scroll ke bawah. Untuk mengaktifkannya, klik di tab View, lalu pilih menu Freeze Panes dan pilih menu Freeze Top Row.Hasilnya dapat dilihat ketika kita melakukan scroll ke bawah:

Langkah 2Freeze Kolom Pertama

Dengan menu ini, kita dapat membuat kolom pertama selalu terlihat walaupun halaman digeser ke samping. Untuk mengaktifkannya, klik di tab View, lalu pilih menu Freeze Panes. Lalu, pilih menu Freeze First Column. Hasilnya dapat dilihat ketika kita menggeser wosksheets ke samping

Langkah 3Freeze Baris dan Kolom tertentu

Selain baris maupun kolom pertama, kita juga bisa mengunci baris atau kolom tertentu dengan memilih menu Freeze Panes.

Pilih baris tertentu atau kolom tertentu atau cell tertentu, lalu pilih menu Freeze Panes.

Untuk melepas kunci terhadap baris tadi, kita dapat memilih Fitur Unfreeze Panes. Fitur ini akan muncul setelah kita berhasil melakukan kunci, terdapat baris/kolom/cell tertentu.

Baca Juga :  Ketika Bisa Belajar Bersama Perwakilan Guru se ASEAN ( SEAMEO 2018 )

Cell References

Dalam ile worksheet, kalian dapat mengambil data yang berasal dari cell
lain. Dalam pemanggilan cell tersebut, terdapat tiga cara, yaitu relative,
absolute, dan mixed references.

Perhatian: Pemanggilan data maupun formula pada Worksheet selalu
menggunakan tanda sama dengan (“=”) di bagian depan. Contoh: =A4 atau
=A1+A2.

Langkah

Relative

Relative references adalah pemanggilan cell standar pada ile worksheet. Relative references dapat berulang sesuai baris atau kolomnya apabila disalin ke cell lain.

Perhatikan cell D5.

Cell D5 berisi formula yang memanggil isi nilai cell B5 dan C5 (=B5+C5), artinya nilai pada cell D5 dipengaruhi oleh nilai yang ada di cell B5 dan C5.

Perhatikan juga cell D6.

Cell D6 memerlukan proses penjumlahan yang sama dengan cell D5. Maka, kalian dapat menyalin formula pada cell D5 ke cell D6.

Hasil formula pada cell D6 akan berisi penjumlahan dari cell B6 dan C6. Apabila formula cell D5 disalin ke cell E5, akan menghasilkan hasil yang berbeda, yaitu
formula =C5+D5.

Absolute

Absolute references ditunjukkan dengan adanya tanda $ di depan nilai baris dan kolom (misal: $F$12). Artinya, nilai cell F12 akan terus dipakai walaupun formula disalin ke cell lain.

Contoh data yang digunakan adalah jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia dari tahun 2017 sampai 2019. Untuk menghitung nilai persen jumlah wisatawan dari setiap negara di ASEAN, diperoleh dari jumlah wisatawan per negara dibagi dengan jumlah total wisatawan dari semua data ASEAN. Jumlah total wisatawan
akan dianggap sebagai absolute references.

Perhatikan cell G9.

Formula pada cell G5 akan disalin ke cell G9. Hasilnya ialah formula pembagian F9 dan $F$12 (cell F9 berubah karena relative references, sedangkan cell F12 tetap karena termasuk absolute reference).

Penutup

Itulah pembahasan materi Perkakas Pengolah Lembar Kerja Microsoft Excel, yang terdapat pada Buku Siswa Informatika Kelas 7. Masih ada banyak materi yang harus dipelajari. Namun ada bainya kalian mencoba hal-hal baru yang sudah dijelaskan diatas. Lalu kita akan melanjutkan pada materi selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa perbedaan cell dan range pada Microsoft Excel?

Cell adalah Titik temu antara kolom dengan baris pada lembar sheet. Cell terbentuk dari titik pertemuan antara kolom/column dan baris/row. Sedangkan range adalah penggabungan antar cell/ beberapa cell pada lembar sheet.

Dimana letak worksheet?

Letak worksheet adalah pada bagian bawah formula bar dan di atasnya status bar. Bagian-bagian worksheet dalam Microsoft Excel terdiri dari kumpulan sel yang biasa digunakan untuk menginput dan mengolah data.

Apa perbedaan antara workbook dan worksheet pada Microsoft Excel?

Pengertian workbook dalam excel adalah kumpulan satu atau lebih sheet atau worksheet yang tersimpan dalam satu file. Sedangkan sheet atau worksheet merupakan kumpulan sel tempat data, obyek gambar, dan lain-lain.

Freeze Panes Excel ada dimana?

Fitur Freeze Panes terletak di tab ‘Tampilan’ atau ‘View’. Setelah membuka dokumen yang hendak di-freeze, kamu perlu membuka menu tampilan pada menu bar, lalu dengan mudah akan terlihat fitur Freeze Panes di group window.

Ada berapakah tombol Freeze Panes?

Tombol perintah Freeze Panes terdiri dari 3 perintah seperti ilustrasi di atas. Untuk tetap menampilkan (membekukan) beberapa kolom dan baris yang disorot pada suatu sheet. Untuk tetap menampilkan (membekukan) baris pertama dari sheet yang sedang aktif (terbuka).

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.