Kunci Jawaban Aktivitas PLB-K7-02 Pengenalan Makey Makey

Kunci Jawaban Aktivitas PLB-K7-02 Pengenalan Makey Makey – Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Makey makey adalah kit penemuan pada abad ke 21. Alat ini ditemukan oleh Jay Silver dan Eric Rosenbaum lulusan dari MIT. Makey adalah tombol bentuk inputan perintah yang banyak digunakan pada peralatan elektronik. Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol).

Penemuan ini berinovasi pada sebuah kontroler yang sering digunakan pada saat bermain game. Kontroler merupakan salah satu komponen sistem pengaturan yang berfungsi mengolah sinyal umpan balik dan sinyal masukan acuan (setpoint) atau sinyal error mejadi sinyal kontrol.

Sinyal error disini adalah selisih antara sinyal umpan balik yang dapat berupa sinyal keluaran plant sebenarnya atau sinyal keluaran terukur dengan sinyal masukan acuan (setpoint). Alat tersebut dapat mengubah buah atau benda apapun yang bersifat cair atau padat menjadi perantara untuk memodifikasi tombol apapun. Dengan adanya Makey bisa digunakan sebagai kontroler yang menarik

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 48 Kelas 4 SD/MI

Kali ini gurune akan membahas mengenai Kunci Jawaban Aktivitas PLB-K7-02 Pengenalan Makey Makey yang terdapat pada Buku Siswa kelas 7 informatika kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka. Berikut ini adalah pembahasannya

Kunci Jawaban Aktivitas PLB-K7-02 Pengenalan Makey Makey

Aktivitas ini adalah aktivitas untuk mengenal Makey Makey, mengetahui masukan dan keluaran dari Makey Makey dan mengetahui objek-objek yang dapat digunakan bersama dengan Makey Makey.

Apa yang Kalian Perlukan?

  1. Papan sirkuit elektronis Makey Makey
  2. Kabel dan Klip buaya
  3. Komputer PC atau Laptop yang terinstall sistem operasi dan peramban
  4. Pisang, Wortel, Jeruk, Koin, Pensil, Pena, dan Pisang. Wortel, jeruk dapat diganti buah lainnya
Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-04 Bermain dengan Suara dan Lebih Natural

Aktivitas 1:

Aktivitas PLB-K7-02

Lebih dahulu kalian harus mengenal papan sirkuit bernama Makey Makey. Pertama, ambillah Makey Makey dan amatilah papan sirkuit tersebut. Papan sirkuit tersebut adalah pengganti beberapa tombol keyboard. Tancapkan USB, dengan sisi kecil dari kabel USB dihubungkan ke Makey Makey, dan sisi besar dihubungkan ke Komputer.

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 44-45 Kelas 4 SD/MI

Amati apa yang terjadi saat Makey Makey terhubung pada komputer!

Jawaban: Beberapa LED akan hidup sebentar, sedangkan LES indikator pada Makey Makey hidup yang menandakan arus listrik mengalir pada Makey Makey. Daya listrik telah menghidupkan Makey Makey

Sebagai papan sirkuit, alat itu memilik input dan output.

Gambarlah di catatan kalian sketsa dari Makey Makey dan tentukan yang mana input dan yang mana output-nya.

Ambil kabel dengan penjepit buaya. Hubungkan dengan earth/ground di Makey Makey di satu ujung, dan peganglah ujung logam lainnya dengan tangan.

Apa yang terjadi saat kalian menyentuh kabel yang terhubung earth?

Jawaban: Lampu LED indikator Makey Makey akan tetap menyala

Cobalah membuat teks Makey Makey pada aplikasi notepad/word, letakkan kursor di antara huruf a dan k selanjutnya sentuhlah tulisan “Space” bundar pada Makey Makey.

Apa yang terjadi saat kalian menyentuh space? Amati apa yang terjadi dengan teks Makey.

Jawaban: Karena menggantikan keyboard space, teks Makey akan terpisah menjadi Makey.

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 43 Kelas 4 SD/MI

Aktivitas 2

Dengan kondisi Makey Makey yang telah tersambung dengan laptop/komputer, bukalah program piano pada tautan di http://makeymakey.com/ piano untuk mengakses aplikasi piano sederhana yang dirancang khusus untuk Makey Makey. Aktifkan aplikasi piano, dengan mengklik kiri halaman web di atas, dan ujicobalah dengan menyentuh panah pada Makey Makey dengan tangan kiri dan menyentuh ground di tangan kanan.

Baca Juga :  Teks Cerita Pendek

Saat menyentuh tanda panah, akan muncul bunyi suara piano, mengapa demikian?

Jawaban:

Saat aplikasi piano berjalan, ada sebuah program yang menunggu tombol panah kiri, panah atas, panah kanan, panah bawah, dan spasi ditekan. Ketika salah satu dari tombol tersebut tertekan, akan terbentuk rangkaian tertutup yang membunyikan sebuah nada.

Dapatkah kalian membuat piano manusia? Mengapa saat memegang teman kalian piano akan berbunyi?

Jawaban:

Manusia adalah konduktor, saat Adik-adik memegang seorang teman, rangkaian tertutup akan terbentuk dan akan membunyikan piano.

Lanjutan dari aktivitas sebelumnya, hubungkan lubang ⭣, ⭠, ⭡, ⭣, space, dan ground pada Makey Makey menggunakan kabel klip buaya. Mintalah beberapa teman kalian untuk memegang klip buaya tersebut, siswa yang memegang ground diminta untuk menyentuh tangan siswa yang lain. Amati apa yang terjadi?

Aktivitas 3

Benda Apa yang Bisa Digunakan untuk Bermain dengan Makey Makey. Setelah kalian tahu bagaimana menggunakan Makey Makey, selanjutnya kalian akan belajar benda-benda yang dapat bekerja dengan baik atau yang disebut konduktor pada Makey Makey.

  1. Siapkanberbagaimacambendasepertisayurandanbuahdenganmembawadarirumahsepertiwortel,tomat,jerukdanlain-lain.
  2. Caribendayangadadidalamkelaskaliansepertikertas,bolpoin,pensil,uanglogam,gantungankunci,danlain-lain.
  3. Denganmenggunakanprogrambongosyangdapatdiaksesdi https:// com/bongos,hubungkanbenda-bendatersebutdenganlubang ⭠,danspace pada Makey Makey dengan klip buaya. Jangan lupa menghubungkan juga lubang ground dengan tangan.
  4. Amati apa yang terjadi ketika benda-benda tersebut Tuliskan hasil pengamatan kalian ke dalam tabel berikut.

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 41-42 Kelas 4 SD/MI

No Nama Benda Berbunyi Tidak Berbunyi Alasan
1. Pensil v
2. Wortel v
3.
4.
5.
6.

Jawaban:

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas PLB-K7-01 Bermain-main dengan Sirkuit dan Makey Makey dalam Kelompok

Penutup

Demikianlah Kunci Jawaban Aktivitas PLB-K7-02 Pengenalan Makey Makey yang terdapat pada Buku Siswa Informatika Kelas 7 Halaman 245 246 247 dan 248. Selamat belajar dan semoga bermanfaat

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.