Materi Peringkasan Data, Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Materi Peringkasan Data, Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka – Halo sobat gurune, hari ini kita akan membahas mengenai Peringkasan data. Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Informatika Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka. Apa sih peringkasan data? Yuk kita simak Bersama-sama pembahasannya.

Materi Peringkasan Data

Pada umumnya, data yang akan dikelola itu berjumlah banyak dan sulit untuk dipahami secara langsung. Dengan melakukan peringkasan data,  kalian dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik. Ada beberapa cara untuk melakukan peringkasan data, antara lain menggunakan (1) fungsi kalkulasi data berkondisi, SUMIFS dan COUNTIFS; (2) pivot tables; dan (3) tables otomatis dari perangkat pengolah data.

Baca Juga: Kunci Jawaban Struktur Teks Biografi R.A. Kartini

SUMIFS dan COUNTIFS

Di kelas VII, kalian telah memperlajari fungsi SUMIF dan COUNTIF. Di kelas VIII ini, kalian akan memperlajari fungsi yang serupa, yaitu SUMIFS dan COUNTIFS. Apa perbedaan antara SUMIF dengan SUMIFS?

Sama seperti yang kalian pelajari di kelas Bahasa Inggris terkait objek tunggal dan jamak, ini lah yang terjadi pada fungsi tersebut. Fungsi ini sama-sama menghitung jumlah data yang memenuhi kondisi tertentu, hanya saja untuk SUMIF kondisi yang ditentukan hanya satu, sedangkan untuk SUMIFS dapat memiliki lebih dari satu kondisi. Hal yang sama juga berlaku untuk fungsi COUNTIF dan COUNTIFS.

Nama Fungsi SUMIFS berasal dari dua kata kunci: “SUM” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses SUM (data) apabila (IF) memenuhi (satu atau banyak kondisi).

Nama fungsi COUNTIFS berasal dari dua kata kunci: “COUNT” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses COUNT (data) apabila IF memenuhi (satu atau banyak kondisi).

Apabila kondisi yang diberikan lebih dari satu, kondisi yang harus dipenuhi tersebut harus digabungkan dengan menggunakan operator logika AND. Dengan menggabungkan memakai AND artinya kondisi tersebut harus terpenuhi semuanya. Kondisi yang digunakan juga ada syarat tipe data tertentu, yaitu seperti berikut.

Fungsi Tipe Data yang dapat dihitung
SUMIFS COUNTIF COUNTIFS Teks
SUM SUMIFS COUNT COUNTIF COUNTIFS Angka

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal tentang Teks Bung Hatta Tidak Mudah Tergoda Harta

Penjelasan penggunaan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS adalah sebagai berikut.

 

  SUMIFS COUNTIFS
 

Foimula

=SUMIFS(sum_range, criteria_ range1, criteria1, [criteria_ range2, criteria2], …) =COUNTIFS(criteria_ range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2], …)
 

 

 

Keteiangan

sum_range: range data yang akan dijumlahkan nilainya.

criteria_range1: range data yang menyimpan kondisi yang ditentukan.

criteria1: nilai kondisi yang harus dipenuhi.

criteria_range: range data yang akan dihitung jumlahnya.

criteria: nilai kondisi yang harus dipenuhi.

Berikut adalah contoh sederhana terkait implementasi fungsi SUMIFS dan COUNTIFS pada data dengan volume kecil.

Gambar 6.12 Ilustrasi SUMIFS dan COUNTIFS

Gambar 6.12 Ilustrasi SUMIFS dan COUNTIFS

Pada Gambar 6.12, terdapat data “jumlah”, yang menyatakan berapa kali setiap peserta didik menjawab pertanyaan guru per bulan yang tertulis pada cell A2 sampai C9. Pada cell H2 dan I2 diperlukan implementasi fungsi SUMIFS dan COUNTIFS untuk menghitung jumlah data yang memenuhi kondisi pada cell F2 dan G2.

Untuk menghitung jumlah nilai data menggunakan fungsi SUMIFS, kalian perlu mengetahui beberapa hal berikut.

  1. Data yang ingin dihitung berada di cell C2 sampai C9 (ini yang disebut sum_range).
  2. Karena ada 2 kondisi yang harus dipenuhi, kalian memerlukan 2 nilai untuk criteria_range dan criteria.
  3. Kondisi pertama (cell H2): bulannya Januari, criteria ini tersimpan pada cell F2 dan criteria_range yang akan dicari pada data utama, yaitu data bulan, terdapat di cell A2 sampai A9.
  4. Kondisi kedua (cell I2): namanya Adhi, criteria ini tersimpan pada cell G2 dan criteria_range yang akan dicari pada data utama, yaitu data nama, terdapat di cell B2 sampai B9.

Baca Juga: Download Rangkuman Materi US Bahasa Jawa Kelas 6 SD TP 2022/2023

Jika kalian perhatikan lagi, kondisi yang diberikan adalah Januari dan Adhi, lihat pada data cell A2 sampai C9 yang memiliki data bernilai Januari DAN Adhi. Kedua kondisi tersebut harus terpenuhi, jadi tidak boleh hanya salah satu kondisi. Yang memenuhi kedua kondisi tadi adalah data pada baris 2 dan 8, sedangkan nilai yang akan dijumlahkan ditentukan dari sum_range, yaitu cell C2 sampai C9. Maka, yang dihitung adalah nilai pada cell C2 (bernilai 10) dan C8 (bernilai 29) sehingga hasil perhitungannya adalah 39.

Untuk menghitung banyaknya data, digunakan fungsi COUNTIFS. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kalian perhatikan dengan baik.

  1. Ada 2 kondisi yang harus dipenuhi. Maka, kalian memerlukan 2 set
  2. criteria_range dan criteria.
  3. Kondisi pertama (cell H2): bulannya Januari, criteria ini tersimpan pada cell F2 dan criteria_range yang akan dicari pada data tersedia, data bulan, ada di cell A2 sampai A9
  4. Kondisi kedua (cell I2): namanya Adhi, criteria ini tersimpan pada cell G2 dan criteria_range yang akan dicari pada data tersedia, data nama ada di cell B2 sampai B9

Sama seperti penjelasan sebelumnya, kondisi yang diberikan adalah Januari dan Adhi. Maka, lihat pada data yang tersedia di cell A2 sampai C9 yang memiliki data bernilai Januari dan Adhi. Kedua kondisi tersebut harus terpenuhi. Yang memenuhi kedua kondisi tadi adalah data yang terdapat pada baris 2 dan 8 sehingga hasil fungsi adalah 2.

Sekarang, kalian akan mencoba kembali fungsi SUMIFS dan COUNTIFS dengan menggunakan data yang lebih banyak, yaitu Data Wisatawan Mancanegara tahun 2017 dan 2018 seperti dalam tabel berikut. Dari data tersebut, kalian akan membuat rangkuman pengelompokan hasil.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-02 Membuat Chart

Dari data tersebut, kalian akan membuat rangkuman pengelompokan hasil

Berikut ini adalah contoh perhitungan yang memakai fungsi SUMIFS dan COUNTIFS untuk data yang lebih banyak.

Contoh Hasil:

Contoh Hasil

  SUMIFS COUNTIFS
 

Fungsi

Menghitung jumlah isi nilai dari kumpulan data

berdasarkan kondisi tertentu.

Menghitung banyaknya data berdasarkan kondisi tertentu.
 

Implementasi

Formula pada cell L2

=SUMIFS(C2:C25, D2:D25, K2, A2:A25, J2)

Formula pada cell M2

=COUNTIFS(D2:D25, K2, A2:A25, J2)

 

 

 

 

 

Penjelasan

Data yang ingin dihitung ialah kolom Jumlah (range C2:C25). Terdapat 2 kondisi yang diperhitungkan, yaitu data Kawasan (kolom D) yang

harus memenuhi  kondisi pada kolom K dan data Tahun (kolom A) yang harus memenuhi kondisi pada kolom J.

Data yang dihitung ialah banyaknya data

yang memenuhi kondisi. Terdapat 2 kondisi yang diperhitungkan, yaitu data Kawasan (kolom D) yang harus memenuhi kondisi pada kolom K dan data Tahun (kolom A) yang harus memenuhi kondisi pada kolom J.

Catatan

Besaran range harus setara. Sebagai contoh: jika nilai yang dijumlahkan berada dalam range 2-25, kondisi yang dijadikan syarat juga harus berada dalam range yang sama, yaitu 2-25.

Baca Juga: Pembahasan Materi Visualisasi Data, Informatika Kelas VIII SMP

Yuk Berhenti memakai tools dan berpikir sejenak!

Pada contoh yang diberikan di atas, datanya sedikit sehingga kalian dapat dengan mudah memastikan bahwa hasil dari fungsi SUMIFS dan COUNTIFS itu benar. Bayangkan jika misalnya kalian harus menghitung jumlah laki-laki dan perempuan untuk seluruh penduduk Indonesia yang jumlahnya lebih dari dua ratus juta orang.

  • Menurut kalian, apakah hal ini bisa dilakukan?
  • Bagaimana kalian meyakinkan hasilnya benar? Apa strategi kalian?
  • Andaikata kalian menjadi pemrogram fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, algoritma apa yang kalian pakai? Tuliskan algoritmanya!

Asesmen

Pada tabel di atas, kalian sudah diberi contoh formula untuk cell L2 dan M2. Kalian diminta untuk melengkapi formula dari L3 sampai M9 agar menghasilkan data seperti gambar berikut.

L3 sampai M9 agar menghasilkan data seperti gambar berikut

Lengkapi juga lembar kerja berikut dengan formula yang tepat.

1 Tahun Kawasan Cell Isi Formula Cell Isi Formula
2 2017 Asia

Tenggara

L2 =SUMIFS(C2:C25, D2:D25, K2, A2:A25, J2) M2 =COUNTIFS(D2:D25, K2, A2:A25, J2)
3 2017 Asia

Selatan

L3 =SUMIFS(C2:C25, D2:D25,
K3, A2:A25, J3)
M3 =COUNTIFS(D2:D25, K3,
A2:A25, J3)
4 2017 Asia Timur L4 =SUMIFS(C2:C25, D2:D25,
K4, A2:A25, J4)
M4 =COUNTIFS(D2:D25, K4,
A2:A25, J4)
5 2017 Eropa L5 =SUMIFS(C2:C25, D2:D25,
K5, A2:A25, J5)
M5 =COUNTIFS(D2:D25, K5,
A2:A25, J5)
6 2018 Asia

Tenggara

L6 =SUMIFS(C2:C25, D2:D25,
K6, A2:A25, J6)
M6 =COUNTIFS(D2:D25, K6,
A2:A25, J6)
7 2018 Asia

Selatan

L7 =SUMIFS(C2:C25, D2:D25,
K7, A2:A25, J7)
M7 =COUNTIFS(D2:D25, K7,
A2:A25, J7)
8 2018 Asia Timur L8 =SUMIFS(C2:C25, D2:D25,
K8, A2:A25, J8)
M8 =COUNTIFS(D2:D25, K8,
A2:A25, J8)
9 2018 Eropa L9 =SUMIFS(C2:C25, D2:D25,
K9, A2:A25, J9)
M9 =COUNTIFS(D2:D25, K9,
A2:A25, J9)

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-0 Melakukan Pencarian Data dalam Lembar Kerja

Pada aplikasi lembar kerja, apabila kalian langsung  copy formula  pada cell L2 ke cell L3 sampai L9, apakah hasilnya benar? Apa yang harus ditambahkan pada formula di cell L3 agar formula dapat  langsung  di- copy ke cell lain? Tuliskan kembali formula yang tepat untuk cell L2 dan cell lainnya.

Jawaban:

Pada aplikasi lembar kerja, apabila formula pada cell L2 langsung disalin ke cell L3 sampai L9 hasilnya tidak akan benar karena range data nya akan berubah, sebagai contoh:
a. Pada cell L2 range yang digunakan untuk sum_range adalah C2:C25
b. Hasil copy pada cell L3 range yang digunakan untuk sum_range berubah menjadi C3:C26
c. Dan begitu seterusnya untuk cell berikutnya

Agar formula tidak berubah ketika disalin ke cell lain, maka kalian perlu menggunakan absolute references seperti yang sudah dipelajari di kelas VII. Semua cell yang nilainya tidak akan berubah, perlu diberi tanda $ sebagai keterangan dari absolute references.

Dengan demikian, hasil formula untuk cell L2 adalah:
=SUMIFS($C$2:$C$25, $D$2:$D$25, K2, $A$2:$A$25, J2).

Nilai cell K2 dan cell J2 tidak perlu menggunakan absolute references karena nilai cell tadi perlu berubah sesuai baris datanya.

Pada aplikasi lembar kerja, apabila kalian langsung  copy formula  pada cell M2 ke cell M3 sampai M9, apakah hasilnya benar? Apa yang harus ditambahkan pada formula di cell M2 agar formula dapat  langsung  di- copy ke cell lain? Tuliskan kembali formula yang tepat untuk cell M2 dan cell lainnya.

Jawaban:

Hal yang sama juga berlaku untuk fungsi COUNTIFS, sehingga isi cell M2 adalah: =COUNTIFS($D$2:$D$25, K2, $A$2:$A$25, J2)

Baca Juga: Materi Pencarian Data dengan Fungsi Reference, Informatika Kelas 8

Refleksi

  1. Apakah kalian senang dengan materi ini?
  2. Apakah kedua fungsi  SUMIFS dan  COUNTIFS ini  memudahkan  kalian
  3. dalam meringkas data?
  4. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebihsulit digunakan?
  5. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute refierences berguna dalam penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Materi Peringkasan Data dan Asesmen Halaman 146, Buku Siswa Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Tempo Lagu Indonesia Pusaka
Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.