Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Hormon Tumbuhan

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Hormon Tumbuhan – Halo sobat gurune, tumbuhan adalah makhluk hidup yang memiliki kemampuan unik untuk bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya, serta tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan mereka. Di balik kemampuan ini tersembunyi peran penting hormon tumbuhan, molekul-molekul kecil yang berfungsi sebagai pengatur utama dalam berbagai proses fisiologis, mulai dari pertumbuhan hingga respons terhadap stres lingkungan.

Hormon tumbuhan, meskipun hanya hadir dalam jumlah kecil, memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan dan perkembangan. Ada beberapa jenis hormon tumbuhan yang berperan dalam berbagai proses, termasuk auksin, sitokinin, giberelin, etilena, dan asam abscisat. Setiap hormon memiliki peran spesifiknya dalam mengatur respons tumbuhan terhadap rangsangan eksternal dan internal.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang  hormon tumbuhan. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Hormon Tumbuhan Halaman 256

Aktivitas 8.5

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Hormon Tumbuhan

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Permasalahan Stunting

Berdasarkan diagram di atas, ceritakan kembali dengan bahasa sendiri di hadapan teman Kalian, peranan masing-masing hormon tumbuhan dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan!

Jawaban :

Peranan masing-masing hormon tumbuhan dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan :

  • Hormon giberelin memiliki peran penting dalam perkecambahan, pertumbuhan hingga mencapai tahap dewasa, pembungaan, dan pada awal perkembangan buah.
  • Hormon auksin memegang peran krusial dalam mengarahkan pertumbuhan menuju dewasa, proses pembungaan, serta tahap awal perkembangan buah.
  • Hormon sitokinin memainkan peran vital dalam mengatur pertumbuhan agar mencapai tahap dewasa, proses pembungaan, dan perkembangan buah yang optimal.
  • Hormon etilen terlibat aktif dalam tahap akhir pembungaan, perkembangan buah, serta proses absisi saat menghadapi musim kering.
  • Hormon absisi memiliki peran signifikan dalam mengatur proses absisi pada tanaman serta dalam mengatur dormansi biji.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Luka dan Lepuh

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.