Kunci Jawaban Soal tentang Puisi Gadis Peminta-Minta

Kunci Jawaban Soal tentang Puisi Gadis Peminta-Minta – Halo sobat gurune, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi kunci jawaban soal tentang puisi gadis peminta-minta. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Cerdas Cergas Berbahasa Dan Bersastra Indonesia Untuk SMA/SMK Kelas X.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat baca dengan seksama puisi berjudul gadis peminta-peminta. Setelah itu jawablah beberapa soal terkait puisi tersebut.

Untuk penjelasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini!

Kunci Jawaban Soal tentang Puisi Gadis Peminta-Minta, Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Halaman 183

Puisi ditulis penyair atas dasar gagasan pokok atau ide dasar tertentu. Ide atau gagasan pokok tersebut disebut tema. Tema puisi merupakan inti dari makna yang ingin disampaikan penyair. Untuk memahaminya, kalian harus melakukan pembacaan yang mendalam karena tema pada umumnya bersifat implisit atau tersirat. Sekalipun demikian, tema puisi dapat ditelusuri dengan mengenali kata-kata tertentu di dalamnya. Berdasarkan tema tertentu, penyair menyusun kata-kata hingga membentuk puisi yang

utuh. Dengan demikian, susunan kata-kata akan sangat bergantung pada tema yang dipilih penyair.

Beberapa tema yang sering dipilih dalam berbagai puisi di antaranya ketuhanan, patriotisme, kemanusiaan, kritik sosial, keindahan alam, percintaan, persahabatan, dan pendidikan. Sebagai contoh, puisi Abdul Hadi W.M. yang berjudul “Tuhan, Kita Begitu Dekat” di atas mengandung ide dasar atau bertema ketuhanan. Hal ini tergambar dari penggunaan kata-kata seperti Tuhanku/Kita begitu dekat/Sebagai api dengan panas/Aku panas dalam apimu/. Bait tersebut menggambarkan perasaan dekat aku dengan Tuhan seperti api dan panasnya.

Tema yang dipilih penyair juga dapat memengaruhi suasana puisi. Suasana adalah hal yang dirasakan dalam jiwa pembaca setelah membaca puisi. Suasana tersebut, misalnya gembira, bahagia, sedih, haru, bimbang, sepi, pasrah, dan sebagainya. Suasana juga berkaitan dengan efek yang ditimbulkan puisi terhadap keadaan batin atau perasaan pembaca. Sebagai contoh, Abdul Hadi W.M. berjudul “Tuhan, Kita Begitu Dekat” yang bertema ketuhanan di atas. Di dalamnya terdapat ungkapan kedekatan aku dan Tuhan dalam analogi /Sebagai api dengan panas/aku panas dalam apimu/ Sebagai api dengan panas/Aku panas dalam apimu/Kita begitu dekat/Seperti angin dan arahnya/. Melalui hal tersebut, pembaca dapat merasakan suasana khidmat, tenang, dekat, dan merasa erat dengan Tuhan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jelajah Kata Teks Nenek Moyang Kita

Untuk lebih memahaminya, berikut ini merupakan puisi “Gadis Peminta-Minta” karya Toto S. Bachtiar. Cermati puisi di bawah ini dan tentukan tema serta suasana yang terkandung di dalamnya!

Baca Juga : Kunci Jawaban Mengidentifikasi Tema dan Suasana dalam Teks Puisi

Gadis Peminta-Minta

Karya Toto S. Bachtiar

 

Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil

Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka

Tengadah padaku, pada bulan merah jambu

Tapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwa

 

Ingin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil

Pulang ke bawah jembatan yang melulur

sosok

Hidup dari kehidupan angan-angan yang

gemerlapan

Gembira dari kemayaan riang

 

Duniamu yang lebih tinggi dari menara

katedral

Melintas-lintas di atas air kotor, tapi yang begitu kauhafal

Jiwa begitu murni, terlalu murni

Untuk bisa membagi dukaku

 

Kalau kau mati, gadis kecil berkaleng kecil

Bulan di atas itu, tak ada yang punya

Dan kotaku. ah kotaku

Hidupnya tak lagi punya tanda

Baca Juga : Kunci Jawaban Kesesuaian Diksi, Majas, Pengaturan Rima, dan Tipografi dalam Puisi

Setelah membaca dengan saksama puisi di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1. Perasaan apa yang ingin diungkapkan penyair dalam puisi tersebut? Jelaskan!

2. Jelaskan bagaimana nada dan suasana yang terkandung dalam teks puisi di atas!

3. Jelaskan makna dan amanat yang ingin disampaikan penyair melalui puisi tersebut!

4. Pernahkah kalian bertemu dengan gadis kecil peminta-minta? Jelaskan apa yang kalian pikirkan dan rasakan saat bertemu gadis kecil peminta- minta tersebut!

5. Apa tema teks puisi di atas? Jelaskan bukti atau alasannya!

Jawaban :

1. Perasaan yang diungkapkan penyair dalam puisi tersebut adalah perasaan kesedihan dan juga rasa keharuan terhadap gadis peminta-minta.

Baca Juga :  5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris tanpa Bimbel

2. Nada dan suasana yang terkandung dalam teks tersebut adalah suasana sedih, iba, haru, dan rasa empati terhadap gadis peminta-minta.

3. Makna dan amanat yang ingin disampaikan penyair dalam puisi tersebut adalah dalam kehidupan harus saling menghargai satu sama lain tanpa harus memandang status sosial dan dalam hidup ini juga tidak semua orang itu kaya, tapi juga ada yang miskin dan kekurangan.

4. Ya pernah, merasa iba dan empati dengan kondisinya itu.

5. Puisi di atas bertemakan kepedulian sosial, dibuktikan dengan puisi menggambarkan perasaan si aku terhadap gadis peminta-minta.

Baca Juga : Kunci Jawaban Soal tentang Puisi Tapi

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang kunci jawaban soal tentang puisi gadis peminta-minta. Semoga bermanfaat dan selamat belajar !

Disclaimer :

1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.

2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.