Materi Kolaborasi di Dunia Maya, Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Materi Kolaborasi di Dunia Maya, Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – Hai sobat gurune, Kolaborasi maya yang sering disebut juga kolaborasi virtual/daring adalah melakukan kerja bersama dengan orang yang berbeda tempat dan waktu untuk menyelesaikan tugas menggunakan perkakas tertentu. Pada masa pandemi, di mana aktivitas harus banyak dilakukan dari rumah, kolaborasi daring menjadi pilihan yang tepat karena pekerjaan dan belajar dapat berlangsung dengan efektif.

Kali ini kita akan membahas mengenai kolaborasi dunia maya dimana kalian bisa bekerja sama dengan orang lain melalui alat alat teknologi yang tidak mengenal batasan waktu, jarak dan tempat. eknologi yang digunakan dalam kolaborasi digital ini bentuknya bisa berupa aplikasi atau suatu perangkat yang berkaitan dengan teknologi. Penasaran? Yuk kita bahas bersama-sama.

Baca Juga: Kunci jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 45 Uji Kompetensi 6 Bagian 2

Kolaborasi di Dunia Maya

TIK memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dan bekerja bersama dalam menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan eisien. Kolaborasi untuk melaksanakan pekerjaan menjadi lebih mudah dilakukan dengan TIK. Sebagai contoh, pekerjaan membuat rancangan bangunan/software dapat dila- kukan olehbeberapa arsitek/programmer bersama-sama,para siswa dapat membuat ile poster sebagai tugas mata pelajaran secara bersama dalam kelompok.

Contoh tersebut merupakan bentuk aktivitas gotong-royong. Di dunia, pendidikan dikenal istilah pembelajaran kolaboratif. Dalam pembelajaran ini, dibutuhkan kolaborasi agar tumbuh kesadaran interaksi sosial dan mewujudkan pembelajaran bermakna.

Kolaborasi maya yang sering disebut juga kolaborasi virtual/daring adalah melakukan kerja bersama dengan orang yang berbeda tempat dan waktu untuk menyelesaikan tugas menggunakan perkakas tertentu. Pada masa pandemi, di mana aktivitas harus banyak dilakukan dari rumah, kolaborasi daring menjadi pilihan yang tepat karena pekerjaan dan belajar dapat berlangsung dengan efektif.

Baca Juga :  Sumber Energi Alternatif yang Dapat Diperbarui

Baca Juga : Kunci Jawaban Informasi Tambahan Tentang Pentingnya Air Bagi Tubuh

Praktik baik dalam kolaborasi maya sepereti berikut.

  1. Menentukan tujuan dan fokus: Fokus pada tujuan kolaborasi dan output

yang akan dihasilkan.

  1. Menyepakati dokumentasi kegiatan kolaborasi: Dokumen berisi sasaran, langkah-langkah menuju sasaran, dan pembagian tugas.
  2. Saling mengecek secara reguler: Saling mengecek dan memperhatikan satu sama lain adalah hal penting untuk membangun budaya kerja yang baik, apalagi ketika anggota tim tidak berada di lokasi yang sama. Saling mengecek adalah cara yang bagus untuk menunjukkan dukungan dan mendorong rasa tanggung jawab. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan surel, chat, dan video conference.
  3. Mengadakan pertemuan reguler, menetapkan jam kerja, dan menghindari gangguan. Penetapan jadwal pertemuan reguler penting saat bekerja dari rumah, hal ini berkaitan dengan prioritas yang harus dikerjakan yang pada akhirnya mendorong produktivitas.
  4. Menggunakan perkakas terbaik.
  5. Bereksperimen untuk mendapatkan cara terbaik berkolaborasi. Jika kolaborasi maya adalah cara baru, tim sebaiknya bereksperimen untuk mendapatkan cara, waktu, dan perkakas terbaik yang digunakan.
  6. Menjaga kesehatan. Karena kolaborasi maya banyak dilakukan dengan duduk dalam waktu lama yang tidak baik bagi kesehatan, pengaturan aktivitas yang baik perlu dilakukan untuk menjaga tetap sehat.
  7. Bersosialisasi dengan anggota tim karena tim akan efektif jika sering bekerja sama.
  8. Hindari multitasking (mengerjakan beberapa hal sekaligus saat sedang berkolaborasi daring).
  9. Rayakan kesuksesan kecil untuk menambah kekompakan tim.

Baca Juga: Kunci Jawaban Membandingkan Informasi pada Teks Pentingnya Air bagi Tubuh

Alat Kolaborasi Daring

Tersedia banyak perkakas yang saat ini dapat digunakan untuk kolaborasi daring tersebut, di antaranya sebagai berikut.

  1. Google: Google memiliki sekumpulan aplikasi yang dapat digunakan untuk kolaborasi, di antaranya Google Docs, Sheet, Calendar, Meet, Gmail, Jamboard, Drive, dan
  2. Microsoft: Microsoft juga memiliki sekumpulan aplikasi untuk kolaborasi, yaitu Teams, One Drive, Office 365, dan lainnya.
  3. Slack: Merupakan platform kolaborasi untuk bisnis, dengan model IRC (Internet Relay Chat) yang berisi chat room, private groups, dan messaging.
  4. Zoom: Kolaborasi dalam bentuk tele-conferencing dan online chat.
  5. Github: Merupakan perkakas kolaborasi untuk mengembangkan perangkat lunak, termasuk di dalamnya untuk hosting dan pengendalian versi perangkat lunak
Baca Juga :  Materi Pengolahan Data Dasar Bagian 1 Fungsi Dasar Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Selain manfaat yang banyak dari kolaborasi maya, juga terdapat tantangan dan hambatan yang sering dihadapi ketika melaksanakan kolaborasi maya. Tantangan dan hambatan itu di antaranya seperti berikut.

  1. Perbedaan waktu antarzona dari anggota tim dapat menjadi salah satu penghambat saat
  2. Koneksi internet: Kolaborasi maya dengan bergantung pada koneksi internet menyebabkan perbedaan kecepatan akses internet menjadi salah satu Lambatnya koneksi dari satu pengguna akan memengaruhi pengguna lainnya.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 210-211 Kurikulum Merdeka

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Materi Kolaborasi di Dunia Maya, Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka. Pentingnya kolaborasi era digital mampu meningkatkan efisiensi, mendapatkan ide-ide baru, sebagai pengalaman belajar, kemudahan dalam berkomunikasi, membagikan beban kerja, mendapatkan jaringan atau networking.

Namun, yang perlu kalian ingat adalah setelah adanya interaksi sosial maka tingkatkan kolaborasi di ruang digital. Sebagai sesuatu yang luas dan tanpa batas, dunia maya memiliki jutaan penggunan dengan latar budaya dan kebiasaan berbeda. Karenanya, penting untuk menerapkan etika digital agar dalam berinteraksi dan berkolaborasi, seseorang atau individu pengguna internet selalu bertindak secara etis dan tidak melewati batas wajar.

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.