Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 210-211 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 210-211 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan disajikan informasi tentang materi Keragaman Sosial Budaya di Masyarakat pada halaman 210-211 dan juga kunci jawaban pada Aktivitas 3.

Materi ini bisa kalian temukan di Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat halaman 210-211.

Kali ini kita akan membahas tentang faktor yang memengaruhi keragaman budaya. Mari kita bahas bersama!

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 210-211 Kurikulum Merdeka

c. Pengaruh Letak Geografis terhadap Keragaman Budaya

Indonesia secara geografis terletak di persilangan antara Benua Asia dan Australia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Kondisi strategis inilah yang menyebabkan Indonesia banyak dilalui bangsa asing yang melintasi Selat Malaka sebagai penghubung antara belahan bumi bagian barat dan timur pada saat itu. Banyaknya bangsa asing yang bertemu dengan penduduk Nusantara, meningkatkan peluang terjadinya pertukaran kebudayaan secara tidak langsung.

 

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 210-211 Kurikulum Merdeka
 

Berdasakan latar belakang sejarahnya, budaya Indonesia dipengaruhi oleh ragam kebudayaan Hindu-Buddha, Islam, Tionghoa, dan Eropa. Interaksi antara warga asing dan penduduk asli pada masa lalu memberikan pengaruh besar terhadap kebudayaan. Akulturasi berupa percampuran kebudayaan asing dengan kebudayaan asli Indonesia dengan tidak menghilangkan unsur kebudayaan asli membuat kebudayaan Indonesia semakin beragam. Akibat dari akulturasi tersebut menimbulkan terbentuknya ras, kepercayaan, dan agama yang berbeda-beda di Indonesia.

 

Lembar Aktivitas 3 Aktivitas Individu

Carilah salah satu bukti dari keragaman budaya di sekitar tempat tinggal kalian yang merupakan hasil dari akulturasi!

Choi pan atau chai kue merupakan satu diantara hidangan yang merupakan hasil dari akulturasi dengan etnis Tionghoa dari Pontianak. Choi pan atau chai kue juga ditemukan di Bangka Belitung, Medan, dan daerah-daerah lainnya yang memiliki komunitas Tionghoa.

Pembahasan

Akulturasi dapat didefinisikan sebagai penggabungan nilai-nilai, kepercayaan, bahasa, adat istiadat, dan tingkah laku suatu budaya atau negara asing dengan kebudayaan atau negara sendiri.

Diterangkan oleh Hasanuddin and Kristanto 2001, bahwa Kota Pontianak sejak awal berdiri merupakan kota yang multietnik. Semua etnik memiliki peran dalam pembentukan perkembangan Kota Pontianak. Semua etnik adalah para pendatang/migran yang datang ke Pontianak, berinteraksi dan berakulturasi, sehingga terjadi diaspora Melayu Pontianak. Beberapa keragaman budaya di Pontianak yang merupakan hasil dari akulturasi adalah Rumah Melayu Pontianak dan Masjid Sultan Syarif Abdurahman atau Masjid Jami.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 215-218 Kurikulum Merdeka

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 210-211 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat tantang faktor yang mempengaruhi keberagaman budaya.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Yanuari Dwi Puspitarini

Saya merupakan blogger dalam bidang pendidikan, selain itu saya juga bekerja dalam dunia pendidikan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.