Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 208-210 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 208-210 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan disajikan informasi tentang materi Keragaman Sosial Budaya di Masyarakat pada halaman 208 – 210 dan juga kunci jawaban pada Aktivitas 2.

Materi ini bisa kalian temukan di Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat halaman 208-210.

Kali ini kita akan membahas tentang faktor yang memengaruhi keragaman budaya. Mari kita bahas bersama!

 

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 208-210 Kurikulum Merdeka

 

b. Pengaruh Iklim terhadap Keragaman Budaya

Indonesia diwarnai oleh iklim mikro (kecil) yang amat beragam. Dalam sebuah ruang wilayah yang sempit, perbedaan ketinggian tempat dapat menghasilkan perbedaan suhu yang signifikan. Perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain inilah menyebabkan perbedaan pola perilaku yang berbeda, mulai dari bahasa hingga ke sistem mata pencarian hidup dan sistem ekonomi.

Contoh nyata dari keragaman regional dapat dilihat pada masyarakat pesisir pantai utara Jawa, dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di wilayah pegunungan di pulau yang sama, yaitu Pulau Jawa. Di mana masyarakat pesisir tinggal pada daerah dengan suhu yang sedikit lebih tinggi, akan berbeda budayanya dengan mereka yang tinggal di lereng gunung dengan suhu rendah. Begitu pula masyarakat pesisir utara Pulau Sumatra, pakaian adatnya akan berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di lereng Pegunungan Bukit Barisan.

Indonesia bagian barat memang didominasi oleh bioma hutan hujan tropis, tetapi tahukah kalian jika pulau Jawa secara mikro iklim dapat dibagi menjadi dua region. Region Jawa bagian barat masih merupakan bioma hutan hujan tropis, sedangkan Jawa bagian timur sudah dipengaruhi oleh bioma hutan musim tropis atau hutan gugur tropis, zona ini memanjang sampai ke Pulau Bali. Nusa Tenggara Barat (NTB) berbatasan dengan Selat Bali, tetapi kondisi yang ada di NTB sudah dapat dikategorikan sebagai sabana. Berbeda pula di Nusa Tenggara Timur (NTT) di mana kategori bioma yang tepat untuk menggambarkan kondisi iklim di NTT adalah stepa tropis.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 253-257 Kurikulum Merdeka

Suhu yang dingin akan selaras dengan pakaian tradisional berlengan panjang. Masyarakat pesisir memiliki upacara adat sedekah laut yang merupakan wujud terima kasih atas tangkapan ikan yang mereka peroleh selama satu tahun. Perbedaan suhu membuat sistem pertanian di dataran rendah dan dataran tinggi tidak sama. Bermukim di pedalaman hutan juga akan menimbulkan perbedaan yang mencolok pada bentuk rumah adat. Jenis makanan tradisional juga tidak terlepas dari kondisi iklim setempat.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 208-210 Kurikulum Merdeka
 

Kearifan lokal yang berkembang di Nusantara akibat kondisi iklim juga terlihat pada Masyarakat Adat Baduy. Rumah warga di Desa Kanekes hanya boleh menghadap ke utara dan selatan, ini tujuannya supaya sinar matahari dapat masuk melalui jendela rumah. Kelembaban udara di lereng pegunungan cenderung lembab, sehingga apabila ventilasi tidak bekerja dengan baik maka sirkulasi udara tidak akan baik. Adaptasi bentuk rumah tradisional juga dimiliki oleh berbagai kebudayaan di Indonesia yang disesuaikan dengan latar belakang kearifan lokal dan kondisi sekitar, seperti bentuk Joglo, Rumah Panggung, Honai, dan masih banyak lainnya.

 

Lembar Aktivitas 2 Aktivitas Kelompok

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3-4 orang

2. Identifikasi pengaruh unsur ikllim terhadap keragaman budaya yang ada di sekitar tempat tinggal kalian!

3. Gunakan unsur iklim berikut: awan, suhu, kelembaban, tekanan udara, kelembaban udara, hujan, angin, dan lamanya penyinaran matahari

4. Lengkapi LKPD berikut, setelah selesai berikan kepada guru untuk diperiksa Lembar Kerja Peserta Didik

 

Lembar Kerja Peserta Didik

No Jenis Keragaman Faktor Iklim yang Menengaruhi
1 (Contoh: Makanan tradisional daerah A, berkuah) (Suhu daerah A relative rendah, sehingga mereka memiliki makanan tradisional yang dapat menghangatkan tubuh)
2 Pakaian Daerah Cemoro Sewu Sarangan menggunakan pakaian panjang dan tebal. Faktor iklim yang mempengaruhi : suhu di daerah tersebut relatif rendah sehingga mereka memakai pakaian tebal yang dapat menghangatkan tubuh
3 Mencari nafkah Musim hujan digunakan oleh para petani untuk bercocok tanam
4 Tempat wisata yang beraneka ragam Daerah Magetan karena memiliki tempat yang indah dan sejuk sehingga banyak tempat pariwisata didirikan.
Baca Juga :  Vaksin Flu Sebelum Vaksin Corona Tersedia

 

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 208-210 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat tantang faktor yang mempengaruhi keberagaman budaya.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.