Memahami Gambar Cerita – Materi Kelas V SD

gurune.net – Memahami Gambar Cerita. Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang pengertian, teknik dan dan contoh gambar cerita. Kali ini kita masuk ke materi ” Memahami Gambar Cerita “. Apa saja materinya, kita simak penjelasan dan latihan soal yang ada pada buku siswa kelas V, materi Memahami Gambar Cerita.

Memahami Gambar Cerita

Gambar cerita, merupakan gambar yang menceritakan sebuah peristiwa yang menunjukkan kegiatan orang atau binatang dalam suatu peristiwa. Gambar yang disajikan dapat berupa cerita yang digambar pada media kering maupun basah. Penggunaan media yang berbeda, akan memerlukan teknik menggambar yang bebeda juga.

Pada gambar dengan menggunakan media kering, biasanya digunakan teknik arsir. Teknik arsir dibuat dengan menorehkan pensil, spidol atau alat lain berupa garis-garis berulang yang menimbulkan kesan gelap terang, dan kesan adanya dimensi. Selain teknik arsir, ada juga teknik blok. Teknik blok adalah teknik menutup gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet atau blok.  Sedangkan cara penggunaan media basah, biasanya memerlukan kuas untuk mengaplikasikan cat baik cat air maupun cat poster. Teknik sapuan basah menggunakan bahan dengan campuran air di atas kertas.  

memahami gambar cerita - teknik arsir

memahami gambar cerita - teknik blok

memahami gambar cerita - teknik sapuan cat air

Untuk memahami sebuah gambar cerita, terdapat beberapa unsur yang dapat dipelajari. Sebuah gambar cerita harus memiliki gagasan atau tema yang jelas sesuai dengan cerita. Sebuah cerita yang bertema pasar seharusnya didukung dengan suasana pasar yang merupakan latar belakang cerita tersebut. Biasanya dengan mudah akan tertangkap dari tema cerita tersebut. Gambar ilustrasi yag ditampilkan dapat berupa penggalan cerita yang paling menonjol. Dari gambar cerita juga dapat dibayangkan karakter tokoh dalam cerita tersebut. Perhatikanlah gambar cerita di bawah ini. Gambar tersebut merupakan penggalan cerita dari Kisah Malin Kundang, cerita rakyat dari Sumatera Barat. Dapatkah kamu menceritakan kisah berdasarkan gambar tersebut?

Ayo Mencoba

Setelah kamu memahami beberapa teknik menggambar gambar cerita dan juga mengerti beberapa hal yang perlu diperhatikan pada sebuah gambar cerita, lakukanlah kegiatan berikut ini. 

1. Pilihlah salah satu gambar yang tersedia di bawah ini. 

2. Berilah judul pada gambar tersebut, lalu tuliskanlah sebuah cerita berdasarkan gambar tersebut.  

3. Cari tahu juga media dan teknik menggambar yang digunakan.

Ceritaku:

Gambar 1.

Judul : Membantu Teman

Cerita dari gambar 1 : Gambar satu menceritakan seorang anak yang sedang membantu temanya yang sedang mengalami kerusakan pada sepedanya, sambil mendudukan lututnya anak tersebut memperbaiki rantai gear yang lepas.

Media yang digunakan menggunakan pensil,Teknik menggambar yang digunakan adalah teknik arsir.

Gambar 2.

Judul : Memberi Makan Ikan

Cerita dari gambar 2 : Gambar dua menceritakan dua orang anak laki – laki dan perempuan yang sedang memberi makan ikan di kolam ikan dekat rumahnya, Ikan dikolam kecil yang di berimakan oleh kedua anak tersebut berwarna warni, ada yang berwana kuning, orange, dan merah hitam.

Media yang digunakan cat air, Teknik Yang digunakan sapuan cat.

Contoh Gambar Cerita

Contoh Gambar Cerita tema prestasi

Contoh Gambar Cerita

Contoh Gambar Cerita

Materi Terkait


Tinggalkan komentar