Membuat dan Menjelaskan Makna Puisi

Tahukah kamu?

Pernahkah kamu melihat buku-buku di atas? Apakah buku cerita kesukaanmu? Apakah kamu juga punya penulis cerita kesayanganmu? Tahukah kamu apa yang dilakukan para penulis cerita atau sastra Indonesia?

Buku-buku cerita tersebut adalah beberapa karya penulis cerita anak Indonesia yang bernama Clara Ng. Beliau telah menulis berbagai macam buku cerita anak yang sangat menarik. Tahukah kamu tentang penulis-penuliscerita anak lainnya?

Ayo Berdiskusi!

Penulis cerita anak mempunyai peran yang sangat penting bagi pendidikan anak-anak. Berikut ini adalah beberapa peran mereka.

Tahukah kamu peran lain seorang penulis cerita anak yang kamu ketahui?

Sebagai motivator dan penyampai pesan bijak kepada anak-anak, mengetahui berbagai kisah yang bias dijadikan teladann untuk anak-anak

Apakah manfaat membaca buku cerita anak untukmu?

Meningkatkan kemampuan berbahasa, melatih daya ingat dan imajinasi, meningkatkan minat baca, melatih daya ingat

Apakah manfaat membaca untukmu?

Manfaat membaca untuk saya adalah dengan sembaca saya lebih banyak menerima informasi menmbah wawasan dan pengetahuan,melatih untuk dapat menulis dengan baik, mengisi waktu luang

Seorang penulis cerita anak merupakan salah satu pekerja seni sastra. Karena ia merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan merasakan hal yang sama. Puisi juga merupakan salah satu contoh karya sastra. Dalam puisi, kata-kata yang digunakan sering kali mempunyai makna yang dalam. Puisi menggunakan kalimat yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan.

Ayo Mencoba!

Menjelaskan Makna Puisi

Saatnya untukmu memulai membuat puisi tentang cita-cita. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut.

  1. Bayangkan cita-citamu, lalu ceritakan kehebatan cita-citamu tersebut. Ceritakan bagaimana cita-citamu akan berguna bagi orang lain di sekitarmu.
  2. Buatlah beberapa kata kunci dari setiap gagasan yang kamu miliki.
  3. Rangkailah gagasan-gagasan tersebut sehingga menjadi puisi yang utuh.
  4. Pilihlah kata-kata yang memiliki rima hampir serupa.
  5. Tuliskan puisimu di dalam buku catatanmu.
  6. Bacakan puisimu kepada teman sebangkumu.
  7. Tukarkan puisimu dengan puisi milik teman sebangkumu.
  8. Cobalah untuk menuliskan makna puisi puisi temanmu di dalam sebuah paragraf. Tuliskan makna puisi temanmu di tempat yang telah disediakan.
  9. Bacakan makna puisi milik temanmu. Berdiskusilah.

Judul Puisi:

Guruku

Guruku…

Kau adalah pelita didalam gelap

Menjawab segala ragu

Terbersit makna dalam setiap ucap

Guruku …

Tak menyerah kau berlaku

Demi kami muridmu

Terimakasih guruku

Pengarang: Yanuari

Isi atau makna puisi:

Puisi ini berisi: Seorang guru yang menjadi petunjuk dalam setiap keraguan dan ucapannya selalu menjadi nasihat. Seorang guru tidak pernah menyerah untuk memberikan contoh yang baik kepada muridnya sehingga sang murid mengucapkan terimakasih

Makna puisi: puisi ini bermakna bahwa seorang guru tidak hanya memberikan pelajaran dan nasihat melainkan juga memberikan teladan dan contoh yang baik bagi murid-muridnya. Dengan puisi ini diucapkanlah rasa terimakasih kepada sang guru.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar