Panel Hosting Gratis yang Keren

Panel Hosting Gratis yang Keren dan Bisa dicoba

Sobat Gurune yang memiliki website atau mengelola website pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah CPanel. Ya, CPanel adalah panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan web hosting yang meliputi manajemen file, database, domain, security, software dan konfigurasi lainnya.

Artinya dengan menggunakan CPanel sobat gurune mengatur dan menjalankan website dengan mudah. Dan biasanya kalian akan mendapatkan akses cpanel ketika menggunakan layanan hosting secara gratis. Pada cpanel tersebut sudah tersedia banyak fitur yang bisa digunakan untuk mengelola website. Beberapa fitur tersebut bisa digunakan untuk mengelola email, database, domain, hingga backup data.

Namun akan berbeda jika kalian memutuskan untuk menggunakan Layanan Cloud VPS Hosting. Kalian biasanya akan mengelola Cpanel sendiri dan juga biasanya tidak gratis alias berbayar. Sehingga kalian akan mencari alternatif cpanel yang mudah digunakan dan juga gratis.

Nah, kali ini gurune akan memberikan beberapa rekomendasi cpanel hosting gratis yang bisa kalian gunakan untuk mengelola websitemu yang menggunakan layanan web hosting Cloud VPS.

Berikut Ini Daftar Control Panel Gratis yang Bisa Kamu Pakai!

Jika kalian menggunakan web hosting menggunakan Cloud VPS, beberapa rekomendasi web panel gratis terbaik dalam daftar ini bisa kalian coba

CyberPanel

Daftar pertama alternatif cPanel yang bisa kalian gunakan adalah CyberPanel . Control panel hosting yang satu ini didukung oleh server OpenLiteSpeed. Seperti yang kita ketahui, OpenLiteSpeed adalah salah satu server tercepat di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika didalamnya ada paket fitur-fitur yang memiliki performa yang lebih baik dan ringan.

Selain itu, CyberPanel juga telah terintegrasi langsung dengan sistem, misalnya PowerDNS server. Hal itu akan memudahkan kaluan dalam mengelola domain. Ada juga fitur Rainloop Webmail bundled yang bisa memudahkan kalian menerima ataupun mengirim email.

Baca Juga :  14 Aplikasi Tercanggih Tahun 2022 Untuk Android

Untuk masalah keamanan kalian tidak perlu khawatir, CyberPanel menawarkan fitur ModSecurity, FireWallD, dan SpamAssassin yang akan mengamankan website dan server dari ancaman virus dan hacker.

CyberPanel juga sudah diintegrasikan dengan GIT repos yang akan memudahkan developer yang ingin melakukan deploy aplikasi. Gimana? Cukup lengkap bukan?

Ajenti

Berikutnya, alternatif cPanel gratis yang juga bisa kamu gunakan untuk mengelola website yang kamu miliki adalah Ajenti. Control panel yang satu ini menawarkan kemudahan dalam mengelola website dan hosting. Ajenti mendukung banyak bahasa pemrograman website. Kamu bisa menggunakan Bahasa pemrograman seperti PHP, Python, Ruby, dan juga Node.js dengan menggunakan Ajenti.

Selain itu, Ajenti juga sudah dibekali dengan fitur untuk remote access yang bisa kalian gunakan untuk mengakses server kapanpun dan dimanapun. Untuk masalah keamanan kalian bisa tenang dan tidak perlu khawatir. Ajenti sudah didukung dengan sistem keamanan sandboxing. Sehingga, data lebih aman dan tidak akan mudah untuk disadap.

Webmin

Pada daftar cPanel gratis berikutnya yang bisa digunakan adalah Webmin. Control panel gratis ini sudah dikenal dengan kemampuan fleksibilitasnya mengelola server di berbagai sistem operasi. Misalnya, Linux, Unix, dan juga Windows.

Selain itu, Webmin juga sudah terintegrasi dengan control panel Virtualmin yang bisa digunakn untuk me-manage beberapa virtual host atau VPS dalam satu tampilan. Webmin juga memiliki tampilan user interface yang mudah digunakan. Dengan begitu, kamu bisa semakin gampang mengelola website dan server yang dimiliki.

ISPConfig

Pada daftar nomor empat, ada ISPConfig yang merupakan salah satu control panel VPS gratis terbaik yang bisa kalian gunakan. cPanel yang ditawarkan ISPConfig ini mengimplementasikan web-based interface yang memudahkan kamu dalam mengelola dan  mengoperasikan control panel.

Baca Juga :  Perbedaan AMD dan Intel

ISPConfig juga sudah didukung dengan layanan multiserver. Hal tersebut membuat ISPconfig bisa mengelola beberapa server dalam satu control panel. Misalnya, server Apache dan NGINX yang biasa digunakan oleh layanan penyedia hosting untuk membuat website.

 aaPanel

Selain gratis, aaPanel dikenal dengan control panel simple untuk digunakan. aapanel  memiliki tampilan user-friendly yang akan membuatmu lebih mudah dalam mengelola website dengan sekali klik. Selain itu, aaPanel memiliki tampilan berbasis GUI atau graphical user interface yang memudahkan kamu untuk memantau website dan server dalam bentuk grafik.

Selain tampilan simple, aaPanel juga menyediakan ekstensi yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Hal ini tidak akan membuat servermu membengkak karena terlalu banyak menginstal aplikasi. Misalnya, aplikasi Memcached, Python Manager, Docker Manager, dan lain aplikasi lainnya.

 Vesta Control Panel

Berikutnya ada Vesta Control Panel yang merupakan hosting cPanel gratis yang bisa kamu gunakan. Vesta memiliki kelebihan utama yaitu ringan dan cepat.

Selain itu, Vesta control panel dilengkapi dengan desain user interface yang intuitif, sehingga kamu bisa mengelola website dan server lebih mudah.

Vesta juga telah dilengkapi dengan Softaculous auto installer dengan 439 aplikasi yang dapat diinstal dengan sekali klik. Jadi, proses pembuatan website akan lebih cepat dan merepotkan.

Webuzo

Sobat gurune tentunya sudah pernah mendengar layanan ini bukan? Ya Webuzo adalah layanan yang memiliki beragam fitur yang dikenal sederhana dan mudal dalam proses penginstallannya.

Webuzo adalah control panel hosting multi user yang bisa Anda gunakan untuk mengelola website dan juga server. Kamu bisa mengunakan webuzo secara gratis dan berbayar. Walaupun begitu, Versi gratisnya sendiri sudah cukup digunakan untuk kebutuhan manajemen domain, database, FTP user, dan aplikasi siap pakai.

Tentu saja dengan versi gratis ini, kamu akan  memiliki batasan aplikasi. Sedangkan dengan versi berbayarnya, kamu bisa mendapatkan fitur yang disediakan versi gratis dan dapat menginstal 200 lebih aplikasi.

Baca Juga :  Apple umumkan processor terbaru M1 Ultra

 ZPanel

Z adalah huruf terakhir dalam Abjad. Dan ZPanel dalah rekomendasi terakhir yang menutup daftar web panel gratis terbaik kali ini. ZPanel adalah alternatif cPanel yang juga layak untuk dicoba. ZPanel merupakan web hosting control panel yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk Windows.

ZPanel mendukung penggunaan sistem operasi Linux, Unix, dan juga macOs. Selain itu, ZPanel emiliki fitur lengkap untuk mengelola website, database, email, dan server. Dan juga, ZPanel mendukung pengelolaan multiserver. Sehingga Anda bisa mengelola beberapa server sekaligus.

Kesimpulan

Nah, dengan beberapa rekomendasi web panel gratis terbaik yang ada pada daftar tersebut, tentunya kalian  bisa lebih mudah mengelola website. Apalagi jika kalian menggunakan layanan VPS Hosting yang biasanya tidak menyediakan hosting cPanel secara gratis. Jadi kalian bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk hal tesebut.

Namun bagaimana jika kalian tidak memiliki waktu atau skill untuk menginstall sendiri aplikasi control panel pada server? Tenang saja, kalian bisa menggunakan layanan web hosting dari Niagahoster. Niagahoster adalah salah satu penyedia layanan hosting yang menyediakan cPanel gratis. Tidak memerlukan banyak waktu, dengan beberapa Langkah saja, kalian sudah bisa membuat dan mengelola website yang bagus.

Selain itu ada banyak promo menarik yang bisa kalian dapatkan dengan menggunakan Layanan yang ditwarkan oleh noaga hoster. Bahkan, kalian bisa mendapatkan hosting gratis lengkap dengan cPanelnya juga.

Jika kalian tertarik menggunakan layanan web hosting dari Niagahoster, kalian bisa bertanya terlebih dahulu karena niaga hoster memiliki layanan pelanggan yang akan menjawab semua pertanyaan kalian selama 7×24 jam. Jadi tunggu apa lagi? Yuk daftarkan diri dan gunakan layanan web hosting dari Niagahoster.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.