Penggolongan Hidrokarbon . Materi Kimia Kelas 10

gurune.net – Penggolongan Hidrokarbon Materi Kimia Kelas 10. Halo sobat guru, pada mata pelajaran kimia kelas 10 semester 2, kita akan mempelajari senyawa hidrokarbon. Senyawa hidrokarbon Sampai sekarang terdapat ± 2 juta senyawa hidrokarbon. Pada postingan kali ini kita akan banyak membahas mengenai rantai karbon yang tersusun pada senyawa hidrokarbon dan penggolongan hidrokarbon.

Senyawa Hidrokarbon

Hidrokarbon adalah senyawa organik yang tersusun dari atom karbon dan hidrogen. Senyawa hidrokarbon merupakan senyawa karbon yang paling sederhana. Karena jumlahnya yang banyak sekali, maka untuk memudahkan mempelajarinya, para ahli mengggolongkan hidrokarbon berdasarkan strukturnya.

Struktur hidrokarbon ialah bentuk rantai karbon yaitu (rantai terbuka atau rantai tertutup) dan jenis ikatan kovalen antaratom karbon (ikatan tunggal atau
ikatan rangkap). Berdasarkan bentuk rantai karbonnya, hidrokarbon digolongkan menjadi  hidrokarbon alifatik (lurus atau bercabang) dan siklik (rantai tertutup).

Selain berdasarkan bentuk rantai karbonnya, hidrokarbon juga dapat dibedakan berdasarkan jenis ikatan antaratom C dalam rantai karbon, yaitu hidrokarbon jenuh (memiliki ikatan tunggal) dan hirokarbon tak jenuh (memiliki satu atau lebih ikatan rangkap).

Penggolongan Hidrokarbon

A. Berdasarkan rantai karbonnya

  1. Hidrokarbon alifatik,
    Alifatik adalah jenis hidrokarbon yang memiliki rantai lurus maupun bercabang. Contoh :
  2. Rantai karbon siklis, yaitu rantai karbon tertutup.
    Hidrokarbon ini dibedakan atas karbosiklik dan heterosiklik.A. Karbosiklik adalah senyawa karbon siklik yang rantai lingkarnya hanya terdiri dari atom C saja. Yang termasuk karbosiklik adalah senyawa aromatis dan   alisiklik.
    –  Senyawa aromatis adalah senyawa karbosiklik yang terdiri atas 6 atom karbon atau lebih yang memiliki ikatan rangkap 2 terkonjugasi. Senyawa ini mempunyai rantai tertutup dan membentuk cincin benzena. Hidrokarbon aromatik merupakan jenis hidrokarbon tak jenuh.Contohnya :

    – Senyawa alisiklik adalah senyawa karbosiklik yang hanya mempunyai ikatan tunggal (jenuh). Contoh :

    B. Heterosiklik adalah senyawa karbosiklik yang di dalam rantai lingkarnya terdapat atom lain selain atom karbon. Contohnya:

B. Berdasarkan Jenis Ikatan

  1. Ikatan jenuh, yaitu jika semua ikatan karbonnya merupakan ikatan tunggal (– C – C –). Contoh
  2. Ikatan tak jenuh, jika mengandung ikatan rangkap 2 (– C = C –) maupun rangkap 3 (– C ≡ C –) pada ikatan karbon-karbon. Dikatakan tak jenuh karena ikatan rangkap, baik rangkap 2 maupun rangkap 3 ini masih dapat mengalami pemutusan ikatan. Contoh:

Penutup

Demikian pembahasan mengenai Penggolongan hidrokarbon yang merupakan materi kimia kelas 10. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Menentukan Massa Molekul Relatif (Mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.