Penggunaan In, On, dan At pada Keterangan Tempat

gurune.net – Penggunaan in, on, dan at pada keterangan tempat. Halo sobat guru! Pernahkah kamu merasa bingung dengan penggunaan preposisi in, on dan at pada kalimat Bahasa inggris? Kali ini gurune akan bahas mengenai penggunaan in, on, dan at pada kalimat Bahasa inggris yang tepat untuk keterangan tempat.

Preposition (Preposisi)

Salah satu materi dalam bahasa inggris yang perlu kita pelajari adalah preposisi atau kata depan. Preposisi ini akan diikuti oleh kata benda (noun), kata ganti orang (pronoun) atau gerund. Contohnya at my home , in the box , on the table, etc

Ada beberapa jenis preposisi dalam bahasa inggris, salah satunya yaitu preposition for place atau kata depan untuk keterangan tempat.
Fungsi preposisi ini adalah untuk menerangkan lokasi atau posisi suatu benda. Contohnya : inside (di dalam), outside (di luar), above (di atas), in (di dalam) , on (di atas permukaan) , at (di / pada)

Tiga kata depan (in, on, dan at) adalah kata depan yang seringkali membuat bingung. Apakah sobat guru merasakan hal yang sama?

Pasalnya ketiga preposisi tersebut sama-sama mengandung arti “di”. Lalu apa perbedaannya? Agar sobat guru tidak tertukar pada penggunaan in, on, dan at, simak tabel berikut :

In

Karena in secara makna adalah “di dalam” maka in dapat merujuk pada segala tempat yang tertutup. Di dalam gedung ( in a building) , di dalam mobil (in a car) , dll.

Selain itu, “in” ternyata  mempunyai cakupan yang lebih besar. Preposisi “in” lebih bersifat umum daripada on dan at.

Meski “in” artinya di dalam, tetapi dalam konteks preposisi place, “in” digunakan untuk menunjukkan tempat yang general, luas, dan tidak spesifik. Misalnya menunjukkan benua, negara, provinsi, kota, perumahan, bangunan, atau area yang sangat luas. Contohnya :

Baca Juga :  Purbalingga dan Banjarnegara Jawara di Festival Film Purbalingga ( FFP ) 2019

a. She lives in Jakarta
b. I get scholarship to study in Australia
c. I keep my book in a box
d. They slept all day in a hotel

On

Preposisi yang satu ini sifatnya lebih spesifik dibanding in.

Biasanya, on digunakan untuk menunjukkan tempat yang berada di permukaan. On berarti di atas permukaan.

Preposisi “on”  digunakan untuk menunjukkan benda yang berada atau menempel di suatu permukaan, misalnya on the table, on the carpet, on the page, on the wall, dan sebagainya

Namun secara penggunaan untuk alamat, on menunjukkan lokasi yang sedikit lebih spesifik dari in. Misalnya untuk menegaskan jalan raya atau nama jalan kecil, lantai suatu bangunan, ataupun saluran komunikasi .

Jadi “on” digunakan untuk menunjukan lokasi atau alamat yang tidak terlalu general namun juga tidak terlalu rinci Contohnya:

a. I live on Sudirman street
b. She put her new pencil case on the table
c. The receptionist is on the third floor 
d. I hear the news of the accident on the radio

 At

Di antara in dan on, preposisi at merupakan preposisi yang paling spesifik.

Penggunaan at adalah untuk lokasi alamat yang lebih detil lagi, seperti ada nomor rumah dan nama jalannya.

Selain itu , preposisi “at” juga bisa menunjukan lokasi pada sebuah kegiatan seperti at the party, at the concert, etc.

Penggunaan at lainnya adalah untuk menunjukkan suatu titik spesifik suatu tempat. Misalnya at a bookstore, at the train station, etc

Jadi, At adalah preposisi yang digunakan untuk menunjukkan lokasi paling rinci
Contohnya :
a. My sister is at the school
b. Let us do homework at my home
c. We met her at the concert
d. The wedding ceremony will be held at Lacoste Buliding number 22, Washington DC

Penutup

Nah sobat guru, demikian informasi mengenai penggunaan in, on, dan at untuk keterangan tempat. Semoga bisa membantu sobat guru semua dalam memahami penggunaan preposisi dengan baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Penggunaan In, On, dan At Pada Keterangan Waktu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.