Perubahan Wujud Benda

Benda-benda di sekitar kita memiliki sifat dan ciri yang unik. Dengan memahami sifat-sifat benda, kita dapat mempelajari fenomena alam yang terjadi di sekitar kita dengan baik. Dengan memahami sifat benda, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan ketika kamu berada di sungai, di laut, atau di danau.  Dengan mengetahui sifat benda, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan untuk mengubah bentuk benda-benda tersebut. 

Meskipun hanya tiga wujud benda, tetapi ketiganya dapat mengalami perubahan wujud dengan cara yang berbeda. Perubahan wujud benda disebabkan oleh lingkungan yang berubah, misalnya suhu lingkungan yang menjadi panas atau dingin.  Perubahan wujud  suatu benda yang terjadi antara lain adalah peristiwa membeku, mencair, menguap, mengembun, atau menyublim. 

siklus Perubahan Wujud Benda

Membeku merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda padat.  Perubahan ini terjadi karena suhu di lingkungan menjadi dingin.  Benda cair akan membeku jika suhunya di bawah 0°C. Perubahan air menjadi es merupakan salah satu peristiwa yang sering dijumpai sehari-hari. 

Mencair merupakan perubahan wujud benda padat menjadi benda cair akibat suhu yang panas.  Beberapa peristiwa di sekitarmu mudah kamu temui untuk menunjukkan peristiwa ini. Salah satunya ialah es mencair. 

Menguap merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Peristiwa ini mudah dijumpai ketika ada kegiatan masak-memasak.  Pada saat air dipanaskan di atas api kompor, dalam beberapa saat, air akan mendidih. Peristiwa mendidih adalah contoh terjadinya penguapan atau perubahan dari benda cair ke gas dan pada saat yang sama, terjadi pengurangan volume air.

Ayo Berdiskusi

1. Jelaskan perbedaan peristiwa membeku dan mencair!

Membeku merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda padat.Mencair merupakan perubahan wujud benda padat menjadi benda cair akibat suhu yang panas. 

2. Jelaskan perbedaan peristiwa membeku dan menguap!

Membeku merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda padat.Menguap merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda gas.

3. Jelaskan perbedaan peristiwa mencair dan menguap!

Mencair merupakan perubahan wujud benda padat menjadi benda cair akibat suhu yang panas.Menguap merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda gas.

4. Apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku, mencair, dan menguap?

Membeku terjadi karenasuhu di lingkungan menjadi dingin.  Benda cair akan membeku jika suhunya di bawah 0°C. Mencair terjadi karena benda padat yang terkena suhu yang panas. Sedangkan menguap disebabkan karena peningkatan suhu benda akibat dari pemanasan yang lebih. 

5. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa  mencair?

Es yang ditaruh di halaman rumah karena terkena panas matahari akan mencair, lilin yang dipanaskan akan meleleh dan mencair.

6. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa membeku?

Air yang dimasukan kedalam frezer akan membeku air tersebut mengalami perubahan wujud dari cair menjadi padat 

7. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menguap?

Peristiwa menguap terjadi saat merebus air, disaat suhu maksimal kan menguap.

Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sekelompokmu, rancanglah percobaan untuk menunjukkan terjadinya peristiwa mencair, membeku, dan menguap. 

  • Siapkanlah alat dan bahan yang diperlukan. 
  • Tulislah tahap dan langkah-langkahnya. 
  • Gambarlah setiap tahapan yang kamu rancang. 
  • Lakukan percobaan sesuai tahap yang telah kamu rancang. 
  • Catatlah setiap perubahan yang terjadi dengan saksama.
  • Buatlah laporan hasil percobaanmu ke dalam sebuah poster. 
  • Pada poster, jelaskan perbedaan utama ketiga peristiwa perubahan wujud benda tersebut. 
  • Gambarkanlah hubungan antara ketiga perubahan wujud benda tersebut dalam sebuah bagan, dan jelaskanlah. 
  • Presentasikan hasil percobaanmu dengan percaya diri.

Poster Peristiwa Perubahan Wujud Benda

Untuk hasil poster peristiwa perubahan wujud benda, karya siswa siswi gurune bisa sobat lihat disini

Materi Terkait


Tinggalkan komentar