Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Deskripsi Struktur Bagian Ginjal

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Deskripsi Struktur Bagian Ginjal – Halo sobat gurune, ginjal merupakan organ yang tampaknya kecil namun berperan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh dan menghilangkan limbah berbahaya, merupakan bagian integral dari sistem ekskresi manusia. Struktur bagian ginjal memainkan peran kritis dalam menyaring darah, mengeluarkan limbah, mengatur keseimbangan elektrolit, dan menjaga tekanan darah yang sehat.

Ginjal memiliki bentuk mirip kacang dan berukuran sekitar 10-12 cm panjangnya. Organ ini terletak di belakang peritoneum (lapisan tipis jaringan yang melapisi rongga perut) di kedua sisi tulang belakang, tepatnya di bawah tulang rusuk bagian bawah. Salah satu ginjal berada di sisi kanan dan satu lagi di sisi kiri tubuh.

Setiap ginjal memiliki struktur yang terdiri dari dua bagian utama, yaitu korteks ginjal dan medula ginjal. Korteks adalah bagian terluar ginjal yang berwarna merah muda dan kaya akan pembuluh darah. Di dalam korteks, terdapat medula ginjal yang memiliki tekstur lebih gelap dan berbentuk seperti piramida.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang deskripsi struktur bagian ginjal. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Deskripsi Struktur Bagian Ginjal Halaman 109

Aktivitas 4.9

Pada pembelajaran Biologi di tingkat SMP, Kalian telah mempelajari struktur organ ekskresi khususnya ginjal. Pasangkan deskripsi struktur bagian ginjal ini dengan bagian yang ditunjuk oleh huruf A sampai F pada gambar struktur nefron ginjal di samping dengan tepat! Salinlah jawaban Tabel 4.4 pada buku tugasmu!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Deskripsi Struktur Bagian Ginjal

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 4.8 tentang Silia atau Bulu Getar

Baca Juga :  Download gratis surat tugas dinas

Tabel 4.4 Deskripsi Struktur Bagian Ginjal

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Deskripsi Struktur Bagian Ginjal

Cek sejauh mana penguasaan Kalian terhadap materi aktivitas ini pada apendix buku/lampiran buku. Jika masih terdapat jawaban yang salah, Kalian perlu mempelajari kembali buku teks SMP kelas VIII tentang sistem ekskresi!

Jawaban :

1. Saluran sempit terdiri atas bagian menaik dan menurun (E)

2. Persinggungan pembuluh darah dengan tubulus ginjal (A)

3. Struktur penampung tubulus-tubulus nefron (F)

4. Dindingnya dilapisi jaringan endothelium (A/D)

5. Tempat pertama terbentuknya urin (B)

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur Pendukung Penyerapan Zat Makanan

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.