Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur Pendukung Penyerapan Zat Makanan

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur Pendukung Penyerapan Zat Makanan – Halo sobat gurune, kesehatan dan kualitas hidup manusia sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang diperoleh dari makanan. Namun, makanan yang kita konsumsi tidak dapat langsung diserap oleh tubuh. Proses penyerapan zat makanan membutuhkan kerjasama dan dukungan dari berbagai struktur penting dalam sistem pencernaan.

Tubuh manusia didukung oleh sistem pencernaan yang kompleks, yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan organ-organ lainnya. Namun, penyerapan zat makanan terutama terjadi di usus halus, yang merupakan bagian terpanjang dari saluran pencernaan manusia.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang struktur pendukung penyerapan zat makanan. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur Pendukung Penyerapan Zat Makanan Halaman 104

Struktur Pendukung Penyerapan Zat Makanan

Zat makanan merupakan molekul penting yang diperlukan hampir setiap sel tubuh sebagai bahan baku metabolisme. Sebagai makhluk hidup heterotrof, manusia memperoleh zat makanan lewat proses pencernaan makanan di dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, mekanisme pertukaran zat makanan terjadi antara saluran pencernaan dengan sistem sirkulasi dan sel-sel seluruh tubuh.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur Eritrosit pada Manusia

Latihan 4.3

Berdasarkan pemahaman Kalian, tuliskan organ mana yang memiliki peran penyerapan zat makanan! Tuliskan jawaban pada catatan masing-masing untuk memudahkan Kalian dalam memahami kembali materi pada bab ini!

Saluran pencernaan mengalami penyesuaian struktur untuk mendukung pertukaran zat. Untuk memperluas bidang pertukaran zat, dinding bagian dalam usus halus berlipat-lipat membentuk jonjot (villi). Selain itu, permukaan sel epitel dinding usus juga membentuk lipatan mikroskopik yang disebut mikrovilli. Setelah diserap sel epitel, zat makanan kemudian akan diangkut oleh sistem sirkulasi. Oleh karena itu, pada setiap jonjot usus, tepatnya di lapisan jaringan ikat, Kalian dapat menemukan banyak pembuluh darah dan limfa.

Baca Juga :  DOWNLOAD GRATIS CONTOH - CONTOH PTK MAPEL PKn KELAS 3 SD

Jawaban :

Organ yang memiliki peran penyerapan zat makanan adalah usus halus.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Komponen Darah

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.