Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur Eritrosit pada Manusia

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur Eritrosit pada Manusia – Halo sobat gurune, eritrosit yang juga dikenal sebagai sel darah merah, merupakan salah satu komponen vital dalam sirkulasi darah manusia. Peran utama eritrosit adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan membawa karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan. Struktur eritrosit yang unik memungkinkannya untuk melakukan tugas ini dengan efisien.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang struktur eritrosit pada manusia. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur Eritrosit pada Manusia Halaman 103

Aktivitas 4.6

Diketahui bahwa penduduk di kawasan dataran tinggi memiliki ciri fisiologis yang berbeda dengan yang tinggal di dataran rendah. Salah satunya terlihat dari kulit mereka cenderung lebih kemerahan.

Sejumlah temuan penelitian menujukkan adanya keterkaitan antara fenomena ini dengan profil komponen darah. Dapatkah Kalian menganalisis bagaimana keterkaitan tersebut? Gunakan berbagai referensi untuk memperkuat analisis Kalian!

Tuliskan jawaban Kalian dalam pembahasan singkat (maksimal 1 halaman A4) dengan menyertakan sumber referensi yang digunakan!

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Komponen Darah

Jawaban :

Kulit yang lebih kemerahan pada penduduk di kawasan dataran tinggi dapat berhubungan dengan profil komponen darah karena penyesuaian fisiologis terhadap lingkungan yang berbeda. Di dataran tinggi, tekanan atmosfer dan ketersediaan oksigen lebih rendah dibandingkan dengan dataran rendah. Ini menyebabkan tubuh harus beradaptasi untuk mengatasi kondisi yang lebih menuntut secara fisiologis.

Salah satu penyesuaian tubuh yang mungkin terjadi adalah produksi lebih banyak sel darah merah (eritrosit). Sel darah merah mengandung hemoglobin, yaitu protein yang berperan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah, tubuh dapat lebih efisien dalam mengangkut oksigen yang lebih sedikit karena tekanan rendah di dataran tinggi.

Baca Juga :  Kalor Mengubah Suhu Benda

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pembuluh Kapiler

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.