Simak inilah 10 Manfaat Habbatussauda

Simak Inilah 10 Manfaat Habbatussauda

Simak, Inilah 10 Manfaat Habbatussauda – Halo sobat gurune, Sebagai orang Indonesia, sobat gurune tentu tidak asing dengan habbatussauda atau jintan hitam. Apa itu habbatussauda ? Dengan nama latin Nigella sativa, Habbatussauda adalah biji jintan hitam yang tumbuh di Eropa Selatan dan Timur Tengah.

Di percaya bahwa tanaman ini mampu memberikan banyak manfaat kesehatan jika di konsumsi secara teratur. Sebagai tanaman yang berbunga tahunan, biji jintan hitam sebenarnya berasal dari keluarga Ranunculaceae.

Habbatussauda, ​​juga di kenal sebagai jintan hitam, berasal dari Laut Mediterania. Tanaman ini memiliki daun berwarna biru keunguan atau putih. Bunga adas, kalonji, jintan hitam dan ketumbar romawi adalah nama lain dari biji habbatussauda.

Sedangkan dalam bahasa Inggris padanannya, Habbatussauda sering di kenal dengan black seed. Habbatussauda atau jintan hitam di negara aslinya sering di gunakan sebagai pengawet dan bumbu masakan alami.

Habbatussauda memiliki aroma yang khas seperti kombinasi bawang merah, origanum dan lada hitam. Oleh karena itu, aroma jintan hitam atau habbatussauda cenderung pedas dan sedikit pahit. Habbatussauda yang dapat tumbuh di berbagai belahan dunia disebut sebagai tanaman obat pada awal perkembangan Islam.

Ibnu Sina seorang filosof dunia kedokteran yang disebut sebagai Bapak Kedokteran Modern, adalah orang pertama yang mempelajari tentang habbatussauda atau jintan hitam. Khasiat dari jintan hitam telah dikenal selama berabad-abad.

Dalam penelitiannya, Ibnu Sina mengatakan banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh jamu Timur Tengah ini. Khasiat habbatussauda secara historis telah digunakan untuk mengobati sesak napas, sakit kepala, sakit gigi, hidung tersumbat, cacingan, radang sendi dan sebagainya.

Baca Juga :  Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Karena habbatussauda memiliki beberapa khasiat, bijinya sering diekstraksi dalam minyak, kapsul, krim atau gel. Harap dicatat bahwa semua ekstrak ini dapat di konsumsi secara langsung.

Kandungan antioksidan dan protein dalam jintan hitam dapat mencegah berbagai penyakit. Habbatussauda mengandung banyak zat aktif, seperti alkaloid, timokuinon, flavonoid, saponin, asam lemak, minyak atsiri, arginin, kalium, omega 9, omega 6, kalsium, magnesium, niasin, sterol, selenium dan omega 3.

Habbatussauda atau jintan hitam juga mengandung multivitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin B6. Semua kandungan habbatussauda sendiri pasti baik untuk kesehatan tubuh.

Di rangkum dari berbagai sumber, manfaat dari habbatussauda atau jintan hitam ternyata tidak hanya yang disebutkan di atas lho, sob. Ada beberapa manfaat lain yang mungkin belum di ketahui oleh sebagian masyarakat. Penasaran tentang manfaat habbatussauda? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat jintan hitam atau Habbatussauda

Kini produk habbatussauda tersedia dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk kapsul maupun minyak. Agar tidak ragu bagi Grameds untuk mengkonsumsi Habbatussauda, ​​berikut manfaat yang perlu Anda ketahui.

Simak, Inilah 10 Manfaat Habbatussauda

1. Menurunkan Berat Badan

Habatussauda memiliki segudang manfaat untuk kaum hawa. Manfaat habbatussauda yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan.

Masalah berat badan seringkali membuat sebagian wanita insecure atau percayadiri. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa suplemen jintan hitam dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh.

Mereka yang mengonsumsi suplemen habbatussauda tidak mengalami efek samping. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa minyak jintan hitam dapat mengatasi masalah obesitas.

Dengan mengkonsumsi minyak jintan hitam, Anda dapat menurunkan berat badan dengan mengurangi lingkar pinggang. Luar biasa, bukan?

2. Mampu Mengontrol Kadar Gula

Habbatussauda atau jintan hitam sangat membantu dalam mengendalikan diabetes. Dengan menggunakan habbatussauda, ​​penderita diabetes dapat mengontrol kadar gula darah dan kadar kolesterol darah.

Baca Juga :  Guru Harusnya melayani Siapa Si?

3. Mengatasi Rheumatoid Arthritis

Jintan hitam di duga dapat membantu menyembuhkan rheumatoid arthritis atau sejenis penyakit yang menyerang sendi. Sebuah penelitian di lakukan pada 43 wanita dengan rheumatoid arthritis ringan sampai sedang.

Partisipan di beri kapsul minyak habbatussauda setiap hari selama sebulan. Hasilnya, peserta yang meminum kapsul menunjukkan bahwa: habbatussauda atau jintan hitam dapat mengurangi gejala radang sendi, yaitu peradangan dan pembengkakan pada persendian.

4. Mampu Menekan Kadar Kolesterol

Zat lemak yang terjadi di seluruh tubuh di sebut kolesterol. Walaupun tubuh membutuhkan lemak, peningkatan risiko penyakit jantung dapat muncul karena kadar kolesterol yang tinggi dan menumpuk.

Khasiat jintan hitam terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan asam lemak terutama asam linoleat dan asam oleat dalam jintan hitam berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol.

5. Menjaga Kecantikan Kulit

Habbatussauda sering di gunakan sebagai bahan campuran produk kecantikan karena khasiatnya yang di anggap baik untuk wajah dan kulit. Telah terbukti bahwa penyakit kulit seperti jerawat, eksim dan kulit kering dapat di atasi dengan protein, alkaloid dan saponin dalam jintan hitam.

Penelitian skala kecil menunjukkan bahwa orang yang menderita eksim dapat menggunakan manfaat habbatussauda sebagai obat. Penelitian menunjukkan reaksi bahwa jintan hitam di percaya dapat meredakan gejala eksim di tangan.

Efek antimikroba dan anti inflamasi dari minyak jintan hitam bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah jerawat. Habbatussauda yang di formulasikan sebagai lotion di percaya dapat mengobati jerawat vulgaris.

Habbatussauda mengandung antioksidan, vitamin E dan asam sitrat yang dapat mengusir radikal bebas. Oleh karena itu, habbatussauda di percaya mampu meregenerasi sel-sel kulit dengan cepat sehingga nutrisi dan kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, habbatussauda dalam bentuk minyak di percaya mampu melembutkan kulit dan melembabkan rambut. Habbatussauda bisa menggantikan minyak rambut agar rambut tetap sehat.

Baca Juga :  Inilah yang Terjadi Jika Mengkonsumsi Jeruk Secara Teratur

6. Meredakan Gejala Alergi di Saluran Pernafasan

Jintan hitam dalam bentuk minyak di percaya memiliki manfaat yang menjanjikan dalam mengobati alergi. Minyak habbatussauda dapat mengurangi berbagai gejala alergi, seperti hidung gatal, pilek, hidung tersumbat dan bersin-bersin.Kemudian beberapa penelitian menunjukkan bahwa habbatussauda dapat menyembuhkan sinus melalui efek antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antihistamin dan analgesik. Hebat, kan?

7. Berpotensi Melawan Sel Kanker

Keunggulan lain dari habbatussauda atau jintan hitam adalah memiliki efek anti kanker dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Konon ekstrak jintan hitam dalam penelitian tabung reaksi mampu membunuh sel kanker payudara.

Bahan zat aktif berupa timokinon dalam habbatussauda berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain kanker payudara, aktivitas antitumor thymokinone telah di tunjukkan untuk kanker darah, usus, hati, pankreas, paru-paru, leher rahim dan prostat.

8. Menjaga Kesehatan Hati

Membunuh racun, memetabolisme obat dan membuat protein adalah beberapa tugas penting hati dalam tubuh manusia. Jintan hitam atau habbatussauda dapat menjaga kesehatan hati.

9. Meningkatkan Kualitas Sperma

Sebuah penelitian tentang habbatussauda telah menunjukkan bahwa tanaman ini dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria yang telah didiagnosis dengan infertilitas. Di temukan juga bahwa habbatussauda bermanfaat bagi program kehamilan untuk membantu sperma berenang lebih cepat. Karena itu, kandungan antioksidan dalam jintan hitam juga membantu melindungi sperma dari kerusakan.

10. Mengurangi Gejala Asma

Bagi kalian yang menderita asma, Anda bisa mencoba manfaat habbatussauda untuk mengurangi gejala yang muncul. Dalam habbatussauda atau jintan hitam, terdapat efek anti inflamasi yang berfungsi untuk mengurangi gejala asma seperti sesak napas.

Demikian ulasan artikel tentang Simak inilah 10 Manfaat Habbatussauda. Smoga dapat membantu sobat gurune dalam menambah pengetahuan serta wawasan tentang manfaat dari habbatussauda atau jintan hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.