Terbukti Lolos! Ini Tips Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13 Agar Langsung Diterima

Setelah sukses pada tahun 2020 kemarin, program kartu prakerja yang dicanangkan oleh pemerintah kembali dilaksanakan pada tahun 2021. Ikuti beberapa tips daftar kartu prakerja gelombang 13 agar langsung diterima. Mengingat program sangat membantu masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan.

Pandemi covid 19 yang terjadi di seluruh negara di dunia termasuk Indonesia membuat pertumbuhan ekonomi memburuk. Akibatnya, banyak perusahaan yang memperhatikan para karyawannya, sehingga jumlah pengangguran di Indonesia makin bertambah banyak.

Baca Juga : Buku Saku Bantuan Kuota Data Internet 2021 ( File Download )

Pemerintah berharap dengan adanya program kartu prakerja bisa membantu penduduk yang belum memiliki pekerjaan dan penghasilan.

Kabar baiknya, di awal tahun 2021, pendaftaran kartu prakerja gelombang 13 resmi pemerintah buka kembali. Setiap warga negara Indonesia yang masuk ke dalam kategori dan memiliki persyaratan sebaiknya segera melakukan pendaftaran.

Baca Juga : Berikut Daftar Medsos yang Tidak Bisa diakses Menggunakan Kuota Belajar 2021

Tips Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13 Agar Langsung Diterima

Ada beberapa tips khusus supaya Anda bisa langsung diterima pada program kartu prakerja gelombang 13 yang dibuka pada bulan Maret 2021. Dijamin Anda akan langsung diterima dan mendapat insentifnya

1. Buat Akun Menggunakan Alamat Email Profesional

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat akun di laman website resmi prakerja yaitu www.prakerja.go.id.

Tapi sebelumnya, siapkan terlebih dahulu email yang akan Anda gunakan untuk membuat akun prakerja. Buat email yang profesional supaya terlihat bawa itu benar-benar Anda dan terkesan lebih kredibel.

Baca Juga : Persejen Nomor 4 Tahun 2021 ( File Download )

Ciri-ciri email yang profesional adalah tercantum nama Anda dan jangan ada kata atau karakter tambahan lainnya yang tidak perlu. Dengan begitu, maka akun email Anda tidak akan terlihat seperti akun robot.

Admin prakerja bisa curiga jika alamat email menggunakan karakter yang aneh serta bukan nama asli Anda. Mereka akan menganggap Anda sebagai akun robot yang berusaha memanipulasi data dan memanfaatkan program kartu prakerja. Secara otomatis, Anda tidak akan lolos sebagai penerima kartu prakerja. Jadi, kalau sudah begini siapa yang rugi? Tentu Anda sendiri bukan?

2. Menyiapkan Berkas Data Diri

Tips supaya langsung diterima pada kartu prakerja gelombang 13 adalah dengan menyiapkan berkas data diri berupa KTP. Siapkan file foto KTP serta foto Anda yang sedang dalam posisi memegang KTP. Dua berkas berformat gambar (*.jpg atau *.png) tersebut nanti akan Anda unggah untuk melengkapi data diri pada proses selanjutnya.

Alasan mengapa harus menyiapkan terlebih dahulu dua berkas tadi, adalah supaya Anda tidak terlalu berlama-lama di halaman pengisian data diri. Karena apabila terlalu lama, gangguan koneksi sangat mungkin terjadi.

Baca Juga : Berikut Daftar Bantuan Kuota Data Internet 2021 dari Kemdikbud

Gangguan jaringan atau koneksi yang sering kali menjadi permasalahan yang sering pendaftar hadapi saat registrasi kartu prakerja. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya peserta yang mengakses website prakerja. Sehingga mengakibatkan website utama menjadi down koneksinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mempersiapkan berkas data diri berupa foto KTP dan foto memegang KTP sebelum melakukan pendaftaran. Dengan menyiapkan KTP, pengisian data diri juga menjadi lebih cepat.

3. Lakukan Latihan TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan Motivasi

Tips daftar kartu prakerja gelombang 13 agar langsung diterima paling jitu salah satunya adalah dengan melakukan latihan tes kemampuan dasar serta motivasi. Tahap ini merupakan salah satu bagian yang bisa dikatakan sangat menentukan keberhasilan Anda.

Tes kemampuan dasar dan motivasi saat proses pengajuan program kartu prakerja berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Jangan anggap sepele tes ini, karena semakin bagus hasilnya, maka semakin besar peluang untuk langsung diterima sebagai penerima program kartu prakerja gelombang 13.

Sebelum melakukan pendaftaran, Anda bisa latihan soal-soal mengenai tes kemampuan dasar dan motivasi sesering mungkin. Intensitas latihan yang rutin membuat hasil tes menjadi lebih baik dan membuat peluang untuk lolos menjadi lebih besar.

4. Pendaftaran Kartu Prakerja Saat Malam Hari

Waktu terbaik untuk melakukan cara pendaftaran prakerja gelombang 13 adalah di malam hari. Kenapa? Karena malam hari pengunjung website rata-rata jumlahnya lebih sedikit daripada siang hari. Akses ke website pun lebih lancar dan jaringan tetap stabil. Anda pun bisa terhindar dari gangguan seperti jaringan lemot yang dapat menyebabkan kegagalan registrasi.

5. Jaringan Internet Harus Stabil

Menggunakan jaringan internet cepat dan stabil merupakan tips daftar kartu prakerja gelombang 13 agar langsung diterima. Jadi, pastikan bahwa kecepatan internet stabil saat Anda melakukan proses registrasi hingga tes TKD. Caranya bisa menggunakan layanan wi-fi, atau memakai penyedia internet yang sinyalnya bagus.

Langkah Sukses Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13

Selama melakukan pendaftaran kartu prakerja gelombang 13, ada beberapa langkah yang Anda lakukan supaya langsung diterima. Berikut adalah urutan langkah-langkahnya.

Melakukan Pendaftaran

Setelah menyiapkan akun email yang profesional, selanjutnya Anda bisa mendaftarkan diri dengan mengakses situs www.prakerja.co.id. Proses pendaftaran bisa Anda lakukan melalui perangkat Hp maupun laptop.

Langsung saja klik “Daftar” saat Anda sudah masuk ke laman website prakerja. Isi beberapa kolom mengenai nama lengkap, alamat email, dan password. Kemudian, periksa kotak masuk email apakah ada pesan dari kartu prakerja atau tidak.

Apabila pesan dari kartu prakerja sudah masuk email, selanjutnya konfirmasi akun email dengan mengklik tautan yang tersedia. Setelah berhasil melakukan konfirmasi, Anda bisa membuka kembali halaman website prakerja.

Melakukan Pengisian Data Diri Lengkap

Cara melakukan pengisian data diri pada proses pendaftaran kartu prakerja gelombang 13 cukup mudah. Pertama, siapkan terlebih dahulu berkas berupa foto KTP, foto saat pegang KTP, dan kartu fisik KTP.

Setelah semua berkas siap, kemudian buka dashboard akun prakerja Anda yang terdaftar dengan alamat email dan password yang tadi digunakan untuk pendaftaran.

Isikan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik tombol “Berikutnya”. Lengkapi data diri beserta informasi lain yang diperintahkan, meliputi: nama lengkap, email, tempat tinggal, alamat saat ini, status pendidikan, status pekerjaan, dan foto KTP. Lalu tekan menu “Berikutnya”.

Pada tampilan selanjutnya, Anda akan disuruh untuk mengisi nomor telepon. Kemudian, masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan ke nomor telepon tadi melalui SMS.

Tes Kemampuan Dasar dan Motivasi

Setelah menyelesaikan pengisian data diri, tahapan selanjutnya adalah tes kemampuan dasar dan motivasi.  Tes ini berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Persiapkan peralatan tulis, dan kertas coretan untuk mempermudah Anda menyelesaikan soal yang cukup rumit, seperti hitung-hitungan.

Tunggu hingga ada pemberitahuan dari Prakerja yang dikirimkan melalui alamat email. Isinya adalah pemberitahuan untuk melaksanakan tes.

Setelah email pemberitahuan masuk, buka kembali laman situs prakerja. Selanjutnya pilih menu “Gabung”.

Itulah beberapa tips daftar kartu prakerja gelombang 13 agar langsung diterima. Tips-tips tersebut sangat efektif dan menjamin Anda lolos seleksi program kartu prakerja gelombang ke-13 yang dibuka mulai bulan Februari 2021.

Satu pemikiran pada “Terbukti Lolos! Ini Tips Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13 Agar Langsung Diterima”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.