Alat Transportasi Khusus, Kelas 3 SD

gurune.net– Alat Transportasi Khusus. Kali ini kita akan membahas materi pada buku siswa kelas 3 SD tema 7 Sub tema 4 pembelajaran 6 yaitu membahas tentang alat transportasi khusus.

Edo dan teman-temannya kagum dengan perkembangan alat transportasi. Alat transportasi digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan.

Ayo Membaca

Alat Transportasi Khusus

Beberapa alat transportasi digunakan untuk angkutan sehari-hari. Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus. Alat tranportasi ini digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Alat Transportasi Khusus

Alat transportasi dapat digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Truk adalah mobil dengan bak besar di belakang. Beras, gula, dan terigu diangkut oleh truk. Pasir dan semen juga diangkut oleh truk. Truk dapat mengangkut bermacam-macam barang. Kapal, kereta api, dan pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut barang.

Mobil ambulans digunakan untuk mengangkut orang sakit. Di dalam mobil ambulans, ada alat- alat kesehatan. Mobil ambulans juga dilengkapi sirene. Sirene akan berbunyi saat mobil berjalan. Sirene memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan. Mobil ambulans harus segera tiba di tempat yang dituju.

Alat Transportasi Khusus

Alat transportasi khusus lainnya adalah mobil pemadam kebakaran. Mobil pemadam digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirene. Kita harus memberi jalan jika mobil pemadam kebakaran lewat.

Alat Transportasi Khusus, truk

Masih banyak lagi jenis alat transportasi khusus lainnya. Pelajari lagimacam-macam alat transportasi khusus. Bersyukur dan berterima kasihlah kepada orangorang yang menciptakan alat transportasi. Alat transportasi membuat hidup kita lebih mudah.

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar tentang alat transportasi khusus. Alat transportasi khusus apa saja yang kamu ketahui? Apa manfaatnya?

Tuliskan dengan kalimatmu sendiri!

Beberapa alat transportasu digunakan untuk tujuan khusus digunakan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Truk adalah mobil dengan bak besar di belakang. Umumnya orang mengangkut barang dengan truk. Kita bisa mengangkut beras, gula, terigu, pasir maupun semen dengan truk.
  2. Mobil ambulans digunakan untuk mengangkut orang sakit. Didalam mobil ambulans ada alat kesehatan. Mobil ambulans juga dilengkapi sirine. Sirine akan berbunyi ketika mobil berjalan untuk memberi tahu kendaraan lain untuk memberi jalan agar ambulans segera tiba di tempat yang dituju.
  3. Mobil Pemadam kebakaran digunakan untuk memadamkan api saat ada kebakaran. Mobil pemadam kebakaran juga dilengkapi sirine. Ketika mobil pemadam kebakaran lewat mobil yang lain harus memberi jalan agar dapat segera sampai ke tempat tujuan .

Ayo Bercerita

Kita sudah mengenal bermacam-macam alat transportasi. Pilihlah salah satu alat transportasi kesukaanmu! Kapan kamu terakhir menggunakannya? Apa manfaatnya untukmu?

Ceritakan kepada temanmu!

Naik Kereta Api

Alat transportasi yang paling saya sukai adalah kereta api. Tahun kemarin saya naik kereta api ke Jogjakarta. Saya naik dari stasiun Purwokerto. Perjalanan menggunakan kereta api sangat nyaman.  Kita bisa melihat pemandangan yang indah dari kereta. Waktu menempuh perjalananpun cukup singkat. Kita hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai di Jogja, padahal biasanya kalau naik bus  bisa sampai 4 atau 5 jam. Kapan-kapan aku ingin berlibur dengan keluargaku naik kereta api.

Ayo Berdiskusi

Ayah Siti sedang mengendarai mobil di jalan raya. Tiba-tiba, terdengar sirene ambulans. Siti mengingatkan ayah. Ayah menepi dan memberi jalan untuk ambulans. Ayah menghormati dan menghargai orang yang sakit. Orang yang sakit harus segera ditolong.

Pernahkah kamu melihat ambulans yang membunyikan sirene di jalan raya? Apakah semua mobil menepi seperti mobil ayah Siti? Apa yang seharusnya dilakukan oleh mobil-mobil itu?

Diskusikan pengalamanmu dengan temanmu!

Tulislah kesimpulan diskusimu pada tempat tersedia!

Hasil diskusi

Mobil ambulans merupakan kendaraan khusus yang digunakan untuk membawa orang yang sakit. Mobil ambulans melaju dengan cepat sambil membunyikan sirinenya. Mobil lainnya menepi dan memberi jalan agar mobil ambulans dapat sempat sampai ke tempat tujuan karena membawa orang yang sakit.

Ayo Mencoba

Ambulans dan mobil pemadam kebakaran adalah alat transportasi khusus. Apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh pengendara mobil lain ketika mobil itu membunyikan sirene?

Ambulans dan mobil pemadam kebakaran membunyikan sirine

Yang harus dilakukan mobil lain :

Memberi jalan (menepi) agar moobbil ambulans dapat lewat.

Yang tidak boleh dilakukan mobil lain :

Tetap berada di jalurnya dan tidak mau memberikan jalan kepada mobil ambulans.

Ayo berlatih

Di dalam mobil ambulans ada tempat tidur untuk orang sakit. Jika panjang mobil ambulans 250 cm dan lebarnya 150 cm, berapa ukuran tempat tidur yang bisa masuk ke ambulans?

Buatlah dua kemungkinan ukuran tempat tidur!

 Keliling ruangan ambulans = 250 cm + 150 cm + 250 cm + 150 cm = 800 cm

Ukuran tempat tidur yang bisa masuk

  1. Keliling tempat tidur yang bisa masuk = 200+100+200+100 = 600 cm
  2. Keliling tempat tidur yang bisa masuk = 225+125+225+125 = 700 cm

Ayo Mencoba

Buatlah sebuah bangun datar! Tentukan ukuran sisi-sisinya! Hitunglah kelilingnya.

Keliling : 300 cm + 150 cm + 300 cm + 150 cm = 900 cm

Demikian pembahasan kita pada materi kali ini semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.