Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh

Dengan mempelajari sejarah  perjuangan bangsa melawan penjajah, khususnya peristiwa Sumpah Pemuda, banyak pelajaran yang kita petik. Kita menjadi tahu bahwa persatuan dan kesatuan memiliki arti penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbagai perlawanan yang bersifat kedaerahan selalu saja gagal dalam mengusir penjajah. Bangsa kita pun mudah diadu domba. Dengan demikian, tepat kiranya pepatah ”bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.  Persatuan dan kesatuan dapat kita wujudkan dengan membina kerukunan di rumah, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, pola hidup gotong royong juga harus senantiasa dilakukan oleh masyarakat. 

Sekarang, ceritakan sikap dan perilakumu sehari-hari yang sudah  menunjukkan nilai-nilai kerukunan hidup. 

Saling menghargai

Jika kita mau menghargai teman atau orang lain maka mereka juga dengan senang hati mau menghargai kita, contohnya saat ada tamu datang kerumahku dan dirumah tidak ada ayah dan ibu aku persilahkan tamu tersebut dengan ramah, seperti mempersilahkan masuk, menanyakan maksud dan tujuan. Dan seperti pesan ibu karena aku orang jawa, biasa aku gunakan bahasa kromo saat berbicara.

Saling membantu atar satu sama lain

Sebagai seorang teman, melihat teman lain yang sedang mengalami kesusahan sebaiknya kita dengan ikhlas membantu mereka, suatu hari ada seorang teman yang tidak bisa sarapan dari rumah dan tidak diberi uang saku, aku merasa kasian dengan dia, akhirnya sebagian uang sakuku kuberikan ketemanku tadi untuk beli rames, biar bisa sarapan sebelum masuk kelas, beberapa hari kemudian saat aku dan ibu berbelanja di toko di desaku dan kesulitan membawa barang belanjaan, temanku tadi menghampiri dan menawarkan ikut membawa salah satu barang belanjaan, sehingga aku dan ibu lebih ringan dalam membawa barang belanjaan tersebut.

Menjalin bersilaturahmi

Ayah selalu mengajak bersilaturahmi ke tempat saudara maupun teman – teman ayah disaat liburan tiba, ayah sangat suka mengunjungi semua saudara – saudaranya, ternyata dari hal tersebut disaat dirumahku sedang punya hajat tanpa diperintah semua saudara berbondong – bondong berdatangan ikut membantu dengan sukarela.

Bersikap sopan

Ternyata jika kita sopan terhadap orang tua, orang lain yang lebih tua dan kepada siapapun, mereka semua akan membalas dengan sangat ramah kepada kita, karena hal itu aku jadi berfikir, jika sikap sopan benar -benar dimiliki setiap orang betapa indahnya kehidupan ini dan sangat damai.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah kegiatan sehari-hari anggota masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasi dan sebutkan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan adanya nilai-nilai gotong royong! 

Bekerja bakti membersihkan selokan saat hari minggu

Bersama seluruh warga melakukan kegiatan bedah rumah

Materi Terkait


Tinggalkan komentar