Jawaban Lengkap IPAS Halaman 72 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 72 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Mari Refleksikan” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi Bab 3 tentang “Gaya di Sekitar Kita” Topik A.2 “Sifat Gaya Gesek”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 72 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 72 Kelas 4 SD/MI

Mari Refleksikan

1. Apa yang memengaruhi gerak benda?

Jawaban
Fakktor yang memengaruhi gerak yakni:
– Bentuk benda
– Berat benda
– Luas permukaan benda
– Permukaan bidang yang dilalui benda

Penjelasan

Bentuk benda
Benda memiliki bentuk yang beranekaragam. Ada yang memiliki bentuk kotak, segitiga, atau lingkaran. Dengan bentuk benda yang berbeda dapat memengaruhi gerak benda tersebut. Kemudian, Benda yang berbentuk lingkaran akan mudah digerakan daripada benda yang berbentuk kotak atau segitiga. Dari bentuk benda yang berbeda tersebut, maka, benda yang berbentuk kotak dan segitiga memiliki sudut. Sementara yang berbentuk lingkaran tidak memiliki sudut.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 37 Kelas 4 SD/MI

Ukuran benda
Benda juga memiliki ukuran yang berbeda, baik benda yang berukuran kecil atau berukuran besar. Setiap ukuran akan berpengaruh terhadap gerak benda. Benda yang memiliki ukuran besar akan lebih sulit atau lambat bergerak. Berbeda jika benda yang memiliki ukuran lebih kecil akan mudah dan cepat gerakannya. Namun jika keduanya baik benda yang berukuran besar dan ringan sama-sama dilempar, maka benda yang besar cepat sampai. Karena ada faktor berat benda.

Luas permukaan benda
Semakin besar luas pada permukaan suatu benda, maka akan semakin lambat gerak jatuh benda. Berbeda dengan benda yang memiliki permukaan benda yang sempit. Kecepatan jatuh benda akan berbeda walaupun dari benda dan bobot yang sama. Karena luas permukaan benda bergesekan dengan udara berbeda. Secara umum permukaan adalah batas kontinyu yang membagi ruang tiga dimensi menjadi dua wilayah, permukaan datar dan permukaan melengkung.

Permukaan bidang yang dilalui benda
Semakin kasar permukaan bidang yang dilalui benda, akan semakin sulit benda bergerak. Jika permukaan yang dilalui halus, benda akan semakin mudah bergerak. Gesekan yang terjadi antara benda dengan permukaan yang dilalui akan menyebabkan gerak benda lebih lambat. Contoh, ketika sepeda berjalan di jalan yang belum beraspal dan berbatu akan lambat jika lewat di jalan yang rata serta beraspal.

2. Apa perbedaan permukaan yang kasar dan licin pada gerak benda?

Jawaban
Permukaan yang kasar akan memberikan gaya gesek yang lebih besar, akibatnya gerak benda menjadi lebih lambat. Sebaliknya, pada permukaan yang licin gaya gesek akan semakin kecil sehingga gerak benda lebih cepat

3. Apa saja yang memengaruhi gaya gesek pada suatu benda?

Baca Juga :  Jawaban Matematika Halaman 67 Kelas 8 Semester 2 Bagian Esai

Jawaban
Faktor yang memengaruhi gaya gesek pada suatu benda adalah:
– Kasar atau licinnya permukaan.
– Besar atau kecilnya luas permukaan.
– Berat atau ringannya suatu benda.

4. Menurut kalian apa yang terjadi pada benda yang bergerak jika tidak ada gaya gesek?

Jawaban
Gaya gesek dapat merugikan atau bermanfaat. Akan tetapi tanpa gaya gesek manusia tidak dapat berpindah tempat karena gerakan kakinya hanya akan menggelincir di atas lantai. Tanpa adanya gaya gesek antara ban mobil dengan jalan, mobil hanya akan slip dan tidak membuat mobil dapat bergerak

5. Adakah benda-benda di sekitar kalian yang memanfaatkan gaya gesek?

Jawaban
Contoh gaya gesek
– Mobil dan motor yang saling bersenggolan.
– Menggosokan kedua tangan.
– Bermain ice skating.
– Saat berjalan atau berlari yang bergesekan dengan aspal

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 72 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 61 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 61-62 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 64 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 68 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 70-71 Kelas 4 SD/MI

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.